Connect With Us

Sapi Kurban di Masjid Al-Azhom Tidak Cukup Umur & Terinfeksi Cacing

Achmad Irfan Fauzi | Minggu, 11 Agustus 2019 | 17:51

| Dibaca : 1526

Tampak para panitia kurban Masjid Raya Al-Azhom dan warga sedang memotong daging hewan kurban. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com—Tim pemeriksa hewan kurban dari Institut Pertanian Bogor (IPB) merilis hasil pemeriksaannya di Masjid Raya Al-Azhom, Kota Tangerang.

"Kami telah melakukan pemeriksaan  selama dua hari, yaitu saat sebelum pemotongan dan hari H pemotongan," ujar Reza Pratama, mahasiswa IPB saat ditemui di Masjid Raya Al-Azhom, Minggu (11/8/2019).

Reza menjelaskan hewan kurban di Masjid Raya Al-Azhom berjumlah 42 ekor sapi dan 9 ekor kambing. Sebelum disembelih, fisik hewan-hewan kurban itu diperiksa. Pemeriksaan fisik yang dilakukan pun seperti pengecekan tanduk dan usianya.

"Dari hasil pemeriksaan didapatkan sebanyak 4 sapi yang umurnya belum cukup untuk dikurbankan, 2 kambing yang juga belum cukup umur dan domba semuanya cukup umur," katanya.

Setelah disembelih, hewan-hewan kurban itu kembali diperiksa. Pemeriksaan dilakukan pada organ-organ hewan kurban yang meliputi kondisi hati, limpa, jantung, ginjal dan paru-paru.

"Dari hasil pemeriksaan, kami dapatkan 7 organ hati kondisinya mengalami infeksi cacing, dan seekor sapi terindikasi hipoprotein," ucapnya.

Reza menambahkan pihaknya telah merekomendasikan temuannya tersebut kepada pihak panitia penyelenggara kurban Masjid Raya Al-Alzhom.

Ketua Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Tangerang Ahmad Rofiqi mengatakan hewan kurban yang belum cukup umur sudah diganti.

"Sudah-sudah diganti dengan yang cukup umur," katanya.

Sementara terkait organ hati pada hewan kurban yang mengalami infeksi cacing tidak didistribusikan atau dibuang. "Nah untuk hati infeksi cacing tidak dipakai, ya," pungkas panitia penyelenggara kurban Masjid Raya Al-Azhom ini.(RAZ/RGI)

TEKNO
Haerul "Si Perakit Pesawat Bekas" Uji Terbang di Pondok Cabe

Haerul "Si Perakit Pesawat Bekas" Uji Terbang di Pondok Cabe

Rabu, 22 Januari 2020 | 11:02

TANGERANGNEWS.com-TNI Angkatan Udara memberikan penghargaan kepada Haerul, 33, perakit pesawat dengan bahan bekas yang sempat viral

KAB. TANGERANG
Polisi Bekuk Rampok Sopir Truk di Tol Tangerang

Polisi Bekuk Rampok Sopir Truk di Tol Tangerang

Rabu, 22 Januari 2020 | 16:37

TANGERANGNEWS.com-Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Tangerang berhasil menangkap dua tersangka perampokan sopir truk di Jalan Tol

BANDARA
Bea Cukai Bandara Soetta Musnahkan Ratusan Cerutu & MMEA Ilegal

Bea Cukai Bandara Soetta Musnahkan Ratusan Cerutu & MMEA Ilegal

Selasa, 7 Januari 2020 | 21:27

TANGERANGNEWS.com-Petugas Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe C Soekarno-Hatta memusnahkan 520 batang cerutu dan 294 botol

TANGSEL
Ratusan Peserta Meriahkan Alseace 2020 di SMA Al Azhar BSD

Ratusan Peserta Meriahkan Alseace 2020 di SMA Al Azhar BSD

Rabu, 22 Januari 2020 | 19:16

TANGERANGNEWS.com-Sebanyak 107 sekolah tingkat menegah atas (SMA) se-Jabodetabek ikut serta meramaikan acara Al Azhar Sport Education, Art,

"Jangan hanya membicarakan rencana anda kepada orang lain. Tunjukkan pada mereka keberhasilan Anda. "

Mahesh Jerri