Connect With Us

Melihat Tradisi Unik Warga Tangerang di Sungai Cisadane Rayakan Maulid Nabi

Achmad Irfan Fauzi | Selasa, 20 November 2018 | 17:00

| Dibaca : 1026

Warga RW 02, Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang menggelar tradisi unik Tasyakuran Bini’mah Maulid Nabi Muhammad SAW di pinggir sungai Cisadane, Selasa (20/11/2018). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-Peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW atau Maulid Nabi Muhammad yang jatuh setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah, dirayakan berbagai cara oleh umat Islam di Indonesia.

Seperti di Kota Tangerang. Warga RW 02, Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang menggelar tradisi unik Tasyakuran Bini’mah Maulid Nabi Muhammad SAW di pinggir sungai Cisadane, Selasa (20/11/2018).

“Ini tradisi warga RW 02 yang digelar setiap tanggal 12 Rabiul Awal,” ujar Abu Sopyan, Lurah Babakan kepada TangerangNews.com.

Dalam acara itu, warga tampak duduk di anak tangga sungai mengitari berbagai jenis buah-buahan seperti salak, jeruk hingga kue tradisional dan kembang. Warga pun tampak khidmat berdoa.

“Kita bacakan surah Al-Fatihah untuk orang tua kita yang telah wafat atau yang masih hidup serta kepada para sesepuh yang telah berkorban dan memanjatkan doa untuk keselamatan dan kesejahtetaan kampung kita,” tutur Abu.

Abu mengatakan, tradisi yang digelar di bantaran sungai tersebut memberikan makna tersendiri. Menurutnya, tasyakuran juga digelar bertujuan untuk mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

“Maknanya bahwa air sebagai sumber kehidupan memberikan rahmat bagi semua makhluk sesuai dengan ajaran Nabi bahwa Nabi Muhammad diutus ke dunia sebagai manusia luar biasa yang memberikan rahmat bagi semua Alam,” katanya.

Perayaan Maulid Nabi Muhammad oleh warga RW 02 itu merupakan tradisi turun temurun dan telah menjadi adat istiadat yang diwariskan leluhur daerah setempat yang hingga kini masih dipertahankan.

“Tradisi leluhur ini masih terus dipertahankan oleh warga,” tukas Abu.(MRI/RGI)

TEKNO
Pertama di Indonesia, BPPT Luncurkan Lab Uji Modul Panel Surya di Puspitek Serpong

Pertama di Indonesia, BPPT Luncurkan Lab Uji Modul Panel Surya di Puspitek Serpong

Rabu, 9 Januari 2019 | 15:18

TANGERANGNEWS.com-Melalui Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah resmi membuka pelayanan teknis untuk

AYO! TANGERANG CERDAS
Rudiantara Ingin Tiru Silabus Perusahaan Teknologi Asing, Ini Alasannya

Rudiantara Ingin Tiru Silabus Perusahaan Teknologi Asing, Ini Alasannya

Selasa, 12 Maret 2019 | 20:00

TANGERANGNEWS.com-Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Rudiantara akan mengadopsi beberapa silabus dari perusahaan global technology di luar negeri untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia.

BANDARA
Target 20 Juta Wisman, Menpar Minta LCCT Dioperasikan di Bandara Soetta

Target 20 Juta Wisman, Menpar Minta LCCT Dioperasikan di Bandara Soetta

Kamis, 21 Maret 2019 | 12:00

TANGERANGNEWS.com-Menteri Pariwisata Arief Yahya melakukan kunjungan kerja ke kantor PT Angkasa Pura II, Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Kamis (10/3/2019).

"Untuk bisa sukses, keinginan Anda untuk sukses harus lebih besar dari pada ketakutan Anda untuk gagal."

Bill Cosby