Connect With Us

Kota Tangerang Bisa Disulap Berkelas Dunia, Bagaimana Mewujudkannya?

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 17 Oktober 2018 | 17:45

| Dibaca : 1825

Gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang. (Istimewa / Istimewa)

 

TANGERANGNEWS.com-Kota Tangerang memiliki letak geografis yang sangat menguntungkan. Kota penyangga Ibukota Negara, Jakarta ini dapat dikembangkan menjadi kota berkelas dunia. Namun bagaimana mewujudkannya?

Menurut pengamat tata kota Universitas Trisakti, Jakarta Nirwono Yoga, saat ini Pemkot Tangerang harus semakin berkonsentrasi pada pembenahan transportasi publik. Maklum saja, sebagian besar warga Kota 1001 industri dan jasa ini, adalah commuter yang beraktivitas di Jakarta.

Sehingga, transportasi yang terintegrasi menjadi kebutuhan warga, baik moda di dalam kota maupun antarkota.

"Maksimalkan pembenahan transportasi massal di dalam kota, antarkota dan tentu dengan Jakarta," ujarnya kepada TangerangNews.com, Rabu (17/10/2018).

Masalah pemukiman pun tak kalah penting, menurut Nirwono, dengan keterbatasan ketersediaan lahan namun kebutuhan pemukiman terus meningkat, Kota Tangerang harus mengembangkan konsep hunian vertikal. Selain itu, pentaan perkampungan juga harus semakin masif dilakukan.

Kemudian, Pemkot Tangerang pun harus  mengembangkan kawasan terpadu (Tod), ruang terbuka hijau (RTH), pengolahan sampah dan limbah, serta rehabilitasi saluran air kota - jaringan utilitas - trotoar secara terpadu.

"Yang paling mendesak pembenahan transportasi umum atau massal dalam kota dan dengan Jakarta tentu kereta api, bus Trans lebih ditingkatkan, penyediaan trotoar yang nyaman, permukiman kota yang layak huni dengan pembenahan kampung dan pengembangan rusunawa juga perbanyak lagi taman kota," paparnya.

"Untuk mencegah banyak PR itu yang harus dilakukan seperti penataan bantaran kali, revitalisasi waduk atau situ, rehabilitasi saluran air yang terpadu dengan pembenahan jaringan utilitas serta menambah luas ruang terbuka hijau," sambungnya.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang dinilai penulis buku berjudul 'Membangun Peradaban Kota' salah satu aset yang potensial untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Harus bisa lebih mengoptimalkan PAD yang sangat potensial tersebut. Keberadaan Bandara Soetta harusnya menjadi pintu Kota Tangerang sebagai pintu gerbang masuk Jakarta atau Indonesia. Sehingga penataan kota, penyediaan fasilitas hotel, transportasi kotanya sudah harus berkelas dunia," jelasnya.

Hal penting lain untuk mewujudkan Kota Tangerang berkelas dunia, lanjut Nirwono adalah optimalnya pelayanan publik. "Pelayanan publik harus ditingkatkan seperti pendidikan (Kartu Tangerang Pintar), kesehatan mudah dan murah (Kartu Tangerang Sehat), dan kebutuhan hunian yang layak," tandasnya.(RMI/HRU)

SPORT
9 Atlet Petanque Kabupaten Tangerang Siap Berlaga di Pra PON

9 Atlet Petanque Kabupaten Tangerang Siap Berlaga di Pra PON

Selasa, 18 Juni 2019 | 19:45

TANGERANGNEWS.com-Sebanyak sembilan atlet Petanque atau diucapkan "petank" akan berlaga di Pra PON pada Agustus 2019 ini. Mereka terpilih ikut

KOTA TANGERANG
WH Sebut PPDB Belum Efektif

WH Sebut PPDB Belum Efektif

Selasa, 18 Juni 2019 | 15:34

TANGERANGNEWS.com-Gubernur Banten Wahidin Halim berbicara lugas terkait penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMA/SMK yang telah dimulai sejak kemarin.

TANGSEL
Menderita Diabetes? Yuk Segera Berobat ke RSU Tangsel

Menderita Diabetes? Yuk Segera Berobat ke RSU Tangsel

Selasa, 18 Juni 2019 | 20:24

TANGERANGNEWS.com-Sejak dibukanya Pelayanan Poliklinik Diabetic Center dua tahun silam, yakni pada tahun 2017, Rumah Sakit Umum (RSU)

MANCANEGARA
Fethullah Gulen Tuding Erdogan Rusak Demokrasi Turki

Fethullah Gulen Tuding Erdogan Rusak Demokrasi Turki

Selasa, 26 Maret 2019 | 17:00

TANGERANGNEWS.com-Ulama kharsimatik, Fethullah Gulen menilai demokrasi di Turki telah dirusak Presiden Recep Tayyip Erdogan. Namun Fethullah Gulen percaya kondisi itu tak akan berlangsung lama.

"Jurnalisme, karena menyangkut pengumpulan informasi, sedikit berbeda dari pekerjaan intelijen. Dalam penilaian saya, pekerjaan seorang jurnalis sangat menarik."

Vladimir Putin (Presiden Rusia)