Connect With Us

Cegah Perdagangan Orang, Pemkot Tangerang Segera Bentuk Tim TPPO

Achmad Irfan Fauzi | Kamis, 28 November 2019 | 17:13

| Dibaca : 256

Ilustrasi Perdagangan Orang. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com—Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) akan segera membentuk tim Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Kabid Perlindungan Perempuan dan Anak DP3AP2KB Kota Tangerang, Irna Ruidiana mengatakan, pembentukan tim yang merupakan program dari Kementerian Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak (PPPA) yang mengkategorikan TPPO sebagai kejahatan luar biasa ini untuk mencegah perdagangan orang.

"Ini termasuk extraordinary crime (kejahatan luar bisa), TPPO salah satu diantara, dampaknya ke masyarakat besar," ujarnya saat dikonfirmasi TangerangNews di Gedung Cisadane, Kota Tangerang, Kamis (28/11/2019).

BACA JUGA:

Menurutnya, Kota Tangerang sebagai kota tempat berdirinya Bandara Internasional Soekarno-Hatta dikhawatirkan menjadi tempat transit TPPO ke luar negeri.

Untuk itu, lanjut Irna, dalam tim TPPO yang segera dibentuk, akan ada program khusus pencegahan TPPO yang melibatkan masyarakat.

"Kita jaga dengan perlindungan anak dan perempuan berbasis masyarakat," jelas dia.

Perlindungan berbasis masyarakat yang dimaksud adalah membentuk komunitas masyarakat peduli yang akan melaporkan TPPO ke kelurahan atau tingkat kecamatan untuk diberikan tindakan sesegera mungkin.

Selain itu, TPPO juga akan melibatkan beberapa instansi seperti Keimigrasian wilayah Kota Tangerang, Kepolisian hingga Kejaksaan untuk menindaklanjuti pelaporan.

"Supaya ada kasus biar ada yang lapor ke tingkat kecamatan dan tingkat kota," katanya.(MRI/RGI)

OPINI
Virus Bukan Ancaman Substansif Bagi Ekonomi

Virus Bukan Ancaman Substansif Bagi Ekonomi

Jumat, 3 April 2020 | 18:50

Saat ini kita sama-sama merasakan betapa dunia bergejolak, tidak hanya gejolak akidah namun juga gejolak ekonomi. Makhluk mikro ciptaan Allah ini

BANDARA
WNA Dilarang Masuk & Transit di Bandara Soekarno-Hatta, Kecuali...

WNA Dilarang Masuk & Transit di Bandara Soekarno-Hatta, Kecuali...

Rabu, 1 April 2020 | 22:09

TANGERANGNEWS.com–PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Utama (KCU) Bandara Internasional Soekarno-Hatta menyampaikan bahwa seluruh

KAB. TANGERANG
Pemuda di Panongan Tangerang Ditemukan Tewas Tenggelam

Pemuda di Panongan Tangerang Ditemukan Tewas Tenggelam

Sabtu, 4 April 2020 | 19:13

TANGERANGNEWS.com-Seorang pemuda ditemukan warga tewas mengambang di bekas galian pasir Kamping Ciakar, RT 03/01, Desa Ciakar,

"Kuatkan dirimu, karena semuanya akan menjadi lebih baik. Mungkin sekarang segala prahara menerpa, tetapi percayalah badai pasti berlalu"

Haile