Connect With Us

Dilanda Genangan, Wali Kota Tangerang Cek Drainase di MH Thamrin

Achmad Irfan Fauzi | Kamis, 13 Desember 2018 | 19:03

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah sidak ke berbagai titik rawan banjir di drainase Jalan MH Thamrin, Kamis (13/12/2018). (TangerangNews/2018 / Achmad Irfan Fauzi)

 

TANGERANGNEWS.com-Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah melakukan pengecekan drainase ke berbagai titik rawan banjir, Kamis (13/12/2018).

Pengecekan tersebut menyasar ke Jalan MH Thamrin, yang kerap menjadi lokasi munculnya genangan air ketika terjadi hujan deras.

Seperti diketahui, hujan lebat yang mengguyur sebagian wilayah Kota Tangerang dalam dua hari terakhir mengakibatkan beberapa jalan protokol tergenang air.

Arief menjelaskan, Pemerintah Kota (Pemkot) terus berbenah guna meminimalisir jumlah genangan.

Menurutnya, pembenahan dilakukan dengan normalisasi sejumlah saluran drainase yang ada di wilayah Kota Tangerang, termasuk membangun embung dan mengoptimalkan sumur retensi maupun biopori.

"Selain pengecekan drainase kami juga melakukan rekayasa teknis bagaimana supaya air runoff di jalan cepat masuk ke drainase. Jadi bisa cepat hilang genangannya," ujar Arief.

Arief menambahkan pihaknya juga akan memfokuskan cara untuk mempercepat genangan di jalan raya agar airnya dapat mengalir ke drainase yang ada.

"Penting dilakukan pengecekan dimensi dan kapasitas saluran untuk normalisasi drainase," jelasnya.

Arief menerangkan, sejak tahun 2014 hingga 2017 Pemkot telah berhasil membangun drainase sebanyak 1.140 ruas dengan panjang 228.16 KM dan menargetkan sebanyak 330 ruas di tahun 2018.

Sedangkan untuk di pemukiman warga, penanganan banjir dilakukan dengan membangun embung yang bertujuan untuk menampung kelebihan air hujan sehingga tak membanjiri pemukiman warga.

Sampai saat ini, telah terbangun sembilan embung dan menargetkan kembali membangun enam embung lainnya.

"Semoga bisa berdampak positif dalam penanganan banjir dan genangan di Kota Tangerang," paparnya.(RMI/HRU)

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill