Connect With Us

38 Pasar Tradisional di Tangerang Hadapi Ekonomi Digital

Achmad Irfan Fauzi | Selasa, 12 Februari 2019 | 17:00

Kawasan Pasar Lama, Kota Tangerang. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) mendorong digitalisasi pasar tradisional. Hal ini untuk menghadapi tantangan diera teknologi dan kompetisi yang ketat.

Menurut Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kota Tangerang Junijar, pasar tradisional di Kota Tangerang berjumlah 38 pasar.

Junijar mengatakan, pihaknya mengupayakan puluhan pasar tradisional tersebut untuk menuju ke pelayanan Standar Nasional Indonesia (SNI).

"Pasar-pasar di Kota Tangerang ini kami upayakan untuk sampai ke standar SNI. Artinya, pasar tradisionalnya menuju digitalisasi," ujarnya kepada TangerangNews di kantor Disperindag Kota Tangerang, Selasa (12/2/2019).

Beberapa diantara puluhan pasar tradisional ini, kata dia, Pasar Modern Town Market, Pasar Bandeng dan Pasar Malabar telah mendekati kriteria SNI.

"Untuk pasar ada 100 indikator untuk mencapai kriteria SNI. Seperti harus adanya pengelolahan limbah, memfasilitasi golongan disabilitas, ada jalur sarananya, dan ada kliniknya serta tempat menyusui," terang Junijar.

Selain mengupayakan fasilitas pasar tradisional menuju digitalisasi, kata Junijar, para pelaku usaha yang berdagang di pasar tradisional pun mendapatkan pembinaan setiap setahun sekali demi bisa menghadapi era ekonomi digital.

"Kita terus melakukan pembinaan para pelaku usaha. Kita juga buat profil pasar untuk tahun ini," jelasnya.

Junijar menambahkan bahwa dalam kegiatan pembinaan pihaknya melibatkan perusahaan perbankan untuk meningkatkan sumber daya para pelaku usaha di pasar tradisional ini.

"Agar dia mengelola sendiri untuk bisa transaksi secara digital. Kemudian pelayanan yang diterapkan juga hampir mirip di pasar modern," tukasnya.(MRI/RGI)

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

BANTEN
Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Jumat, 19 April 2024 | 01:17

Sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis digital yang terdepan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan solusi konektivitas jaringan dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur laut pelabuhan Merak - Bakauheni.

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill