Connect With Us

Target Partisipasi 80 %, KPU Banten Sosialisasi di Pasar Lama

Achmad Irfan Fauzi | Minggu, 17 Maret 2019 | 09:00

| Dibaca : 167

KPU Provinsi Banten menggelar sosialisasi pemilihan umum (Pemilu) di kawasan kuliner Pasar Lama, Kota Tangerang, Sabtu (16/3/2019) malam. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-KPU Provinsi Banten menggelar sosialisasi pemilihan umum (Pemilu) di kawasan kuliner Pasar Lama, Kota Tangerang, Sabtu (16/3/2019) malam.

Sosialisasi yang dikemas dengan penganugerahan lomba mural art compretition dan penampilan band lokal ini, sebagai upaya KPU dalam mengejar partisipasi pemilih yang ditargetkan mencapai 80 persen.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Provinsi Banten, Eka Satria Laksmana mengatakan, daftar pemilih tetap (DPT) di provinsi ini mencapai 8.112.000 pemilih. Dari angka DPT tersebut, Kota Tangerang merupakan terbanyak kedua setelah Kabupaten Tangerang.

"Kota Tangerang jumlah pemilihnya cukup banyak, yang kita inginkan tingkat partisipasinya juga lebih baik dari penyelenggaraan pemilu sebelumnya. Kita punya target 80 persen dan mudah-mudahan dari kota ini kontribusi pemilihnya juga lebih banyak dari daerah lain," jelas Eka.

Dalam kegiatan itu, pembawa acara menguji masyarakat yang hadir dengan bertanya seputar pemilu. Sebagian masyarakat pun menjawab dengan tepat. Meskipun masih ada yang keliru, partisipan tetap diberi hadiah oleh panitia.

Di sisi lain, para petugas KPU juga tampak memanfaatkan keramaian masyarakat yang berlalu lalang di kawasan kuliner ini sebagai momentum bersosialiasi dengan memberi alat peraga pemilu.

Sementara aksi penampilan band Samsaka yang membawakan lagu-lagu musisi terkemuka yaiti Iwan Fals sukses membuat para hadirin bergoyang dan berdendang, seakan gelaran pesta demokrasi 2019 nanti berjalan seperti apa yang diharapkan.

"Salah satu kegiatan ini memang difokuskan di Kota Tangerang. Nanti juga teman-teman KPU Kota Tangerang akan melaksanakan kegiatan yang serupa untuk mendorong partisipasi pemilih di Provinsi Banten," kata Eka.

KPU juga turut memberikan piagam penghargaan kepada tiga peserta lomba mural yang terpilih sebagai juara, karena dinilai sangat kreatif dalam membuat mural dengan konsep menyampaikan pesan-pesan pemilu

Sosialisasi di pusat kota yang merupakan titik keramaian ini, diharapkan Eka dapat menjaring partisipasi pemilih pemula. Pihaknya juga akan memaksimalkan waktu pencoblosan yang tersisa pada 17 April 2019 nanti dengan menggencarkan sosialiasi di tiap kota/kabupaten.

"Selain di Kota Tangerang, nanti ditanggal 30 Maret juga kita di Pandeglang ada konser pemilu. Tanggal 7 April serentak di seluruh Prov Banten ada Pemilu Run. Itu targetnya sama untuk menjaring pemilih muda dan pemula yang jumlahnya 30 persenan dari DPT," papar dia.(RAZ/RGI)

MANCANEGARA
Ini Dia Makanan Sultan, Steak Berlapis Emas Seharga Rp5,8 Juta

Ini Dia Makanan Sultan, Steak Berlapis Emas Seharga Rp5,8 Juta

Senin, 19 November 2018 | 14:43

TANGERANGNEWS.com-Makanan berlapis emas bukan sesuatu yang asing lagi saat ini. Kini banyak restoran yang menyediakan menu tersebut, seiring

OPINI
Bagaimana Seharusnya Debat Capres Berjalan?

Bagaimana Seharusnya Debat Capres Berjalan?

Jumat, 1 Februari 2019 | 15:00

TANGERANGNEWS.com-Debat capres pertama telah berlangsung pada tanggal 17 Januari 2019 kemarin di Hotel Bidakara Jakarta. Namun, berbeda dengan format debat capres seperti pada tahun 2014

HIBURAN
NXL Kembali Gelar Kompetisi ML & PUBG Mobile, Total Hadiah Rp100 Juta

NXL Kembali Gelar Kompetisi ML & PUBG Mobile, Total Hadiah Rp100 Juta

Minggu, 3 Maret 2019 | 07:20

TANGERANGNEWS.com-Tim E-sport profesional NXL kembali menggelar turnamen offline untuk menantang kemampuan para gamer, khususnya di game

BANDARA
AP II Telah Selesaikan Pembayaran Ganti Rugi Lahan Bandara Soetta

AP II Telah Selesaikan Pembayaran Ganti Rugi Lahan Bandara Soetta

Senin, 11 Maret 2019 | 19:00

TANGERANGNEWS.com- PT Angkasa Pura II percepat proses penuntasan pembayaran ganti rugi lahan runway ketiga Bandara Internasional Soekarno-Hatta dimana saat ini dalam proses konsinyasi di Pengadilan Negeri Tangerang.

"Untuk bisa sukses, keinginan Anda untuk sukses harus lebih besar dari pada ketakutan Anda untuk gagal."

Bill Cosby