Connect With Us

MTQ Kota Tangerang Dorong Generasi Milenial Gemar Mengaji

Advertorial | Rabu, 16 Oktober 2019 | 20:02

Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-XX tingkat Kota Tangerang di Kompleks Perumahan Buana Gardenia, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Rabu (16/10/2019). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com—Pagelaran Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-XX tingkat Kota Tangerang resmi dibuka di Kompleks Perumahan Buana Gardenia, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Rabu (16/10/2019).

Pembukaan MTQ yang digelar selama 16-19 Oktober 2019 di Kecamatan Pinang ini dilakukan langsung oleh Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah yang memukul bedug secara simbolis.

Acara pembukaan berlangsung meriah dan sukses. Pembukaan diawali dari pawai ta'aruf. Dalam pawai ta'aruf, para pegawai dari berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) mengitari venue utama MTQ sambil membawa ornamen-ornamen unik.

Selain itu, para kelompok kafilah dari 13 kecamatan se-Kota Tangerang pun berdefile mengelilingi area panggung utama MTQ sambil disaksikan para pejabat di lingkup Pemkota Tangerang.

Arief mengatakan, dengan penyelenggaraan MTQ tahunan ini, pihaknya dapat melakukan pembinaan kepada para peserta untuk memantapkan penampilan dan kegigihannya menjadi kafilah MTQ tingkat provinsi maupun nasional.

"Ini kan yang kita jaga originalitas. Jadi, pesertanya memang benar-benar harus dari warga Kota Tangerang," ujar Arief selepas membuka MTQ tingkat Kota Tangerang.

Menurut Arief, Pemkot Tangerang tak main-main dalam mengembangkan kualitas diri masyarakat yang dapat bertilawah dengan baik dan indah. 

Ia menyebut, dalam hasil rapat kerja Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Tangerang tahun ini, pihaknya ingin pengembangan sampai ke lingkungan masyarakat.

"Maka sekarang dilantiklah unit pengelola LPTQ di tingkat kelurahan yang nanti diharapkan pembinaan itu bukan hanya di pemerintahan saja tapi justru di masyarakat," jelasnya.

Ia menambahkan, pagelaran MTQ ke-XX tingkat Kota Tangerang bisa menjadi motivasi bagi anak-anak milenial di lingkungan Kota Tangerang untuk membaca Al-Quran dan menerapkan nilai-nilai sunah Islam demi terciptanya masyarakat yang berakhlakul karimah.

"Apalagi di zaman milenial sekarang jangan sampai mereka tinggalkan Al-Quran dan sunah," paparnya.

Sementara itu, Ketua Panitia MTQ ke-XX tingkat Kota Tangerang Indri Astusi menuturkan, penyelenggaraan MTQ kali ini diikuti 1.127 orang yang berasal dari 13 kecamatan se-Kota Tangerang.

Para kafilah, kata Indri, mengikuti 13 cabang perlombaan MTQ. "MTQ ini masing-masing kafilah sudah ada pembagiannya. Untuk tahun ini kita memang memilih terbaik pertama, kedua, dan ketiga. Jadi, tidak ada juara harapan," ungkapnya.

Menurut Indri, penyelenggaraan MTQ tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Bedanya, tutur Indri, yaitu diadakan cabang lomba hafalan 100 hadits dan lomba makalah.

Ia menambahkan, venue MTQ terpusat di Kecamatan Pinang yang tersebar di 13 venue seperti masjid, pondok pesantren, dan sekolah. 

"Jadi, nanti divenue itu selain ada lomba, kita juga sediakan warung amal. Nanti si peserta kafilah atau dari masyarakat bisa makan dan minum gratis karena kami sediakan," pungkasnya (ADV).

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

KOTA TANGERANG
Daftar Harga Sembako Pangan Pasca Lebaran 2024 di Kota Tangerang

Daftar Harga Sembako Pangan Pasca Lebaran 2024 di Kota Tangerang

Kamis, 18 April 2024 | 09:41

Sejumlah harga sembako di pasar-pasar tradisional Kota Tangerang mengalami penyesuaian usai Lebaran 2024 atau Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill