Connect With Us

Diskusi Bijak Menggunakan Sosmed Akhiri Pameran Fotografi di TMP Taruna

Achmad Irfan Fauzi | Minggu, 18 Agustus 2019 | 17:53

Diskusi publik bertema "Bijak menggunakan Sosmed" di Museum Juang Taman Makam Pahlawan (TMP) Taruna, Kota Tangerang, Minggu (18/8/2019). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com—Rangkaian acara diskusi publik bertema "Bijak menggunakan Sosmed" mengakhiri Pameran Fotografi Bingkai Persatuan di Museum Juang Taman Makam Pahlawan (TMP) Taruna, Kota Tangerang, Minggu (18/8/2019).

Dalam diskusi, Komunitas Taman Potret (Kotret) menghadirkan Ketua STISIP Yuppentek Bambang Kurniawan, Kabid Diseminasi Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang Mualim sebagai pembicara.

Di hadapan puluhan peserta diskusi—kalangan mahasiswa—, Bambang mengatakan, sebelum mengunggah status atau foto dalam akun sosial media, harus dalam keadaan tidak emosi agar bijak berdunia maya sehingga tidak menjadi bumerang.

BACA JUGA:

"Saya sepakat bijak dalam bersosmed. Karenanya, sebelum di-update harus diteliti lagi dengan cermat," ujarnya.

Mualim mengatakan bijak dalam menggunakan sosial media yakni harus selektif ketika menggunggah konten. Dia juga mengajak masyarakat untuk berperan dalam mengawasi konten-konten negatif di media sosial.

Mualim mengatakan, bila menemukan konten-konten negatif mengandung sara, segera laporkan ke Kominfo. Mualim juga berpesan, masyarakat lebih baik mengunggah status yang bersifat informatif dan inovatif.

"Kalau dalam media massa, ada jajaran redaksional. Kalau media sosial, pengguna akunnya harus menjadi redaktur," katanya.

Ketua Kotret Adrianto menambahkan, bijak menggunakan sosial media dari kacamata fotografi adalah tidak mengunggah dan menyebarluaskan foto yang mengandung unsur kekerasan dan SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) karena dampaknya sangat merugikan.

"Mulai dari sekarang, jangan update foto peristiwa yang mengandung kekerasan, kecelakaan, korban-korban, karena efeknya buruk," tuturnya.

Seiring berakhirnya diskusi, ditutup pula pameran fotografi Bingkai Persatuan yang digelar Komunitas Taman Potret (Kotret) dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia di Museum Juang Taruna selama 10-18 Agustus 2019.

Mualim yang menutup pameran itu mengapresiasi 43 foto termasuk 5 arsip foto Palang Merah Indonesia (PMI) yang ditampilkan karena dapat mengedukasi masyarakat.

"Pameran fotografi resmi saya tutup. Semoga kegiatan-kegiatan pameran dan diskusi ini tak hanya digelar setiap tahun, tetapi setiap bulan untuk memberikan edukasi," pungkasnya.(RAZ/RGI)

TEKNO
Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Kamis, 28 Maret 2024 | 01:09

Telkomsel memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 15,22% dibandingkan hari biasa selama momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024.

BANTEN
Pemprov Banten dan Pemkab Tangerang Salurkan Santunan kepada 1.000 Anak Yatim di Park Serpong

Pemprov Banten dan Pemkab Tangerang Salurkan Santunan kepada 1.000 Anak Yatim di Park Serpong

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:22

Sebanyak 1.000 anak yatim yang berada di Kabupaten Tangerang mendapat santunan dari Pemerintah dan DPRD Provinsi Banten, serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang.

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill