Connect With Us

Pembobol Mesin ATM di Tangerang Ditangkap Setelah Setahun Beraksi

Achmad Irfan Fauzi | Jumat, 22 November 2019 | 23:06

| Dibaca : 753

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Abdul Karim (ditengah) menunjukan barang bukti foto-foto dari Tersangka berinisial AF dan BI, pelaku pengganjal mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di restoran Pondok Arum, Kota Tangerang. (TangerangNews/2019 / Achmad Irfan Fauzi)

 

TANGERANGNEWS.com—Jajaran Polres Metro Tangerang Kota menangkap spesialis pelaku pembobolan mesin anjungan tunai mandiri (ATM). Pelaku ditangkap setelah setahun melancarkan aksinya.

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Abdul Karim mengatakan, kedua pelaku yang ditangkap adalah MS dan RR, warga Tangerang. Mereka beraksi di sebuah minimarket, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang pada September 2018

"Pelaku mengaku beraksi hanya sekali. Kami tangkap beberapa waktu yang lalu," ujarnya dalam jumpa pers di Mapolres Metro Tangerang Kota, Jumat (22/11/2019).

Abdul menyatakan, kedua pelaku masuk ke dalam minimarket layaknya pekerja yang hendak memperbaiki mesin ATM. Pelaku kemudian mencongkel brangkas mesin ATM menggunakan obeng.

"Pelaku seolah-olah masuk ke Alfamart mengaku sebagai petugas yang selalu melakukan perawatan mesin ATM. Sehingga Alfamart tidak curiga dengan pelaku," ungkapnya.

Baca Juga :

"Jadi, pelaku membuka brangkas dengan mengunakan kunci dummy. Di situ ada kaset warna hitam tempat untuk menyimpan uang. Hingga membuat mesin ATM di Alfamart merugi Rp68 juta," imbuhnya.

Menurut Abdul, kedua pelaku merupakan spesialis perawatan mesin ATM. Sebab, pelaku lama bekerja sebagai teknisi mesin ATM pada sebuah perusahaan bank swasta.

"Artinya mereka sudah paham karakter mesin ATM. Sudah berpengalaman. Sangat mudah bila membongkar mesinnya," katanya.

Abdul menuturkan, kedua pelaku mengaku baru sekali melancarkan aksinya. Ia menyebut, polisi berhasil meringkus kedua pelaku setahun kemudian setelah kejadian.

Ia pun mengimbau kepada pihak-pihak minimarket yang terdapat fasilitas mesin ATM untuk lebih waspada pada orang-orang yang mengaku sebagai petugas perbaikan mesin ATM. 

"Ini pembelajaran kepada masyarakat khususnya swalayan agar lebih hati-hati ketika orang yang mengaku sebagai maintenance. Harus lebih dicek lagi," pungkasnya.(RMI/HRU)

KOTA TANGERANG
Remaja Tenggelam di Cisadane Ditemukan Tewas

Remaja Tenggelam di Cisadane Ditemukan Tewas

Kamis, 5 Desember 2019 | 18:01

TANGERANGNEWS.com—Firman, 14, remaja yang tenggelam di Sungai Cisadane akhirnya ditemukan pada Kamis (5/12/2019) pukul 14.55 WIB. Korban

OPINI
Pemkab Tangerang Harus Mulai Fokus Perbaiki SDM

Pemkab Tangerang Harus Mulai Fokus Perbaiki SDM

Jumat, 29 November 2019 | 13:16

Pada agenda Bupati Tangerang kemarin Kamis, 28 November 2019 bertempat di Euangan Bola Sundul. Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar

KAB. TANGERANG
Pemkab Tangerang Mulai Sosialisasi Underpass Bitung

Pemkab Tangerang Mulai Sosialisasi Underpass Bitung

Kamis, 5 Desember 2019 | 20:30

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Dinas Perumahan Permukiman dan Pemakanan (Perkim) mulai

TOKOH
Tangerang Berduka, Ebrown Lubuk Tutup Usia

Tangerang Berduka, Ebrown Lubuk Tutup Usia

Senin, 2 Desember 2019 | 20:33

TANGERANGNEWS.com—Kabar duka datang dari Tangerang. Ebrown Lubuk, tokoh masyarakat di Tangerang wafat.

"Tanpa strategi, eksekusi bisa kehilangan arah, Tanpa eksekusi, strategi tidak ada gunanya."

Morris Chang