Connect With Us

Kali Sipon di Tangerang Bakal Disulap Jadi Jernih

Achmad Irfan Fauzi | Kamis, 27 Desember 2018 | 18:48

| Dibaca : 3637

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah melihat kondisi air di Kali Sipon, depan Alun-alun Kota Tangerang. (TangerangNews/2018 / Achmad Irfan Fauzi)

 

TANGERANGNEWS.com-Sungai atau kali menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari kebudayaan masyarakat Tangerang. Sejak zaman nenek moyang, air sungai atau kali dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari, dari mulai mencuci, mandi hingga mengairi lahan pertanian.

Tradisi mandi atau mencuci di sungai atau kali di Tangerang sampai saat ini masih berlangsung, meskipun, kualitas air sungai atau kali tersebut sangat memperihatinkan akibat pencemaran sampah dan limbah yang bersumber dari industri maupun domestik.

Kepedulian masyarakat untuk menjaga kelestarian sungai pun terbilang rendah. Kondisi di sungai Cisadane serta Kali Sipon, Kota Tangerang menjadi contoh sikap acuh tak acuh masyarakat, bahkan menjadikan sungai dan kali sebagai tong sampah raksasa.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mempunyai rencana baik. Ia ingin mengembalikan budaya nenek moyang terdahulu yang santun dengan lingkungannya dengan cara menjernihkan air yang mengalir di sepanjang Kali Sipon.

"Kita lagi jernihin Kali Sipon. Karena kita ingin mengembalikan sungai itu, dulu cerita orangtua kita pada mandi di situ," ujar Arief, Kamis (27/12/2018).

Upaya tersebut dilakukan agar masyarakat kekinian mencintai kali yang mengalir di Kota Tangerang. Jika tampak bersih, diyakini Arief, warga akan peduli.

"Nah supaya masyarakat itu apresiasi terhadap lingkungan, supaya kalau airnya bersih, airnya jernih mudah-mudahan kembali budaya masyarakat yang peduli berwawasan lingkungan," imbuhnya.(RMI/HRU)

OPINI
Renungan Tentang Kematian

Renungan Tentang Kematian

Jumat, 3 Juli 2020 | 09:57

Orang-orang yang telah berusaha taat kepada Allah SWT, perlahan-lahan mendapatkan pengetahuan hikmah dari setiap tindakan yang dilakukan. Pengetahuan yang begitu saja menyesap

HIBURAN
Pocari Sweat Gelar Lomba Lari Virtual

Pocari Sweat Gelar Lomba Lari Virtual

Senin, 13 Juli 2020 | 13:11

TANGERANGNEWS.com-Pocari Sweat, minuman isotonik pengganti cairan

MANCANEGARA
Barista Starbucks Tulis 'ISIS' Pada Gelas Wanita Berhijab

Barista Starbucks Tulis 'ISIS' Pada Gelas Wanita Berhijab

Minggu, 12 Juli 2020 | 12:03

TANGERANGNEWS.com-Seorang wanita Muslim di Minnesota, Amerika Serikat (AS), mengklaim bahwa dirinya menjadi korban diskriminasi oleh barista kedai kopi Starbucks

BANDARA
Ingin Kerja di Bandara Soetta, Wanita ini Mengaku Tertipu Puluhan Juta

Ingin Kerja di Bandara Soetta, Wanita ini Mengaku Tertipu Puluhan Juta

Selasa, 14 Juli 2020 | 19:35

TANGERANGNEWS.com–Nasib apes dialami Evi Haryanti. Wanita cantik berusia 22 tahun ini mengaku merugi sampai Rp21 juta. Ia diduga menjadi korban penipuan berkedok outsourching dengan iming-iming bekerja di Bandara Soekarno-Hatta

"Dengan Hidup yang Hanya Sepanjang  Setengah Tarikan Napas, Jangan Tanam Apapun Kecuali Cinta."

Jalaluddin Rumi