Connect With Us

Dilanda Genangan, Wali Kota Tangerang Cek Drainase di MH Thamrin

Achmad Irfan Fauzi | Kamis, 13 Desember 2018 | 19:03

| Dibaca : 924

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah sidak ke berbagai titik rawan banjir di drainase Jalan MH Thamrin, Kamis (13/12/2018). (TangerangNews/2018 / Achmad Irfan Fauzi)

 

TANGERANGNEWS.com-Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah melakukan pengecekan drainase ke berbagai titik rawan banjir, Kamis (13/12/2018).

Pengecekan tersebut menyasar ke Jalan MH Thamrin, yang kerap menjadi lokasi munculnya genangan air ketika terjadi hujan deras.

Seperti diketahui, hujan lebat yang mengguyur sebagian wilayah Kota Tangerang dalam dua hari terakhir mengakibatkan beberapa jalan protokol tergenang air.

Arief menjelaskan, Pemerintah Kota (Pemkot) terus berbenah guna meminimalisir jumlah genangan.

Menurutnya, pembenahan dilakukan dengan normalisasi sejumlah saluran drainase yang ada di wilayah Kota Tangerang, termasuk membangun embung dan mengoptimalkan sumur retensi maupun biopori.

"Selain pengecekan drainase kami juga melakukan rekayasa teknis bagaimana supaya air runoff di jalan cepat masuk ke drainase. Jadi bisa cepat hilang genangannya," ujar Arief.

Arief menambahkan pihaknya juga akan memfokuskan cara untuk mempercepat genangan di jalan raya agar airnya dapat mengalir ke drainase yang ada.

"Penting dilakukan pengecekan dimensi dan kapasitas saluran untuk normalisasi drainase," jelasnya.

Arief menerangkan, sejak tahun 2014 hingga 2017 Pemkot telah berhasil membangun drainase sebanyak 1.140 ruas dengan panjang 228.16 KM dan menargetkan sebanyak 330 ruas di tahun 2018.

Sedangkan untuk di pemukiman warga, penanganan banjir dilakukan dengan membangun embung yang bertujuan untuk menampung kelebihan air hujan sehingga tak membanjiri pemukiman warga.

Sampai saat ini, telah terbangun sembilan embung dan menargetkan kembali membangun enam embung lainnya.

"Semoga bisa berdampak positif dalam penanganan banjir dan genangan di Kota Tangerang," paparnya.(RMI/HRU)

KAB. TANGERANG
Bank BJB Dukung Pembayaran PBB Online di Tangerang

Bank BJB Dukung Pembayaran PBB Online di Tangerang

Sabtu, 17 Agustus 2019 | 16:26

TANGERANGNEWS.com-Di era Industri 4.0, masyarakat dimudahkan dengan berbagai aplikasi pembayaran berbasis daring, tak terkecuali membayar

AYO! TANGERANG CERDAS
STMIK Raharja Tangerang Resmi Jadi Universitas

STMIK Raharja Tangerang Resmi Jadi Universitas

Sabtu, 29 Juni 2019 | 13:20

TANGERANGNEWS.com-Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Raharja resmi beralih status menjadi Universitas.

KOTA TANGERANG
Diskusi Bijak Menggunakan Sosmed Akhiri Pameran Fotografi di TMP Taruna

Diskusi Bijak Menggunakan Sosmed Akhiri Pameran Fotografi di TMP Taruna

Minggu, 18 Agustus 2019 | 17:53

TANGERANGNEWS.com—Rangkaian acara diskusi publik bertema "Bijak menggunakan Sosmed" mengakhiri Pameran Fotografi Bingkai Persatuan di Museum Juang Taman Makam Pahlawan (TMP) Taruna, Kota Tangerang, Minggu (18/8/2019).

NASIONAL
WASI Pecahkan Rekor Dunia, Kibarkan Merah Putih di Dasar Laut

WASI Pecahkan Rekor Dunia, Kibarkan Merah Putih di Dasar Laut

Minggu, 18 Agustus 2019 | 11:24

TANGERANGNEWS.com-Wanita Selam Indonesia (WASI) memecahkan rekor dunia dengan pengibaran bendera Merah Putih seluas 1.014 meter persegi di dasar Teluk Manado, Sulawesi Utara (Sulut), tepatnya di kawasan Megamas.

"Kita mungkin akan kecewa jika gagal, tapi kita telah gagal bila kita tidak mencoba."

Eleanor Roosevelt