Connect With Us

Wali Kota Tangerang Minta Dana Kelurahan Segera Cair

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 22 Oktober 2018 | 14:26

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah memperingati Hari Santri Nasional di Lapangan Ahmad Yani, Kota Tangerang. (TangerangNews.com/2018 / Achmad Irfan Fauzi)

 

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah pusat sedang merancang dana kelurahan dalam RAPBN 2019 yang kini masih dibahas oleh Kementerian Keuangan dengan Badan Anggaran DPR RI.

Dana kelurahan ini juga telah diumumkan oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu yang didasari dengan tujuan untuk pemerataan pembangunan di daerah-daerah. 

Sementara, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah meminta dana kelurahan yang akan dikucurkan tersebut dicairkan lebih cepat demi kebutuhan pembangunan di tiap-tiap kelurahan.

"Kalau bisa tahun ini 2018 (segera cair), lebih cepat lebih bagus," ujar Arief di Ahmad Yani, Kota Tangerang, Senin (22/10/2018).

Arief mengatakan dirinya tidak ingin berkomentar mengenai pencairan dana kelurahan yang belakangan ini menjadi polemik lantaran dana tersebut dikeluarkan menjelang Pilpres 2019.

"Wah kalau urusan politik kami, Pemkot Tangerang tidak dalam fasilitas mengomentari. Kita urusannya memang kita minta untuk kepentingan pembangunan kelurahan," ucapnya.

Arief menjelaskan, rancangan dana kelurahan ini sebelumnya diusulkan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) kepada Presiden Joko Widodo dalam pertemuan di Istana Bogor pada Juli lalu.

"Pertemuan dengan presiden di Istana melalui Apeksi, kita menyampaikan ada dana desa sedangkan di kota ini tidak ada desa adanya kelurahan," ucapnya.

Menurutnya, daerah sangat membutuhkan dana tersebut layaknya dana operasional desa yang sudah digulirkan lebih dulu.

"Tentu kita berharap permasalahannya tentu masalah kesenjangan, masalah sosial di kelurahan. Maka kita berharap ada perhatian pemerintah pusat khususnya Presiden bisa mengakomodir kebutuhan pembangunan yang ada di kelurahan melalui dana kelurahan," kata Arief.

Arief berharap dana kelurahan tersebut dapat segera dicairkan demi mendukung pembangunan di Kota Tangerang, untuk kemudian Pemerintah Daerah dan DPRD setempat melakukan pembahasan APBD 2019.

"Sehingga program kerja Pemkot contohnya kita sudah siapkan kampung-kampung tematik yaitu kampung integrasi dari 15 SKPD bisa terlaksana dengan baik di lingkungan Kota Tangerang," paparnya.(RAZ/HRU)

TEKNO
Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Kamis, 28 Maret 2024 | 01:09

Telkomsel memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 15,22% dibandingkan hari biasa selama momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024.

BANTEN
UMKM Binaan PLN Banten Jadi Sorotan di Bazar Kementerian ESDM 2024

UMKM Binaan PLN Banten Jadi Sorotan di Bazar Kementerian ESDM 2024

Kamis, 28 Maret 2024 | 10:45

Sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Banten (PLN UID Banten) berpartisipasi dalam bazar bertajuk "Sobat Energi Belanja UMKM 2024" .

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill