Connect With Us

Pembobol Mesin ATM di Tangerang Ditangkap Setelah Setahun Beraksi

Achmad Irfan Fauzi | Jumat, 22 November 2019 | 23:06

| Dibaca : 1195

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Abdul Karim (ditengah) menunjukan barang bukti foto-foto dari Tersangka berinisial AF dan BI, pelaku pengganjal mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di restoran Pondok Arum, Kota Tangerang. (TangerangNews/2019 / Achmad Irfan Fauzi)

 

TANGERANGNEWS.com—Jajaran Polres Metro Tangerang Kota menangkap spesialis pelaku pembobolan mesin anjungan tunai mandiri (ATM). Pelaku ditangkap setelah setahun melancarkan aksinya.

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Abdul Karim mengatakan, kedua pelaku yang ditangkap adalah MS dan RR, warga Tangerang. Mereka beraksi di sebuah minimarket, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang pada September 2018

"Pelaku mengaku beraksi hanya sekali. Kami tangkap beberapa waktu yang lalu," ujarnya dalam jumpa pers di Mapolres Metro Tangerang Kota, Jumat (22/11/2019).

Abdul menyatakan, kedua pelaku masuk ke dalam minimarket layaknya pekerja yang hendak memperbaiki mesin ATM. Pelaku kemudian mencongkel brangkas mesin ATM menggunakan obeng.

"Pelaku seolah-olah masuk ke Alfamart mengaku sebagai petugas yang selalu melakukan perawatan mesin ATM. Sehingga Alfamart tidak curiga dengan pelaku," ungkapnya.

Baca Juga :

"Jadi, pelaku membuka brangkas dengan mengunakan kunci dummy. Di situ ada kaset warna hitam tempat untuk menyimpan uang. Hingga membuat mesin ATM di Alfamart merugi Rp68 juta," imbuhnya.

Menurut Abdul, kedua pelaku merupakan spesialis perawatan mesin ATM. Sebab, pelaku lama bekerja sebagai teknisi mesin ATM pada sebuah perusahaan bank swasta.

"Artinya mereka sudah paham karakter mesin ATM. Sudah berpengalaman. Sangat mudah bila membongkar mesinnya," katanya.

Abdul menuturkan, kedua pelaku mengaku baru sekali melancarkan aksinya. Ia menyebut, polisi berhasil meringkus kedua pelaku setahun kemudian setelah kejadian.

Ia pun mengimbau kepada pihak-pihak minimarket yang terdapat fasilitas mesin ATM untuk lebih waspada pada orang-orang yang mengaku sebagai petugas perbaikan mesin ATM. 

"Ini pembelajaran kepada masyarakat khususnya swalayan agar lebih hati-hati ketika orang yang mengaku sebagai maintenance. Harus lebih dicek lagi," pungkasnya.(RMI/HRU)

KOTA TANGERANG
Ini Raperda yang Sudah Disahkan DPRD Tangerang 

Ini Raperda yang Sudah Disahkan DPRD Tangerang 

Kamis, 3 Desember 2020 | 21:00

TANGERANGNEWS.com—DPRD Kota Tangerang telah membahas 13 dari 21 Raperda yang masuk kedalam Program Legislasi Daerah (Prolegda). Enam Raperda diantaranya telah disahkan menjadi peraturan daerah (Perda)

HIBURAN
VIDEO : Pria Ini Kaget Lihat Tagihan Makan di Restoran Mewah

VIDEO : Pria Ini Kaget Lihat Tagihan Makan di Restoran Mewah

Minggu, 20 September 2020 | 11:50

TANGERANGNEWS.com-Video yang memperlihatkan seorang pia makan di restoran mewah viral di media sosial. Hal itu karena jumlah tagihan harga makanan yang fantastis, bahkan mengejutkan si pria tersebut

OPINI
Masih adakah Sumpah Pemuda? 

Masih adakah Sumpah Pemuda? 

Kamis, 29 Oktober 2020 | 13:49

Ahmad Romadhon Abdillah

"Putuskan Hubungan pada orang palsu untuk alasan yang benar. Bukan memutuskan orang benar dengan alasan Palsu."

Rather Aadil