Connect With Us

Dindik Kota Tangerang Dorong Seluruh PAUD Terakreditasi

Advertorial | Rabu, 14 November 2018 | 18:59

| Dibaca : 646

Dinas Pendidikan Kota Tangerang menggelar Workshop Supervisi (pengawasan pendidikan) Satuan PAUD dan Dikmas di Gedung MUI Kota Tangerang, Rabu (14/11/2018). (TangerangNews/2018 / Rangga A Zuliansyah)

 

TANGERANGNEWS.com-Dinas Pendidikan Kota Tangerang mendorong seluruh lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) agar terakreditasi, dengan memenuhi delapan standar nasional pendidikan.

Dengan status akreditasi yang merupakan ketentuan dari Kementerian Pendidikan, diharapkan lembaga-lembaga tersebut dapat memberikan pelayanan berkualitas demi kemajuan pendidikan di Kota Tangerang

pendidikan

Upaya yang dilakukan Dindik yakni dengan memberikan pendampingan dalam memenuhi standar tersebut sebagai syarat akreditasi, melalui Workshop Supervisi (pengawasan pendidikan) Satuan PAUD dan Dikmas di Gedung MUI Kota Tangerang, yang diikuti sekitar 70 lembaga, Rabu (14/11/2018).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Abduh Surahman mengatakan, akreditasi ini penting untuk lembaga pendidikan. Sebab untuk kemajuan pendidikan di lembaga itu sendiri. “Jika sudah terakreditasi, sebuah lembaga mutunya terjamin. Masyarakat juga merasa diuntungkan dan percaya dengan kualitasnya,” katanya saat membuka workshop.

Kepala Bidang PAUD dan Pendidikan Non Formal Dindik Kota Tangerang M Adli mengatakan, kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari hasil pemetaan mutu lembaga PAUD dan Dikmas di Kota Tangerang agar memenuhi delapan standar nasional pendidkan.

Adapun delapan standar pendidikan tersebut yaitu Standar Penilaian Pendidikan, Standar Isi, Standar Pembiayaan, Standar Proses, Standar Kompetensi Kelulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Pengelolaan dan Standar Sarana dan Prasarana.

“Jika sudah menyiapkan dokumen yang sesuai standar pendidikan, nantinya lembaga dapat lanjut ke tingkat akreditasi,” katanya.

Dalam workhop ini, Dindik pun menghadirkan pihak Badan Akreditasi Nasional (BAN) untuk memberikan supervisi atau pendampingan kepada para pengelola PAUD. “Pendampingannya 1 minggu, dibantu apa saja yang kurang dan  harus dipenuhi, sampai mereka bisa memenuhi standar. Kemudian melaporkannya ke Balai Pengembangan Mutu PAUD dan PNF Dindik Banten, untuk segera diakreditasi,” tambah Aldi.

Sementara Asesor Badan Akreditasi Nasional untuk Tangerang Sofian mengatakan, hingga tahun 2017 sudah ada sekitar 166 lembaga tingkat PAUD (TK, RA, PKBM, LKP) di Kota Tangerang yang terakreditasi. Namun jumlah tersebut baru sekitar 13,72 persen dari total 1207 lembaga yang ada.

“Karena itu workshop supervisi akan terus dilakukan hingga memenuhi target Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dimana seluruh lembaga PAUD di Indonesia harus terakreditasi pada tahun 2022,” ungkapnya.(Advertorial)

BANDARA
AP II Santuni Anak Yatim-Piatu & Sosialisasikan Bahaya Penerbangan di Bandara Soetta

AP II Santuni Anak Yatim-Piatu & Sosialisasikan Bahaya Penerbangan di Bandara Soetta

Jumat, 14 Desember 2018 | 18:28

TANGERANGNEWS.com-PT Angkasa Pura II melalui Kantor Cabang Bandara Internasional Soekarno-Hatta memberikan santunan kepada ratusan anak yatim-piatu.

PROPERTI
Mandaya Group Bangun Rumah Sakit Senilai Rp1,2 Triliun di Tangerang

Mandaya Group Bangun Rumah Sakit Senilai Rp1,2 Triliun di Tangerang

Sabtu, 20 Oktober 2018 | 13:04

TANGERANGNEWS.com-Mandaya Hospital Group mulai membangun Mandaya Royal Hospital Puri (MRHP) di CBD area kompleks Perumahan Metland

TANGSEL
Didampingi Pengacara, Artis Liza Aditya Bantah Tudingan Transgender

Didampingi Pengacara, Artis Liza Aditya Bantah Tudingan Transgender

Minggu, 16 Desember 2018 | 08:00

TANGERANGNEWS.com-Penyanyi Liza Aditya akhirnya angkat bicara terkait tudingan beberapa netizen yang menuduh bahwa ia adalah seorang transgender.

KOTA TANGERANG
Relawan PMI Kota Tangerang Diajarkan Pelatihan Kehumasan

Relawan PMI Kota Tangerang Diajarkan Pelatihan Kehumasan

Minggu, 16 Desember 2018 | 20:00

TANGERANGNEWS.com-Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) bagi relawan, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang terus memberikan pelatihan yang tidak hanya tentang pertolongan pertama tetapi juga pelatihan kehumasan.

"Semua pengalaman dalam hidup mengajarkan pada kita hal - hal yang penting untuk terus maju."

Brian Tracy