Connect With Us

PMI Kota Tangerang: Donor Darah Tidak Membatalkan Puasa, Tapi...

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 9 Mei 2019 | 13:34

| Dibaca : 510

Kantor PMI Kota Tangerang. (@TangerangNews2017 / Rangga A Zuliansyah)

 

TANGERANGNEWS.com-Saat bulan Ramadan, jumlah pendonor dipastikan merosot dibanding hari biasa. Hal ini karena masyarakat Muslim yang puasa biasanya enggan mendonorkan darahnya, disamping khawatir akan membatalkan puasa juga dianggap mengganggu ketahanan fisik mereka.

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang sendiri menjelasksn bahwa sebenarnya donor darah tidak akan  membatalkan puasa, maupun menganggu kesehatan. Tapi memang  akan terasa lebih lapar jika dilakukan siang hari.

"Sebenarnya pengaruh langsung tidak ada, donor darah juga tidak membatalkan puasa. Cuma akan terasa lebih lapar saja. Untuk itu sebaiknya dilakukan usai berbuka puasa atau setelah Salat Tarawih," jelas kepala Markas PMI Kota Tangerang Mustofa Kamaludin, Kamis (9/5/2019).

Dia menambahkan bahwa penurunan kantong darah dari pendonor selama puasa bisa mencapai 70 persen dari  hari biasa yang rata-rata bisa mendapatkan 5000 kantong per bulan.

"Pendonor kita kan 80 persennya Muslin. Ya bisa menurun jadi tinggal 1000 kantong," kata Mustofa.

Untuk mengantisipasi kekosongan stok sendiri, pihaknya telah gencar mengumpulkan kantong darah sejak dua bulan lalu. Saat memasuki bulan Ramadan, PMI Kota Tangerang sudah menyiapkan sebanyak 10 ribu kantong darah.

"Kita siasati dengan nyetok dua kali lipat. Menjelang puasa saja kita sudah kumpulkan 9.000 kantong. Kita jamin stok darah selama bulan puasa aman sampai Lebaran," tukas Mustofa.

Selain itu, lanjut Mustofa, PMi Kota Tangerang juga mensiasatinya dengan menggeser jadwal donor non Muslim untuk bisa memberikan darahnya di bulan puasa. "PMI pun tetap menyiagakan mobil donor darah di mall dan masjid saat malam hari," jelasnya.(RAZ/HRU)

TEKNO
LIPI Kembangkan Baja Laterit, Ini Kegunaannya

LIPI Kembangkan Baja Laterit, Ini Kegunaannya

Selasa, 13 Agustus 2019 | 17:45

TANGERANGNEWS.com-Saat ini, Indonesia masih menjadi negara yang mengekspor bahan mentah logam tambang untuk produksi baja ke luar negeri.

NASIONAL
WASI Pecahkan Rekor Dunia, Kibarkan Merah Putih di Dasar Laut

WASI Pecahkan Rekor Dunia, Kibarkan Merah Putih di Dasar Laut

Minggu, 18 Agustus 2019 | 11:24

TANGERANGNEWS.com-Wanita Selam Indonesia (WASI) memecahkan rekor dunia dengan pengibaran bendera Merah Putih seluas 1.014 meter persegi di dasar Teluk Manado, Sulawesi Utara (Sulut), tepatnya di kawasan Megamas.

TOKOH
Jadi Rektor UMT, Ini Profil Amarullah

Jadi Rektor UMT, Ini Profil Amarullah

Selasa, 9 Juli 2019 | 17:12

TANGERANGNEWS.com-Ahmad Amarullah resmi ditetapkan sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) masa jabatan 2017–2021 atau melanjutkan jabatan almarhum Achmad Badawi yang meninggal dunia 4 Juni 2019 lalu.

TANGSEL
Mahasiswa Papua mendesak Presiden Minta Maaf ke Warga Papua Secara Langsung

Mahasiswa Papua mendesak Presiden Minta Maaf ke Warga Papua Secara Langsung

Selasa, 20 Agustus 2019 | 19:06

TANGERANGNEWS.com-Mahasiswa Papua di Tangerang Selatan (Tangsel) mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta maaf secara langsung kepada warga Papua.

"Kita mungkin akan kecewa jika gagal, tapi kita telah gagal bila kita tidak mencoba."

Eleanor Roosevelt