Connect With Us

Kontingen PMI Kota Tangerang Ikut Jumbara PMR Tingkat Provinsi Banten

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 16 September 2019 | 22:28

| Dibaca : 147

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah melepas kontingen PMI Kota Tangerang yang akan mengikuti Jumbara (jumpa, bakti, gembira) PMR III tingkat Provinsi Banten, di Puspitek, Serpong, Kota Tangerang Selatan. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com—Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah melepas kontingen PMI Kota Tangerang untuk mengikuti Jumbara  (jumpa, bakti, gembira) PMR III tingkat Provinsi Banten yang akan dilaksanakan di Puspitek, Serpong, Kota Tangerang Selatan.

Pelepasan kontingen PMI Kota Tangerang yang berjumlah 66 orang  terdiri dari PMR Mula (tingkat SD), Madya (tingkat SMP) dan Wira (tingkat SMA/SMK) dilaksanakan di Gedung Al-Amanah, Pusat Pemerintahan Kota Tangerang yang ditandai dengan pemakaian jaket kontingen kepada peserta jumbara, Senin, (16/9/2019).

Dalam sambutannya, Wali Kota yang didampingi Plt Sekda Kota Tangerang Tatang Sutisna dan Pejabat Asda III Kiki Wibawa, serta beberapa pimpinan organisasi perangkat daerah menyampaikan bahwa generasi muda merupakan kader-kader pemimpin masa depan bangsa.

Arief juga menyebut, dalam rangka menyiapkan generasi muda menjadi pemimpin maka diperlukan pembinaan yang memadai, terarah dan berkesinambungan.

Pembinaan dapat dilakukan melalui berbagai lembaga/organisasi diantaranya yang dilakukan Palang Merah Indonesia Kota Tangerang melalui pembentukan dan pembinaan PMR dan KSR.

“PMR difasilitasi peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap sehingga dapat menjadi remaja yang berkarakter kepalangmerahan yaitu mengetahui, memahami dan berperilaku sesuai dengan prinsip-prinsip dasar gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah," ujarnya.

Salah satu langkah dalam pembinaan PMR adalah melalui Jumbara, sebagai sarana pelatihan, penerapan “Tri Bakti PMR” dan pengembangan kapasitas Jumbara dengan pendekatan keterampilan hidup, ajang pertemuan anggota PMR untuk mengevaluasi, saling berbagi, menerapkan dan meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap secara seimbang dalam suasana gembira, bersahabat dan partisipatif.

Jumbara PMR tingkat Provinsi yang dilakukan 4 tahun sekali ini, memberikan dampak luar biasa untuk seluruh relawan yang berperan aktif baik dari tingkat PMR, KSR/TSR hingga ke PMI secara umumnya.

“Dengan adanya Jumbara ini, kita dapat mengukur kapasitas PMI dari unsur PMR, KSR/TSR hingga ke Markas. Jumbara yang dikemas dengan berbagai kegiatan dan metode, baik di dalam maupun luar ruangan ini, tidak hanya bermanfaat bagi anggota PMR, namun juga melibatkan peran aktif para fasilitator PMR, Pembina PMR, Staff, Pengurus dan Panitia, khususnya dalam proses pembinaan dan pengembangan PMI yang berkelanjutan," imbuhnya.

Seperti diketahui, Tahun 2017, PMI Kota Tangerang pernah meraih prestasi yakni mendapat Peringkat Pertama dalam kegiatan Temu Karya Sukarelawan (TKS) PMI Provinsi Banten tahun 2017.

Arief mengharapkan bahwa capaian prestasi yang telah diraih harus menjadi motivasi untuk meraih kembali prestasi tertinggi di tingkat Provinsi, yakni berusaha untuk memberikan karya terbaik untuk masyarakat dan Kota Tangerang.

“Saya berharap Kontingen PMI Kota Tangerang mampu mengemban dan membawa nama baik Kota Tangerang dalam kegiatan ini, juga mengucapkan terima kasih kepada PMI Kota Tangerang yang terus bersama Pemerintah Kota Tangerang bersinergi, memberikan pelayanan kemanusiaan dan membina generasi muda Kota Tangerang,” pungkasnya.(MRI/RGI)

OPINI
Antara Film SIN & Propaganda Sesat Kaum Liberal

Antara Film SIN & Propaganda Sesat Kaum Liberal

Senin, 14 Oktober 2019 | 15:50

TANGERANGNEWS.com-Satu lagi film drama-romantis buatan Indonesia akan menggebrak layar bioskop Tanah Air yaitu SIN. Tema film ini agak kontroversial karena bercerita tetang kakak beradik yang saling jatuh cinta.

TEKNO
Gunakan Jasa One Smart Services, Kemacetan di BSD City Bakal Terurai 

Gunakan Jasa One Smart Services, Kemacetan di BSD City Bakal Terurai 

Kamis, 17 Oktober 2019 | 07:00

TANGERANGNEWS.com-Sinar Mas Land menjanjikan kemacetan yang terjadi di wilayah BSD City bakal terurai. Sebab kini Sinarmas Land telah menggunakan jasa OneSmartServices guna mewujudkan

BANTEN
Mayat Membusuk Mengapung di Pulau Tunda

Mayat Membusuk Mengapung di Pulau Tunda

Kamis, 17 Oktober 2019 | 15:49

TANGERANGNEWS.com-Mayat tanpa identitas ditemukan mengapung di Laut Pulau Tunda, Kabupaten Serang, Banten. Tim SAR yang terdiri dari Polisi Air dan Udara Polda Banten dan Basarnas sedang mengevakuasi mayat tersebut.

"Cobaan, kekalahan dan kegagalan tidak akan menjadi sesuatu yang buruk, tergantung bagaimana kita menyikapinya."

Donny Dhirgantoro