Connect With Us

Serba-serbi Alasan Bawaslu Ingin PSU di 22 TPS Kota Tangerang

Achmad Irfan Fauzi | Minggu, 21 April 2019 | 21:00

| Dibaca : 1681

Ketua Bawaslu Kota Tangerang Agus Muslim saat memantau rekapitulasi perhitungan suara di GOR Pinang, Sabtu (20/4/2019). (TangerangNews/2019 / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-Ketua Bawaslu Kota Tangerang Agus Muslim memaparkan alasan pihaknya ingin 22 TPS yang berada di 6 kecamatan ini dilakukan PSU.

Menurutnya, rekomendasi ini berdasarkan hasil pengawasan Bawaslu selama aktivitas pencoblosan di TPS bahwa terdapat serangkaian pelanggaran.

"Untuk PSU ini ada beberapa hal varian pelanggaran," jelas Agus dalam jumpa pers di kantor Bawaslu Kota Tangerang, Minggu (21/4/2019).

Agus menjelaskan persoalan yang bergejolak sehingga berpotensi PSU misalnya yang terjadi di Kecamatan Benda bahwa di TPS 07 mengalami kejadian kotak surat suara PPWP dibuka oleh PPS dan KPPS.

"Untuk di Larangan itu ada yang tertukar surat suara DPRD Kota di antara Dapil III dan Dapil IV sudah habis. 33 DPRD kota juga sudah tercoblos dari 298 DPT," ungkapnya.

Selain itu, juga yang terjadi di  TPS 48 Cipondoh bahwa melebihi batas waktu proses pemungutan surat suara DPRD Kota Tangerang.

"Terus di Jatiuwung proses pemungutan sudah dihentikan sebelum waktunya. Ada juga pemilih di luar ketentuan peraturan," katanya.

Masih kata Agus, rekomendasi PSU didominasi di Kecamatan Cibodas. Terdapat 15 TPS yang didorong Bawaslu untuk gelar coblos ulang dengan persoalan variatif.

"Di Cibodas ya pelanggarannya ada surat suara ditulis nama dan tanda tangan. Kurang surat suara dari DPT yang ketahuannya pada saat dihitung," ucapnya.

Agus menambahkan, rekomendasi PSU yang digelar dengan coblos ulang satu kategori surat suara hingga lima kategori surat suara ini pula mesti ditindaklanjut oleh KPU dengan segera. KPU, kata dia, memiliki keputusan untuk menggelar PSU dan menentukan waktu penyelenggaraannya.

"Waktunya secepatnya lebih bagus agar masyarakat tidak dirugikan. Kita sarankan yang terpenting kesiapan KPU yang maksimal," imbuhnya.(RAZ/RGI)

TEKNO
Menristek Sebut Jambu Biji Tingkatkan Imunitas Hadapi COVID-19

Menristek Sebut Jambu Biji Tingkatkan Imunitas Hadapi COVID-19

Sabtu, 28 Maret 2020 | 18:40

TANGERANGNEWS.com-Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN), Prof Bambang PS Brodjonegoro, melalui

KOTA TANGERANG
27 Orang Jadi Korban Penipuan Oknum PNS Tangerang, Korban Rugi Ratusan Juta

27 Orang Jadi Korban Penipuan Oknum PNS Tangerang, Korban Rugi Ratusan Juta

Jumat, 3 Juli 2020 | 16:18

TANGERANGNEWS.com–Oknum pegawai negeri sipil (PNS) Kota Tangerang berinisial DR, 39, harus berurusan dengan polisi. Dia ditangkap karena dituding telah menipu puluhan korban dengan modus menjadi pegawai negeri sipil (PNS)

WISATA
Menikmati Suasana Asri di Situ Lengkong Tangsel

Menikmati Suasana Asri di Situ Lengkong Tangsel

Sabtu, 13 Juni 2020 | 13:00

TANGERANGNEWS.com-Di tengah hiruk pikuk Kota Tangerang Selatan (Tangsel), ternyata terdapat ruang terbuka hijau yang menjadi tempat favorit

MANCANEGARA
Napoleon, Ikan dari Indonesia Mulai Muncul Lagi

Napoleon, Ikan dari Indonesia Mulai Muncul Lagi

Jumat, 3 Juli 2020 | 09:45

TANGERANGNEWS.com-Ikan Napoleon (Cheilinus undulatus)adalah ikan yang hidup diperairan terumbu karang. Konon dinamakan ikan Napoleon karena bentuk tonjolan di kepala ikan ini

"Belajar dari hari kemarin, hiduplah untuk hari ini, berharaplah untuk hari esok "

Albert Einstein