Connect With Us

RSK Sitanala Bantah Disorientasi Pelayanan Kepada Pasien Kusta

Achmad Irfan Fauzi | Jumat, 29 Maret 2019 | 16:00

Gedung IGD Rumah Sakit Kusta (RSK) Sitanala, Kota Tangerang. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-Manajemen Rumah Sakit Kusta (RSK) Sitanala membantah jika pihaknya mendisorientasikan pelayanan kepada pasien kusta.

Rumah sakit plat merah yang terletak di Jalan Dr Sitanala, Neglasari, Kota Tangerang tersebut mengklaim bahwa tidak membeda-bedakan dalam memberikan pelayanan kepada pasien umum maupun pasien kusta.

Kepala Instalasi Humas RSK Sitanala Nurlaela mengatakan, pihaknya hanya mengimplementasikan peraturan-peraturan yang berlaku baik dari kebijakan rumah sakit maupun kebijakan BPJS.

"Kami selalu memberikan pelayanan kepada pasien penderita kusta dan pasien umum tanpa pernah membeda-bedakan. Semuanya tetap menjadi prioritas," ujarnya kepada TangerangNews di RSK Sitanala, Jumat (29/3/2019).

Diketahui, beberapa pasien rumah sakit tersebut mendatangi DPRD Kota Tangerang, Kamis (28/3/2019). Mereka mengeluhkan pelayanan RSK Sitanala yang dituding telah menelantarkan pasien.

Nurlaela juga membenarkan jika para penderita kusta yang mengeluh kepada DPRD Kota Tangerang merupakan pasien RSK Sitanala.

Menurutnya, para penderita kusta tersebut merupakan pasien BPJS yang menjalani perawatan di RSK Sitanala beberapa waktu terakhir.

"Betul, mereka pasien BPJS semua. Keluhan mereka sudah kami serap bahwa mereka menemui kami pada 4 Desember 2018," ucapnya.

Kata dia, untuk pelayanan pengguna BPJS harus berjenjang, karena pasien meski ada rujukan dari rumah sakit tipe C, kemudian tipe B hingga tipe A.

"Rumah sakit Sitanala ini tipe A. Jadi BPJS kan punya aturan tersendiri, dan kita hanya mengikuti aturan itu," jelas personel humas yang akrab disapa Ela.

Ela juga menambahkan jika pihaknya dituding menelantarkan pasien penderita kusta. Menurutnya, ada indikasi bahwa mantan pasien RSK Sitanala tersebut belum memahami regulasi BPJS mengenai penanganan operasi.

"Biasanya kan tiga hari keluar dulu lalu masuk lagi kan gitu aturan BPJS. Mereka itu hanya menuntut ingin seperti dulu, berobat masuk sini gratis. Kita juga kan tidak ada obat kusta karena obat kusta sekarang adanya di Puskesmas," katanya.

Ela menambahkan, RSK Sitanala membuka pelayanan umum sejak tahun 2010 dan tetap melayani pelayanan poli kusta. Kata dia, pelayanan yang diberikan rumah sakit tersebut tak membeda-bedakan pasien umum maupun kusta.

"Intinya kami tetap melayani tanpa dibeda-bedakan," tukasnya.(MRI/RGI)

KOTA TANGERANG
Begini Kondisi Plaza Shinta Cimone Tangerang Usai Sempat Ditutup

Begini Kondisi Plaza Shinta Cimone Tangerang Usai Sempat Ditutup

Kamis, 25 April 2024 | 10:34

Plaza Shinta Cimone Kota Tangerang mulai kembali beroperasi usai sempat ditutup beberapa waktu lalu.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

NASIONAL
Prabowo-Gibran Ditetapkan Jadi Presiden-Wapres Terpilih, Dihadiri AMIN Tanpa Ganjar dan Mahfud

Prabowo-Gibran Ditetapkan Jadi Presiden-Wapres Terpilih, Dihadiri AMIN Tanpa Ganjar dan Mahfud

Rabu, 24 April 2024 | 12:17

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat resmi menetapkan pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024-2029.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill