Connect With Us

Target Partisipasi 80 %, KPU Banten Sosialisasi di Pasar Lama

Achmad Irfan Fauzi | Minggu, 17 Maret 2019 | 09:00

KPU Provinsi Banten menggelar sosialisasi pemilihan umum (Pemilu) di kawasan kuliner Pasar Lama, Kota Tangerang, Sabtu (16/3/2019) malam. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-KPU Provinsi Banten menggelar sosialisasi pemilihan umum (Pemilu) di kawasan kuliner Pasar Lama, Kota Tangerang, Sabtu (16/3/2019) malam.

Sosialisasi yang dikemas dengan penganugerahan lomba mural art compretition dan penampilan band lokal ini, sebagai upaya KPU dalam mengejar partisipasi pemilih yang ditargetkan mencapai 80 persen.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Provinsi Banten, Eka Satria Laksmana mengatakan, daftar pemilih tetap (DPT) di provinsi ini mencapai 8.112.000 pemilih. Dari angka DPT tersebut, Kota Tangerang merupakan terbanyak kedua setelah Kabupaten Tangerang.

"Kota Tangerang jumlah pemilihnya cukup banyak, yang kita inginkan tingkat partisipasinya juga lebih baik dari penyelenggaraan pemilu sebelumnya. Kita punya target 80 persen dan mudah-mudahan dari kota ini kontribusi pemilihnya juga lebih banyak dari daerah lain," jelas Eka.

Dalam kegiatan itu, pembawa acara menguji masyarakat yang hadir dengan bertanya seputar pemilu. Sebagian masyarakat pun menjawab dengan tepat. Meskipun masih ada yang keliru, partisipan tetap diberi hadiah oleh panitia.

Di sisi lain, para petugas KPU juga tampak memanfaatkan keramaian masyarakat yang berlalu lalang di kawasan kuliner ini sebagai momentum bersosialiasi dengan memberi alat peraga pemilu.

Sementara aksi penampilan band Samsaka yang membawakan lagu-lagu musisi terkemuka yaiti Iwan Fals sukses membuat para hadirin bergoyang dan berdendang, seakan gelaran pesta demokrasi 2019 nanti berjalan seperti apa yang diharapkan.

"Salah satu kegiatan ini memang difokuskan di Kota Tangerang. Nanti juga teman-teman KPU Kota Tangerang akan melaksanakan kegiatan yang serupa untuk mendorong partisipasi pemilih di Provinsi Banten," kata Eka.

KPU juga turut memberikan piagam penghargaan kepada tiga peserta lomba mural yang terpilih sebagai juara, karena dinilai sangat kreatif dalam membuat mural dengan konsep menyampaikan pesan-pesan pemilu

Sosialisasi di pusat kota yang merupakan titik keramaian ini, diharapkan Eka dapat menjaring partisipasi pemilih pemula. Pihaknya juga akan memaksimalkan waktu pencoblosan yang tersisa pada 17 April 2019 nanti dengan menggencarkan sosialiasi di tiap kota/kabupaten.

"Selain di Kota Tangerang, nanti ditanggal 30 Maret juga kita di Pandeglang ada konser pemilu. Tanggal 7 April serentak di seluruh Prov Banten ada Pemilu Run. Itu targetnya sama untuk menjaring pemilih muda dan pemula yang jumlahnya 30 persenan dari DPT," papar dia.(RAZ/RGI)

TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

KOTA TANGERANG
Naik 20%, Volume Sampah di Kota Tangerang Tembus 1.800 Ton Selama Libur Lebaran 2024

Naik 20%, Volume Sampah di Kota Tangerang Tembus 1.800 Ton Selama Libur Lebaran 2024

Selasa, 16 April 2024 | 10:03

Volume sampah di Kota Tangerang mengalami peningkatan 20 persen atau sebanyak 1.800 ton per hari selama libur Lebaran 2024.

SPORT
Cetak Gol Penyelamat di Laga Persita vs Persib, Fahreza Sudin Akui Bangga

Cetak Gol Penyelamat di Laga Persita vs Persib, Fahreza Sudin Akui Bangga

Selasa, 16 April 2024 | 12:26

Gol penyelamat di menit-menit akhir oleh Fahreza Sudin sukses mengantarkan Persita untuk menahan imbang Persib dengan skor 3-3 di Stadion Kapten I Wayan Dipta pada Senin, 15 April 2024, sore.

BANDARA
Hari Ini Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Bandara Soetta, Diprediksi Capai 190 Ribu Penumpang

Hari Ini Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Bandara Soetta, Diprediksi Capai 190 Ribu Penumpang

Senin, 15 April 2024 | 12:19

Puncak arus balik Lebaran 2024 di 20 bandara yang dikelola Angkasa Pura (AP) II diperkirakan terjadi pada Senin, 15 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill