Connect With Us

Target Partisipasi 80 %, KPU Banten Sosialisasi di Pasar Lama

Achmad Irfan Fauzi | Minggu, 17 Maret 2019 | 09:00

| Dibaca : 249

KPU Provinsi Banten menggelar sosialisasi pemilihan umum (Pemilu) di kawasan kuliner Pasar Lama, Kota Tangerang, Sabtu (16/3/2019) malam. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-KPU Provinsi Banten menggelar sosialisasi pemilihan umum (Pemilu) di kawasan kuliner Pasar Lama, Kota Tangerang, Sabtu (16/3/2019) malam.

Sosialisasi yang dikemas dengan penganugerahan lomba mural art compretition dan penampilan band lokal ini, sebagai upaya KPU dalam mengejar partisipasi pemilih yang ditargetkan mencapai 80 persen.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Provinsi Banten, Eka Satria Laksmana mengatakan, daftar pemilih tetap (DPT) di provinsi ini mencapai 8.112.000 pemilih. Dari angka DPT tersebut, Kota Tangerang merupakan terbanyak kedua setelah Kabupaten Tangerang.

"Kota Tangerang jumlah pemilihnya cukup banyak, yang kita inginkan tingkat partisipasinya juga lebih baik dari penyelenggaraan pemilu sebelumnya. Kita punya target 80 persen dan mudah-mudahan dari kota ini kontribusi pemilihnya juga lebih banyak dari daerah lain," jelas Eka.

Dalam kegiatan itu, pembawa acara menguji masyarakat yang hadir dengan bertanya seputar pemilu. Sebagian masyarakat pun menjawab dengan tepat. Meskipun masih ada yang keliru, partisipan tetap diberi hadiah oleh panitia.

Di sisi lain, para petugas KPU juga tampak memanfaatkan keramaian masyarakat yang berlalu lalang di kawasan kuliner ini sebagai momentum bersosialiasi dengan memberi alat peraga pemilu.

Sementara aksi penampilan band Samsaka yang membawakan lagu-lagu musisi terkemuka yaiti Iwan Fals sukses membuat para hadirin bergoyang dan berdendang, seakan gelaran pesta demokrasi 2019 nanti berjalan seperti apa yang diharapkan.

"Salah satu kegiatan ini memang difokuskan di Kota Tangerang. Nanti juga teman-teman KPU Kota Tangerang akan melaksanakan kegiatan yang serupa untuk mendorong partisipasi pemilih di Provinsi Banten," kata Eka.

KPU juga turut memberikan piagam penghargaan kepada tiga peserta lomba mural yang terpilih sebagai juara, karena dinilai sangat kreatif dalam membuat mural dengan konsep menyampaikan pesan-pesan pemilu

Sosialisasi di pusat kota yang merupakan titik keramaian ini, diharapkan Eka dapat menjaring partisipasi pemilih pemula. Pihaknya juga akan memaksimalkan waktu pencoblosan yang tersisa pada 17 April 2019 nanti dengan menggencarkan sosialiasi di tiap kota/kabupaten.

"Selain di Kota Tangerang, nanti ditanggal 30 Maret juga kita di Pandeglang ada konser pemilu. Tanggal 7 April serentak di seluruh Prov Banten ada Pemilu Run. Itu targetnya sama untuk menjaring pemilih muda dan pemula yang jumlahnya 30 persenan dari DPT," papar dia.(RAZ/RGI)

SPORT
Hari Bhakti ke-55, Pemasyarakatan Trail Adventure (PASTA) Gelar Bakti Sosial

Hari Bhakti ke-55, Pemasyarakatan Trail Adventure (PASTA) Gelar Bakti Sosial

Senin, 29 April 2019 | 13:00

TANGERANGNEWS.com-Sobat trail mania di Indonesia pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata trabas atau biasa disebut dengan trail adventure, bagi mereka yang mencintai olahraga ekstrem motor trail.

KOTA TANGERANG
Gerindra Persilahkan Warga Kota Tangerang Ikut Aksi Demo di Jakarta

Gerindra Persilahkan Warga Kota Tangerang Ikut Aksi Demo di Jakarta

Selasa, 21 Mei 2019 | 18:28

TANGERANGNEWS.com-DPC Partai Gerindra Kota Tangerang mempersilahkan warga Kota Tangerang untuk turut serta dalam aksi unjuk rasa yang digelar di kantor penyelenggara pemilu, Jakarta.

MANCANEGARA
Fethullah Gulen Tuding Erdogan Rusak Demokrasi Turki

Fethullah Gulen Tuding Erdogan Rusak Demokrasi Turki

Selasa, 26 Maret 2019 | 17:00

TANGERANGNEWS.com-Ulama kharsimatik, Fethullah Gulen menilai demokrasi di Turki telah dirusak Presiden Recep Tayyip Erdogan. Namun Fethullah Gulen percaya kondisi itu tak akan berlangsung lama.

KAB. TANGERANG
Balai Pom Sidak Dua Ritel di Gading Serpong

Balai Pom Sidak Dua Ritel di Gading Serpong

Selasa, 21 Mei 2019 | 22:00

TANGERANGNEWS.com-Balai Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Loka Kabupaten Tangerang bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tangerang menemukan pangan yang tidak memiliki izin edar saat menggelar inspeksi mendadak

"Jurnalisme, karena menyangkut pengumpulan informasi, sedikit berbeda dari pekerjaan intelijen. Dalam penilaian saya, pekerjaan seorang jurnalis sangat menarik."

Vladimir Putin (Presiden Rusia)