Connect With Us

Wakil Rakyat Ingin Pemkot Tangerang Bangun 2 RSUD

Achmad Irfan Fauzi | Jumat, 11 Oktober 2019 | 22:08

| Dibaca : 2669

Ketua Komisi II DPRD Kota Tangerang Saeroji. (TangerangNews/2019 / Achmad Irfan Fauzi)

 

TANGERANGNEWS.com—DPRD Kota Tangerang mendorong pemerintah setempat untuk membangun dua rumah sakit umum daerah (RSUD) demi meningkatkan pelayanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Ketua Komisi II DPRD Kota Tangerang Saeroji mengatakan, pihaknya mengusulkan kepada pemerintah setempat untuk menganggarkan pembangunan dua RSUD di wilayah barat dan timur Kota Tangerang.

Menurutnya, usulan itu karena kapasitas RSUD Kota Tangerang saat ini sudah tidak dapat menampung warga yang harus mendapatkan pelayanan.

Terkait lokasi juga, kata dia, RSUD yang saat ini terletak di Kecamatan Tangerang membuat warga yang berdomisili di wilayah barat maupun timur Kota Tangerang mengalami kesulitan akses pelayanan kesehatan dari pemerintah.

"Pelayanan kesehatan sangat fundamental. Maka, fasilitas RSUD harus dihadirkan, ditambah," ujarnya kepada TangerangNews di kantor DPRD Kota Tangerang, Jumat (11/10/2019).

Politisi PKS ini menuturkan, jika Pemkot Tangerang tak mampu membangun dua RSUD baru karena terkendala anggaran, maka alternatifnya adalah meningkatkan fasilitas Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di wilayah barat dan timur ini menjadi rumah sakit tipe D.

Saeroji menambahkan, Puskesmas yang dianggap ia dan koleganya di Fraksi PKS ini cocok menjadi rumah sakit tipe D, yakni Puskesmas Cibodasari dan Puskesmas Pondok Bahar. 

"Untuk di Cibodasari karena dari segi wilayah infrastruktur sangat memungkinkan. Dan di Pondok Bahar karena memang daerah rawan banjir. Ini semua demi memberikan pelayanan kesehatan secara paripurna," pungkasnya.

Catatan TangerangNews,, anggaran kesehatan dalam R-APBD tahun 2020 diketahui Pemkot Tangerang menganggarkan fungsi kesehatan sebesar Rp613,83 miliar atau 12,79 persen yang terdiri dari belanja tidak langsung sebesar Rp228,66 miliar dan belanja langsung sebesar Rp385,17 miliar.

Jumlah tersebut telah sesuai dengan amanat pasal 171 ayat 2 Undang-undang nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan sekurang-kurangnya sebesar 10 persen.(RMI/HRU)

MANCANEGARA
Dua Hari Dikubur Hidup-hidup, Bayi Perempuan di India Berhasil Selamat

Dua Hari Dikubur Hidup-hidup, Bayi Perempuan di India Berhasil Selamat

Rabu, 16 Oktober 2019 | 17:36

TANGERANGNEWS.com-Bayi perempuan di India ditemukan masih hidup meski telah dikubur. Bayi malang itu dalam kondisi kritis karena diduga telah dikubur sejak dua hari yang lalu.

TEKNO
Gunakan Jasa One Smart Services, Kemacetan di BSD City Bakal Terurai 

Gunakan Jasa One Smart Services, Kemacetan di BSD City Bakal Terurai 

Kamis, 17 Oktober 2019 | 07:00

TANGERANGNEWS.com-Sinar Mas Land menjanjikan kemacetan yang terjadi di wilayah BSD City bakal terurai. Sebab kini Sinarmas Land telah menggunakan jasa OneSmartServices guna mewujudkan

KOTA TANGERANG
Gelapkan 14 Mobil di Tangerang, Penipu Diciduk Karena Lapor Polisi

Gelapkan 14 Mobil di Tangerang, Penipu Diciduk Karena Lapor Polisi

Selasa, 22 Oktober 2019 | 22:05

TANGERANGNEWS.com—Dua pelaku penggelapan dan penipuan mobil berinisial S dan Y dibekuk polisi. Kasus itu terungkap saat keduanya saling

NASIONAL
Pengalaman Atasi Konflik, M Nazar Masuk Radar Menteri Sosial

Pengalaman Atasi Konflik, M Nazar Masuk Radar Menteri Sosial

Senin, 21 Oktober 2019 | 10:31

TANGERANGNEWS.com-Usai dilantik, Presiden Joko Widodo menginginkan agar kedepan pemerintahannya, termasuk kementerian-kementerian di bawahnya, harus mampu mengatasi persoalan-persoalan klasik yang monoton tanpa solusi dan hasil.

"Cobaan, kekalahan dan kegagalan tidak akan menjadi sesuatu yang buruk, tergantung bagaimana kita menyikapinya."

Donny Dhirgantoro