Connect With Us

Ragam Aktivitas Umat Muslim di Kota Tangerang Ketika Berpuasa

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 13 Mei 2019 | 17:36

| Dibaca : 254

Seorang muslim ketika beribadah memanjatkan doa kepada yang maha kuasa. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

 

TANGERANGNEWS.com-Aktivitas umat muslim di Kota Tangerang sangat beragam pada momentum bulan suci Ramadan 1440 H.

Masyarakat yang berpuasa tentu mengawali aktivitasnya dengan sahur. Setelah sahur, masyarakat pun melaksanakan salat Subuh.

Biasanya, masyarakat menjalani salat Subuh di musala maupun masjid terdekat dari tempat tinggalnya.

Suasana para pengunjung yang mendatangi destinasi wisata Jembatan Berendeng yang berada di Jalan Benteng Jaya, Kota Tangerang, Rabu (7/2/2018) Sore.

Kemudian, umat muslim ada yang melanjutkan istirahat, ada pula yang langsung melaksanakan kewajibannya yaitu bekerja.

Hingga menjelang Maghrib tiba, masyarakat pun sering melakukan aktivitas ngabuburit. Beberapa tempat seperti di taman-taman tematik, pinggir Sungai Cisadane, hingga Alun-alun Ahmad Yani Tangerang menjadi tujuan favorit ngabuburit.

Mereka yang sering ngabuburit itu juga sambil mencari takjil untuk berbuka puasa. Pasar Lama pun menjadi salah satu tujuan masyarakat berburu takjil.

Masyarakat juga biasanya menyantap minuman seperti aneka kolak, es buah, es timun suri, dan putu mayang sebagai menu awal berbuka puasa.

Jembatan Berendeng.

Selain itu, makanan favorit yang dijadikan sebagai menu berbuka puasa di Kota Tangerang antara lain gorengan, ayam bekakak, apem putih, cuwer, gemblong, gipang, jojorong, keceprek melinjo, lemeng, nasi sumsum, otak-otak, rabeg, sate bandeng, sate bebek, semur, taoge. Menu tersebut juga kerap hadir saat bersantap sahur.

Sedangkan untuk ibadah salat Maghrib, Isya dan tarawih, masyarakat biasa melakukannya dapat di masjid favorit seperti Masjid Al-Azhom, Masjid Al-Mawa, dan Masjid Al-Mukhlisin.

Masjid-masjid di Kota Tangerang itu bisa ditemukan di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Alun-Alun Kota Tangerang, Jalan Raden Saleh Karang Tengah Tangerang, Perum Perseda Raya, dan Jalan Bengkalis.(RMI/HRU)

KOTA TANGERANG
Pria di Kota Tangerang Ditemukan Anaknya Dalam Kondisi Membusuk

Pria di Kota Tangerang Ditemukan Anaknya Dalam Kondisi Membusuk

Minggu, 26 Mei 2019 | 22:19

TANGERANGNEWS.com-Pilu dialami Nanda Agustuna, 24. Ia menemukan ayahnya dalam kondisi membusuk di sebuah kamar kontrakan, Jalan Karet, Cibodas, Kota Tangerang, Minggu (26/5/2019).

BANDARA
Menhub Optimis Pergerakan Pesawat & Penumpang Lebaran Tetap Naik

Menhub Optimis Pergerakan Pesawat & Penumpang Lebaran Tetap Naik

Minggu, 26 Mei 2019 | 14:00

TANGERANGNEWS.com-Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan inspeksi kesiapan sarana dan prasarana transportasi jelang Angkutan Lebaran 2019 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Minggu (26/5/2019).

OPINI
Isyarat Prabowo-Sandi Menang

Isyarat Prabowo-Sandi Menang

Kamis, 11 April 2019 | 12:00

TANGERANG-Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Sandiaga

TOKOH
Yusuf Mansur Ceritakan Al-Qur'an Selamatkan Hidupnya di Penjara

Yusuf Mansur Ceritakan Al-Qur'an Selamatkan Hidupnya di Penjara

Kamis, 23 Mei 2019 | 10:26

TANGERANGNEWS.com-Peringatan turunnya kitab suci Al-Qur'an atau dikenal dengan istilah Nuzulul Qur'an, menjadi pengalaman tersendiri bagi ustadz

"Jurnalisme, karena menyangkut pengumpulan informasi, sedikit berbeda dari pekerjaan intelijen. Dalam penilaian saya, pekerjaan seorang jurnalis sangat menarik."

Vladimir Putin (Presiden Rusia)