Connect With Us

Kontingen PMI Kota Tangerang Ikut Jumbara PMR Tingkat Provinsi Banten

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 16 September 2019 | 22:28

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah melepas kontingen PMI Kota Tangerang yang akan mengikuti Jumbara (jumpa, bakti, gembira) PMR III tingkat Provinsi Banten, di Puspitek, Serpong, Kota Tangerang Selatan. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com—Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah melepas kontingen PMI Kota Tangerang untuk mengikuti Jumbara  (jumpa, bakti, gembira) PMR III tingkat Provinsi Banten yang akan dilaksanakan di Puspitek, Serpong, Kota Tangerang Selatan.

Pelepasan kontingen PMI Kota Tangerang yang berjumlah 66 orang  terdiri dari PMR Mula (tingkat SD), Madya (tingkat SMP) dan Wira (tingkat SMA/SMK) dilaksanakan di Gedung Al-Amanah, Pusat Pemerintahan Kota Tangerang yang ditandai dengan pemakaian jaket kontingen kepada peserta jumbara, Senin, (16/9/2019).

Dalam sambutannya, Wali Kota yang didampingi Plt Sekda Kota Tangerang Tatang Sutisna dan Pejabat Asda III Kiki Wibawa, serta beberapa pimpinan organisasi perangkat daerah menyampaikan bahwa generasi muda merupakan kader-kader pemimpin masa depan bangsa.

Arief juga menyebut, dalam rangka menyiapkan generasi muda menjadi pemimpin maka diperlukan pembinaan yang memadai, terarah dan berkesinambungan.

Pembinaan dapat dilakukan melalui berbagai lembaga/organisasi diantaranya yang dilakukan Palang Merah Indonesia Kota Tangerang melalui pembentukan dan pembinaan PMR dan KSR.

“PMR difasilitasi peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap sehingga dapat menjadi remaja yang berkarakter kepalangmerahan yaitu mengetahui, memahami dan berperilaku sesuai dengan prinsip-prinsip dasar gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah," ujarnya.

Salah satu langkah dalam pembinaan PMR adalah melalui Jumbara, sebagai sarana pelatihan, penerapan “Tri Bakti PMR” dan pengembangan kapasitas Jumbara dengan pendekatan keterampilan hidup, ajang pertemuan anggota PMR untuk mengevaluasi, saling berbagi, menerapkan dan meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap secara seimbang dalam suasana gembira, bersahabat dan partisipatif.

Jumbara PMR tingkat Provinsi yang dilakukan 4 tahun sekali ini, memberikan dampak luar biasa untuk seluruh relawan yang berperan aktif baik dari tingkat PMR, KSR/TSR hingga ke PMI secara umumnya.

“Dengan adanya Jumbara ini, kita dapat mengukur kapasitas PMI dari unsur PMR, KSR/TSR hingga ke Markas. Jumbara yang dikemas dengan berbagai kegiatan dan metode, baik di dalam maupun luar ruangan ini, tidak hanya bermanfaat bagi anggota PMR, namun juga melibatkan peran aktif para fasilitator PMR, Pembina PMR, Staff, Pengurus dan Panitia, khususnya dalam proses pembinaan dan pengembangan PMI yang berkelanjutan," imbuhnya.

Seperti diketahui, Tahun 2017, PMI Kota Tangerang pernah meraih prestasi yakni mendapat Peringkat Pertama dalam kegiatan Temu Karya Sukarelawan (TKS) PMI Provinsi Banten tahun 2017.

Arief mengharapkan bahwa capaian prestasi yang telah diraih harus menjadi motivasi untuk meraih kembali prestasi tertinggi di tingkat Provinsi, yakni berusaha untuk memberikan karya terbaik untuk masyarakat dan Kota Tangerang.

“Saya berharap Kontingen PMI Kota Tangerang mampu mengemban dan membawa nama baik Kota Tangerang dalam kegiatan ini, juga mengucapkan terima kasih kepada PMI Kota Tangerang yang terus bersama Pemerintah Kota Tangerang bersinergi, memberikan pelayanan kemanusiaan dan membina generasi muda Kota Tangerang,” pungkasnya.(MRI/RGI)

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

BISNIS
Cara Membangun Personal Branding di TikTok Menurut Pakar 

Cara Membangun Personal Branding di TikTok Menurut Pakar 

Sabtu, 20 April 2024 | 22:07

Personal branding saat ini merupakan elemen krusial dalam strategi pemasaran, terutama di era media digital.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill