Connect With Us

Target Partisipasi 80 %, KPU Banten Sosialisasi di Pasar Lama

Achmad Irfan Fauzi | Minggu, 17 Maret 2019 | 09:00

| Dibaca : 261

KPU Provinsi Banten menggelar sosialisasi pemilihan umum (Pemilu) di kawasan kuliner Pasar Lama, Kota Tangerang, Sabtu (16/3/2019) malam. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-KPU Provinsi Banten menggelar sosialisasi pemilihan umum (Pemilu) di kawasan kuliner Pasar Lama, Kota Tangerang, Sabtu (16/3/2019) malam.

Sosialisasi yang dikemas dengan penganugerahan lomba mural art compretition dan penampilan band lokal ini, sebagai upaya KPU dalam mengejar partisipasi pemilih yang ditargetkan mencapai 80 persen.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Provinsi Banten, Eka Satria Laksmana mengatakan, daftar pemilih tetap (DPT) di provinsi ini mencapai 8.112.000 pemilih. Dari angka DPT tersebut, Kota Tangerang merupakan terbanyak kedua setelah Kabupaten Tangerang.

"Kota Tangerang jumlah pemilihnya cukup banyak, yang kita inginkan tingkat partisipasinya juga lebih baik dari penyelenggaraan pemilu sebelumnya. Kita punya target 80 persen dan mudah-mudahan dari kota ini kontribusi pemilihnya juga lebih banyak dari daerah lain," jelas Eka.

Dalam kegiatan itu, pembawa acara menguji masyarakat yang hadir dengan bertanya seputar pemilu. Sebagian masyarakat pun menjawab dengan tepat. Meskipun masih ada yang keliru, partisipan tetap diberi hadiah oleh panitia.

Di sisi lain, para petugas KPU juga tampak memanfaatkan keramaian masyarakat yang berlalu lalang di kawasan kuliner ini sebagai momentum bersosialiasi dengan memberi alat peraga pemilu.

Sementara aksi penampilan band Samsaka yang membawakan lagu-lagu musisi terkemuka yaiti Iwan Fals sukses membuat para hadirin bergoyang dan berdendang, seakan gelaran pesta demokrasi 2019 nanti berjalan seperti apa yang diharapkan.

"Salah satu kegiatan ini memang difokuskan di Kota Tangerang. Nanti juga teman-teman KPU Kota Tangerang akan melaksanakan kegiatan yang serupa untuk mendorong partisipasi pemilih di Provinsi Banten," kata Eka.

KPU juga turut memberikan piagam penghargaan kepada tiga peserta lomba mural yang terpilih sebagai juara, karena dinilai sangat kreatif dalam membuat mural dengan konsep menyampaikan pesan-pesan pemilu

Sosialisasi di pusat kota yang merupakan titik keramaian ini, diharapkan Eka dapat menjaring partisipasi pemilih pemula. Pihaknya juga akan memaksimalkan waktu pencoblosan yang tersisa pada 17 April 2019 nanti dengan menggencarkan sosialiasi di tiap kota/kabupaten.

"Selain di Kota Tangerang, nanti ditanggal 30 Maret juga kita di Pandeglang ada konser pemilu. Tanggal 7 April serentak di seluruh Prov Banten ada Pemilu Run. Itu targetnya sama untuk menjaring pemilih muda dan pemula yang jumlahnya 30 persenan dari DPT," papar dia.(RAZ/RGI)

TOKOH
Jadi Rektor UMT, Ini Profil Amarullah

Jadi Rektor UMT, Ini Profil Amarullah

Selasa, 9 Juli 2019 | 17:12

TANGERANGNEWS.com-Ahmad Amarullah resmi ditetapkan sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) masa jabatan 2017–2021 atau melanjutkan jabatan almarhum Achmad Badawi yang meninggal dunia 4 Juni 2019 lalu.

WISATA
Objek Wisata Paling Recomended di Jakarta

Objek Wisata Paling Recomended di Jakarta

Kamis, 28 Maret 2019 | 08:13

TANGERANGNEWS.com-Anda sedang mencari objek wisata terbaik di Jakarta? Meskipun menjadi kota metropolitan dengan tingkat mobilitas yang sangat

KOTA TANGERANG
Diskusi Bijak Menggunakan Sosmed Akhiri Pameran Fotografi di TMP Taruna

Diskusi Bijak Menggunakan Sosmed Akhiri Pameran Fotografi di TMP Taruna

Minggu, 18 Agustus 2019 | 17:53

TANGERANGNEWS.com—Rangkaian acara diskusi publik bertema "Bijak menggunakan Sosmed" mengakhiri Pameran Fotografi Bingkai Persatuan di Museum Juang Taman Makam Pahlawan (TMP) Taruna, Kota Tangerang, Minggu (18/8/2019).

"Kita mungkin akan kecewa jika gagal, tapi kita telah gagal bila kita tidak mencoba."

Eleanor Roosevelt