Connect With Us

Dinkes Tangerang Jemput Bola, Cari Kasus Penularan Tuberkulosis & HIV AIDS

Achmad Irfan Fauzi | Kamis, 25 Oktober 2018 | 13:48

| Dibaca : 747

Ratusan kader kesehatan dan petugas kesehatan mengikuti seminar kesehatan dalam rangka mencegah penyakit Tuberkulosis dan HIV/AIDS. (TangerangNews.com/2018 / Achmad Irfan Fauzi)

 

TANGERANGNEWS.com-Dinas Kesehatan Kota Tangerang terus berupaya menekan masyarakat dalam mencegah penularan penyakit Tuberkulosis (TB) dan Human Immunodeficiency Virus (HIV) Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS).

Salah satunya dengan mencari kasus baru penularan penyakit tersebut lewat menjemput bola ke tiap-tiap rumah warga Kota Tangerang.

"November nanti kami melakukan kegiatan penemuan kasus secara aktif dari rumah ke rumah selama satu bulan penuh," papar Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr Liza Puspadewi saat Seminar Kesehatan  di ruang Al - Amanah, Gedung Puspemkot Tangerang, Kamis (25/10/2018).

Menurut Liza, dengan menemukan kasus baru di masyarakat, pihaknya bisa dengan cepat melakukan penanganan terhadap penderita sehingga penularan bisa dicegah. 

"Sebenarnya yang dipentingkan dari kegiatan ini bagaimana kami bisa menemukan kasus baru, kemudian kami melakukan pengendalian itu," ujarnya.

Liza menjelaskan, penyakit TB merupakan suatu infeksi bakteri yang ditularkan melalui saluran pernafasan. Sedangkan HIV merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Kemudian AIDS adalah stadium akhir dari infeksi virus HIV.

Jenis penyakit tersebut terbilang sangat berbahaya karena sifatnya menular, namun masih bisa dicegah dan disembuhkan. Oleh karena itu, pihaknya juga memberikan pembekalan kepada masyarakat agar dapat mencegah penyakit ini.

"Segera ke Puskesmas atau rumah sakit agar penyakit ini bisa disembuhkan, dikendalikan, dan tidak menularkan kepada orang sekitarnya," jelasnya.

Pembekalan tersebut diisi dengan kegiatan Seminar Kesehatan bertemakan 'Peningkatan Penemuan Kasus TB dan HIV menuju eliminasi tuberkolosis dan HIV Kota Tangerang 2030'.

Kegiatan yang merupakan rangkaian memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-54 ini turut dihadiri ratusan kader kesehatan dan petugas kesehatan.(RAZ/HRU)

TOKOH
Jadi Rektor UMT, Ini Profil Amarullah

Jadi Rektor UMT, Ini Profil Amarullah

Selasa, 9 Juli 2019 | 17:12

TANGERANGNEWS.com-Ahmad Amarullah resmi ditetapkan sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) masa jabatan 2017–2021 atau melanjutkan jabatan almarhum Achmad Badawi yang meninggal dunia 4 Juni 2019 lalu.

MANCANEGARA
Fethullah Gulen Tuding Erdogan Rusak Demokrasi Turki

Fethullah Gulen Tuding Erdogan Rusak Demokrasi Turki

Selasa, 26 Maret 2019 | 17:00

TANGERANGNEWS.com-Ulama kharsimatik, Fethullah Gulen menilai demokrasi di Turki telah dirusak Presiden Recep Tayyip Erdogan. Namun Fethullah Gulen percaya kondisi itu tak akan berlangsung lama.

KAB. TANGERANG
32 SMA Berlaga di Turnamen School Futsal Kabupaten Tangerang

32 SMA Berlaga di Turnamen School Futsal Kabupaten Tangerang

Senin, 22 Juli 2019 | 13:24

TANGERANGNEWS.com-Sebanyak 32 sekolah tingkat SMA di Kabupaten Tangerang mengikuti Turnamen Futsal yang diselenggarakan pemerintah daerah

NASIONAL
Resmikan GIIAS, JK: Ekonomi Maju, Jalan Macet

Resmikan GIIAS, JK: Ekonomi Maju, Jalan Macet

Kamis, 18 Juli 2019 | 19:23

TANGERANGNEWS.com-Gelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 resmi dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia

"Kita mungkin akan kecewa jika gagal, tapi kita telah gagal bila kita tidak mencoba."

Eleanor Roosevelt