Connect With Us

Festival Cisadane Ke-13 Digelar Sepekan

| Rabu, 16 Juni 2010 | 17:54

Festival Cisadane, tampak warga sedang merayakannya. (tangerangnews / rangga)

TANGERANGNEWS-Penduduk pinggiran Kali Cisadane, Benteng Makassar, Kota Tangerang, selama sepekan mulai Rabu (16/6) hari ini, hingga Selasa (22/6) menggelar Festival Cisadane ke-13.
 
Festifal yang dibuka mulai pukul 10.00 WIB ini dihadiri perwakilan dari Deputi Menteri Lingkungan Hidup Hendri Bastaman dan Ketua Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin) Kota Tangerang Buana Jaya, serta Wali Kota Tangerang  Wahidin Halim dan Wakil Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah.
 
Pada acara pertama, dilakukan upacara Peh Cun. Selanjutnya pembukaan Festival dilakukan secara simolis dengan pelepasan bebek puluhan ekor bebek ke kali Cisadane, tradisi yang biasanya dilakukan oleh orang Tionghoa yang telah terkabul impiannya.
Festival juga dimeriahkan dengan pemecahan rekor muri meletakkan 650 butir telur dengan posisi berdiri dan makan 1200 kue bacang yang diikuti oleh lebih dari 2000 orang peserta.
 
Pada kesempatan tersebut Wahidin mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang sebagai penyelenggara Festival bertujuan untuk memberdayakan, melestarikan, dan mempertahankan tradisi Tionghoa. Pemkot juga mengajak masyarakat Tionghoa untuk berperan aktif dalam upaya mererevitalisasi pusat niaga dan kebudayaan Tionghoa di Kota Tangerang.
 
“Seperti kita ketahui, budaya Toinghoa sudah ada sejak lama di Kota Tangerang dan telah menjadi icon wisata. Kami berharap tradisi ini dipastikan akan terus berlanjut, untuk itu kita ajak masyarakat Tionghoa Tangerang untuk berperan aktif dalam proses revitalisasi kawasan pusat budaya dan sejarah etnis Tionghoa di sini,” ungkap Wahidin ketika membuka perayaan festival.
 
Dijelaskannya, festival cisadane ini merupakan perayaan rutin tiap tahun dan telah berlangsung sejak tahun 1993. Festival budaya ini selalu diadakan di tepian Kali Cisadane, di jalan Benteng Jaya karena terkait dengan sejarah masuknya warga Thionghoa ke Tangerang.
 
Sementara itu, Ketua Matakin Kota Tangerang Buana Jaya juga menyambut baik perayaan ini. Menurutnya upaya pelestarian budaya dengan penyelenggaraan festival ini dinilai sangat bagus untuk menarik minat masyarakat. “Saya sangat respek dan menghargai upaya pelestarian budaya ini. Saya berharap perayaan ini terus berlangsung agar masyarakat bisa mengelan budaya Tionghoa,” paparnya.
 
Sedangkan Kepala Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Dispodbudpar) Kota Tangerang H Tabrani mengatakan, kegiatan lain dalam acara ini adalah Perlombaan Perahu Naga, Perahu Kole-Kole, dan Perahu tradisional, yang diikuti para pedayung se-Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya. "Penyelenggaraan festival ini dilakukan pemkot bekerja sama dengan sejumlah tokoh Tionghoa dari Boen Tek Bio," paparnya.(rangga)

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

AYO! TANGERANG CERDAS
Universitas Atma Jaya BSD Serpong Ditetapkan Jadi Pusat Keunggulan Pendidikan

Universitas Atma Jaya BSD Serpong Ditetapkan Jadi Pusat Keunggulan Pendidikan

Kamis, 25 April 2024 | 07:43

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya kampus BSD Serpong ditetapkan jadi pusat keunggulan pendidikan atau Education Excellence.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill