Connect With Us

Kembangkan Budaya Baca, Kota Tangerang Akan Ada 998 Perpustakaan

Advertorial | Selasa, 12 Maret 2019 | 14:30

Anak-anak belajar dengan membaca buku di Perpustakaan Mini Kampung Tematik Karawaci, Kota Tangerang. (TangerangNews/2019 / Achmad Irfan Fauzi)

 

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) bakal memfasilitasi jendela dunia atau perpustakaan di setiap lingkungan Rukun Warga (RW).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Kota Tangerang, jumlah RW di Kota Tangerang mencapai 998. Dari ratusan lingkungan RW tersebut beberapa di antaranya merupakan lingkungan berkonsep Kampung Tematik.

Kabid Pengembangan Perpustakaan DPAD Kota Tangerang Acep Suhardiman mengatakan, pihaknya akan berkontribusi terhadap lingkungan RW dengan menghadirkan perpustakaan demi meningkatkan minat baca masyarakat.

"Kami targetkan tahun 2019 ini perpustakaan akan hadir di seluruh RW," ujarnya saat berbincang dengan TangerangNews di kantor DPAD Kota Tangerang, Selasa (12/3/2019).

Menurutnya, saat ini perpustakaan sudah hadir di ruang-ruang publik seperti di Taman Tematik, kantor Kecamatan. Selain itu, sudah hadir pula empat mobil perpustakaan yang berkeliling untuk memberikan fasilitas baca buku secara langsung kepada masyarakat.

"Sekarang sudah ada 63 perpustakaan masyarakat yang berada di masjid, pesantren dan Lapas," ucapnya.

Namun, maraknya fasilitas perpustakaan di ruang publik itu tak mengurung niat DPAD untuk terus mengembangkannya agar masyarakat lebih tertarik membaca buku. Terlebih saat ini pihaknya juga tengah mengembangkan aplikasi iTangerang untuk memberikan fasilitas buku dalam genggaman smartphone.

"Memang ini merupakan strategi kita yaitu menyerang masyarakat dengan buku demi memupuk budaya mereka membaca buku. Karena ini jaman digitalisasi, kita serang juga lewat digital yaitu dengan mengakses aplikasi iTangerang," jelasnya.

Sementara itu, Staff Bidang Pengembangan DPAD Kota Tangerang Karyawiguna menambahkan bahwa budaya gemar membaca masih didominasi oleh kalangan pelajar seperti tingkat SD, SMP dan SMA. 

Untuk itu, kata dia, setiap sebulan sekali pihaknya merefresh serial buku di tiap-tiap perpustakaan sehingga dapat menjaring seluruh kelompok masyarakat agar gemar membaca.

"Kalau buku tiap bulan kita refresh. Jadi enggak cuma dikalangan pelajar saja, tapi dari balita sampai ke orang tua juga harus gemar membaca karena ini fokus kita," tukasnya.(ADV)

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

BANTEN
Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Jumat, 19 April 2024 | 01:17

Sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis digital yang terdepan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan solusi konektivitas jaringan dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur laut pelabuhan Merak - Bakauheni.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill