Connect With Us

Dinkes Tangerang Jemput Bola, Cari Kasus Penularan Tuberkulosis & HIV AIDS

Achmad Irfan Fauzi | Kamis, 25 Oktober 2018 | 13:48

| Dibaca : 986

Ratusan kader kesehatan dan petugas kesehatan mengikuti seminar kesehatan dalam rangka mencegah penyakit Tuberkulosis dan HIV/AIDS. (TangerangNews.com/2018 / Achmad Irfan Fauzi)

 

TANGERANGNEWS.com-Dinas Kesehatan Kota Tangerang terus berupaya menekan masyarakat dalam mencegah penularan penyakit Tuberkulosis (TB) dan Human Immunodeficiency Virus (HIV) Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS).

Salah satunya dengan mencari kasus baru penularan penyakit tersebut lewat menjemput bola ke tiap-tiap rumah warga Kota Tangerang.

"November nanti kami melakukan kegiatan penemuan kasus secara aktif dari rumah ke rumah selama satu bulan penuh," papar Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr Liza Puspadewi saat Seminar Kesehatan  di ruang Al - Amanah, Gedung Puspemkot Tangerang, Kamis (25/10/2018).

Menurut Liza, dengan menemukan kasus baru di masyarakat, pihaknya bisa dengan cepat melakukan penanganan terhadap penderita sehingga penularan bisa dicegah. 

"Sebenarnya yang dipentingkan dari kegiatan ini bagaimana kami bisa menemukan kasus baru, kemudian kami melakukan pengendalian itu," ujarnya.

Liza menjelaskan, penyakit TB merupakan suatu infeksi bakteri yang ditularkan melalui saluran pernafasan. Sedangkan HIV merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Kemudian AIDS adalah stadium akhir dari infeksi virus HIV.

Jenis penyakit tersebut terbilang sangat berbahaya karena sifatnya menular, namun masih bisa dicegah dan disembuhkan. Oleh karena itu, pihaknya juga memberikan pembekalan kepada masyarakat agar dapat mencegah penyakit ini.

"Segera ke Puskesmas atau rumah sakit agar penyakit ini bisa disembuhkan, dikendalikan, dan tidak menularkan kepada orang sekitarnya," jelasnya.

Pembekalan tersebut diisi dengan kegiatan Seminar Kesehatan bertemakan 'Peningkatan Penemuan Kasus TB dan HIV menuju eliminasi tuberkolosis dan HIV Kota Tangerang 2030'.

Kegiatan yang merupakan rangkaian memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-54 ini turut dihadiri ratusan kader kesehatan dan petugas kesehatan.(RAZ/HRU)

TANGSEL
Dikejar Satpol PP, Manusia Silver di Tangsel Sembunyi di Toilet Wanita

Dikejar Satpol PP, Manusia Silver di Tangsel Sembunyi di Toilet Wanita

Kamis, 28 Mei 2020 | 18:01

TANGERANGNEWS.com-Sebanyak 11 manusia silver yang kerap mencari nafkah di sejumlah lokasi di Kota Tangsel diamanakan petugas Satpol PP, Kamis

KAB. TANGERANG
Polsek Curug Woro-woro New Normal

Polsek Curug Woro-woro New Normal

Kamis, 28 Mei 2020 | 14:42

TANGERANGNEWS.com-Menjelang pelaksanaan new normal atau aktivitas normal baru, Polsek Curug melakukan sosialisasi protokol kehatan di Jalan Raya STPI, depan Pasar Curug, Kelurahan Curug Kulon Kabupaten Tangerang

MANCANEGARA
Malas Merawat, Ibu di China Dikubur Hidup-hidup Anaknya

Malas Merawat, Ibu di China Dikubur Hidup-hidup Anaknya

Minggu, 10 Mei 2020 | 10:24

TANGERANGNEWS.com-Nasib malang dialami seorang ibu di China. Dia dikubur hidup-hidup oleh sang anak lantaran enggan merawatnya. Beruntung dia berhasil selamat

BANTEN
Imbau Pendatang, Gubernur Wahidin: Jangan Cari Kerja di Banten

Imbau Pendatang, Gubernur Wahidin: Jangan Cari Kerja di Banten

Rabu, 27 Mei 2020 | 22:58

TANGERANGNEWS.com-Saat arus balik mudik lebaran, para pencari kerja biasanya memasuki kota-kota industri untuk mencari pekerjaan. Mereka

"Belajar dari hari kemarin, hiduplah untuk hari ini, berharaplah untuk hari esok "

Albert Einstein