Connect With Us

9 SDN di Kota Tangerang Raih Predikat Sekolah Adiwiyata Nasional

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 26 Desember 2018 | 19:40

Dinas Pendidikan Kota Tangerang mendapatkan penghargaan Adiwiyata dari Kementerian Lingkungan Hidup. (TangerangNews/2018 / Achmad Irfan Fauzi)

 

TANGERANGNEWS.com-Kementerian Lingkungan Hidup memberikan penghargaan Adiwiyata kepada 9 Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kota Tangerang karena dinilai menjadi sekolah ramah lingkungan.

Sekolah-sekolah yang berhasil menyabet penghargaan tingkat nasional tersebut di antaranya SDN Cikokol 2, SDN Petir 3, SDN Pinang 3, SDN Pondok Makmur, SDN Sukasari 5, SDN Tangerang 4, SDN Tangerang 14, SDN Batuceper 1, dan SDN Gondrong 7.

Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Kota Tangerang Nana Supiana mengatakan, penghargaan tersebut merupakan pencapaian yang luar biasa dari hasil kerja tim.

"Untuk jenjang SD ada 9 yang dapat penghargaan tingkat nasional. Ini pencapaian yang luar biasa," ujarnya kepada TangerangNews, Rabu (26/12/2018).

Nana menuturkan, pihaknya memang telah gencar melakukan pembinaan kepada sekolah dasar baik negeri maupun swasta untuk menjadi sekolah Adiwiyata.

"Ini programnya terus kita dorong sebagai bagian dari memberikan kenyamanan dan kebahagiaan peserta didik di SDN Kota Tangerang untuk belajar yang lebih berprestasi," ucapnya.

Namun menurutnya, penghargaan Adiwiyata bukan menjadi tujuan. Melainkan, konsep ramah lingkungan yang diterapkan di sekolah-sekolah dalam rangka mewujudkan peserta didik yang berprestasi karena belajar di wadah yang hijau nan bersih.

Meskipun tidak menjadi target utama, penghargaan tingkat nasional yang telah diraih dapat memotivasi sekolah untuk terus mewujudkan dan menjaga lingkungan sekolah tetap ramah.

"Endingnya apapun programnya prestasi peserta didik itulah menjadi target kita. Di sekolah yang nyaman, ramah lingkungan, sehat itu akan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari prestasi anak-anak peserta didik SD," ucapnya.

Nana menambahkan bahwa seluruh SD baik negeri maupun swasta di Kota Tangerang telah menerapkan konsep ramah lingkungan. Sejauh ini, sebanyak 107 SD telah menyandang Adiwiyata tingkat Kota.

"Memang Adiwiyata tingkat kota itu kita sudah dorong yang berdasarkan standar kriteria Kementerian Lingkungan Hidup.  Pencapaian sudah sampai 107," paparnya.(RMI/HRU)

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

KOTA TANGERANG
Sosok Arief R Wismansyah Dinilai Calon Kuat Gubernur Banten

Sosok Arief R Wismansyah Dinilai Calon Kuat Gubernur Banten

Sabtu, 20 April 2024 | 12:47

Sosok Arief R Wismansyah tidak asing lagi bagi warga di provinsi Banten, apalagi di wilayah Tangerang. Kepemimpinannya dalam menahkodai Kota Tangerang dikenal luas publik.

BANTEN
Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Jumat, 19 April 2024 | 01:17

Sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis digital yang terdepan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan solusi konektivitas jaringan dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur laut pelabuhan Merak - Bakauheni.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill