Connect With Us

Kampung Talas di Kota Tangerang Jadi Tempat Edukasi Lalu Lintas

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 14 Agustus 2019 | 19:57

| Dibaca : 687

Keterangan: Kasat Lantas Polres Metro Tangerang Kota AKBP Juang Andi meresmikan perpustakaan umum di Kampung Talas, Pasar Baru, Kota Tangerang. (TangerangNews/2019 / Achmad Irfan Fauzi)

 

TANGERANGNEWS.com—Kampung-kampung tematik edukatif terus bermunculan di Kota Tangerang. Salah satunya Kampung pemukiman tertib berlalu lintas (Talas).

Kampung Talas terletak di RW 04, Asrama Polri, Pasar Baru, Kota Tangerang. Kampung ini dahulunya terbilang kumuh. Namun, atas kesadaran warga—sebagian besar penduduknya personel Polri—disulap menjadi lingkungan bersih dan sehat.

"Kemudian dikembangkan menjadi destinasi Kampung wisata edukasi berupa tertib aturan lalu lintas, yang diberikan oleh Pihak

Peresmian kampung tematik di Kampung Talas RW 04, Asrama Polri, Pasar Baru, Kota Tangerang.

Kepolisian diperuntukan kepada masyarakat," ujar Ketua Rukun Warga (RW) Kampung Talas AKP Subari kepada TangerangNews, Rabu (14/8/2019).

Sebelum dicanangkan menjadi Kampung Talas, kampung yang terdiri dari empat Rukun Tetangga (RT) itu dicanangkan sebagai kampung pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Peresmian kampung tematik di Kampung Talas RW 04, Asrama Polri, Pasar Baru, Kota Tangerang.

Baca Juga :

Dalam lomba PHBS, kampung ini telah mengikuti lomba tingkat kelurahan, kecamatan dan naik ke tingkat Kota Tangerang.

"Bahkan di lomba PHBS tingkat kota ini kampung Talas meraih Juara I," kata Subari.

Kampung Talas kemudian didukung Satlantas Polres Metro Tangerang Kota. Berdasarkan pantauan TangerangNews, kampung ini telah difasilitasi APIL (alat peraga Lalu lintas), taman bermain, marka jalan, rambu-rambu lalu lintas, trafic light.

Di dalam Kampung Talas juga terdapat pohon-pohon talas yang tertanam subur di pekarangan rumah-rumah warga. Terdapat pula hiasan mural tata tertib lalu lintas, vertical garden, inovasi seni bercocok tanam, sudut-sudut kampung yang hijau dan bersih.

Fasilitas-fasilitas edukasi itu, juga cocok untuk pengunjung berswafoto foto. "Kampung ini terbentuk karena dorongan Satlantas," ucap Subari.

Kasat Lantas Polres Metro Tangerang Kota AKBP Juang Andi mengatakan, pihaknya akan selalu mendukung keberadaan Kampung Talas untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar tertib berlalu lintas.

"Kami akan terus benahi dan menambah fasilitas-fasilitas di kampung ini," katanya.

Terbaru, kampung ini dilengkapi fasilitas perpustakaan. Kehadiran perpustakaan, menurut Juang, dapat memberikan daya tarik bagi pengunjung.

"Nanti mungkin ada pedagang helm dan jas hujan untuk keselamatan. Dan nanti mulai dikunjungi oleh anak-anak TK, PAUD atau SD, maupun masyarakat yang akan diberikan edukasi," tuturnya.

Juang menambahkan, kehadiran Kampung Talas menjadi ikon bahwa di Kota Tangerang yang warganya sangat tertib berlalu lintas.

"Suatu kota kalau ternyata pelanggaran lalu lintasnya tidak banyak dan itu tertib adalah kota yang berpendidikan tinggi," pungkasnya.(RMI/HRU)

WISATA
Objek Wisata Paling Recomended di Jakarta

Objek Wisata Paling Recomended di Jakarta

Kamis, 28 Maret 2019 | 08:13

TANGERANGNEWS.com-Anda sedang mencari objek wisata terbaik di Jakarta? Meskipun menjadi kota metropolitan dengan tingkat mobilitas yang sangat

TEKNO
Gunakan Jasa One Smart Services, Kemacetan di BSD City Bakal Terurai 

Gunakan Jasa One Smart Services, Kemacetan di BSD City Bakal Terurai 

Kamis, 17 Oktober 2019 | 07:00

TANGERANGNEWS.com-Sinar Mas Land menjanjikan kemacetan yang terjadi di wilayah BSD City bakal terurai. Sebab kini Sinarmas Land telah menggunakan jasa OneSmartServices guna mewujudkan

OPINI
Antara Film SIN & Propaganda Sesat Kaum Liberal

Antara Film SIN & Propaganda Sesat Kaum Liberal

Senin, 14 Oktober 2019 | 15:50

TANGERANGNEWS.com-Satu lagi film drama-romantis buatan Indonesia akan menggebrak layar bioskop Tanah Air yaitu SIN. Tema film ini agak kontroversial karena bercerita tetang kakak beradik yang saling jatuh cinta.

BISNIS
Berkah Pelantikan Presiden, DKapster Gratiskan Layanan Cukur Rambut

Berkah Pelantikan Presiden, DKapster Gratiskan Layanan Cukur Rambut

Senin, 21 Oktober 2019 | 12:19

TANGERANGNEWS.com—Momen pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberi berkah bagi para pria yang ingin gaya rambutnya modis tanpa dikenakan biaya.

"Cobaan, kekalahan dan kegagalan tidak akan menjadi sesuatu yang buruk, tergantung bagaimana kita menyikapinya."

Donny Dhirgantoro