Connect With Us

Kota Tangerang Bisa Disulap Berkelas Dunia, Bagaimana Mewujudkannya?

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 17 Oktober 2018 | 17:45

Gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang. (Istimewa / Istimewa)

 

TANGERANGNEWS.com-Kota Tangerang memiliki letak geografis yang sangat menguntungkan. Kota penyangga Ibukota Negara, Jakarta ini dapat dikembangkan menjadi kota berkelas dunia. Namun bagaimana mewujudkannya?

Menurut pengamat tata kota Universitas Trisakti, Jakarta Nirwono Yoga, saat ini Pemkot Tangerang harus semakin berkonsentrasi pada pembenahan transportasi publik. Maklum saja, sebagian besar warga Kota 1001 industri dan jasa ini, adalah commuter yang beraktivitas di Jakarta.

Sehingga, transportasi yang terintegrasi menjadi kebutuhan warga, baik moda di dalam kota maupun antarkota.

"Maksimalkan pembenahan transportasi massal di dalam kota, antarkota dan tentu dengan Jakarta," ujarnya kepada TangerangNews.com, Rabu (17/10/2018).

Masalah pemukiman pun tak kalah penting, menurut Nirwono, dengan keterbatasan ketersediaan lahan namun kebutuhan pemukiman terus meningkat, Kota Tangerang harus mengembangkan konsep hunian vertikal. Selain itu, pentaan perkampungan juga harus semakin masif dilakukan.

Kemudian, Pemkot Tangerang pun harus  mengembangkan kawasan terpadu (Tod), ruang terbuka hijau (RTH), pengolahan sampah dan limbah, serta rehabilitasi saluran air kota - jaringan utilitas - trotoar secara terpadu.

"Yang paling mendesak pembenahan transportasi umum atau massal dalam kota dan dengan Jakarta tentu kereta api, bus Trans lebih ditingkatkan, penyediaan trotoar yang nyaman, permukiman kota yang layak huni dengan pembenahan kampung dan pengembangan rusunawa juga perbanyak lagi taman kota," paparnya.

"Untuk mencegah banyak PR itu yang harus dilakukan seperti penataan bantaran kali, revitalisasi waduk atau situ, rehabilitasi saluran air yang terpadu dengan pembenahan jaringan utilitas serta menambah luas ruang terbuka hijau," sambungnya.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang dinilai penulis buku berjudul 'Membangun Peradaban Kota' salah satu aset yang potensial untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Harus bisa lebih mengoptimalkan PAD yang sangat potensial tersebut. Keberadaan Bandara Soetta harusnya menjadi pintu Kota Tangerang sebagai pintu gerbang masuk Jakarta atau Indonesia. Sehingga penataan kota, penyediaan fasilitas hotel, transportasi kotanya sudah harus berkelas dunia," jelasnya.

Hal penting lain untuk mewujudkan Kota Tangerang berkelas dunia, lanjut Nirwono adalah optimalnya pelayanan publik. "Pelayanan publik harus ditingkatkan seperti pendidikan (Kartu Tangerang Pintar), kesehatan mudah dan murah (Kartu Tangerang Sehat), dan kebutuhan hunian yang layak," tandasnya.(RMI/HRU)

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

BANTEN
Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Jumat, 19 April 2024 | 01:17

Sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis digital yang terdepan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan solusi konektivitas jaringan dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur laut pelabuhan Merak - Bakauheni.

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill