Connect With Us

Tangerang Kota Metropolitan Terbersih di Indonesia

| Selasa, 8 Juni 2010 | 16:14

Wali Kota Tangerang Wahidin Halim saat mendapat Piala Adipura yang diberikan langsung oleh Presiden SBY. (tangerangnews / dira)

 
TANGERANGNEWS-Kota Tangerang meraih penghargaan tertinggi bidang lingkungan hidup, yakni Adipura periode 2009/2010 oleh Kementrian Lingkungan Hidup sebagai kota Metropolitan terbersih di Indonesia. Hari ini, Wali Kota Tangerang Wahidin Halim menerima penghargaan itu dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, sekitar pukul 09.30 WIB di Istana Presiden.
 
Kota Tangerang menyisihkan, sembilan kota dari 14 kategori kota metropolitan yang tersebar di seluruh Indonesia. Artinya, kota Tangerang menempati peringkat kelima sebagai kota terbersih.
 
Siang ini, pejabat di kota tersebut merayakan penganugerahan dengan melakukan pawai bersama dengan organisasi masyarakat mengelilingi kota itu.  
 
Wahidin mengatakan, dirinya sedari awal memang optimis bisa mengejar piala Adipura. Sebab, kata Wali Kota, tonggak agar bisa menjadikan masyarakat sadar akan kesehatan adalah Adipura. “Adipura bisa menjadi target budaya bersih di kota ini,” kata Wahidin saat melepas rombongan pawai di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang.
 
Dijelaskan Wahidin, Kota Tangerang adalah kota yang terus berkembang. Namun, jika hanya berkembang saja menurut Wahidin, akan tidak baik. Saat ini, Kota Tangerang, tidak hanya dikenal sebagai kota yang berkembang, tetapi juga kota yang sehat dan berkembang.”Kami melakukannya dengan kerjakeras. APBD untuk Kebersihan tidak besar, sekitar Rp21 miliar. Namun, kami meremajakan sekitar 30 truk sampah,” ujar Wahidin.  
 
Penanggung jawab pawai Piala Adipura Kota Tangerang, sekaligus Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Gatot Supriyanto menjelaskan, kegiatan ini bukan sebagai bentuk pamer (riya) atas diraihnya Piala Adipura tahun ini. “Namun ini kita lakukan sebagai bentuk mensosialisasikan peghargaan bidang lingkungan hidup ini kepada seluruh masyarakat yang telah bahu membahu bekerja keras mencipatakan kebersihan kota,” jelasnya.
 
Sekedar informasi, Piala Adipura juga pernah diraih Kota Tangerang pada 1994/1995. Bahkan pada 2006/2007 Kota Tangerang pernah masuk katagori Kota Terkotor dari Kementerian Lingkungan Hidup. Predikat ini, menjadi motivasi semua pihak di jajaran Pemkot Tangerang untuk melepaskan diri dari julukan kota yang sangat memprihatinkan tersebut. Pada 2008/2009, Kota Tangerang memperbaiki prestasinya dengan meraih penghargaan Piagam Adipura. Dan, akhirnya pada 2009/2010 kota ini mampu meraih penghargaan Piala Adipura kembali. (adv)
TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill