Connect With Us

Soal Keuangan, Pemkot Tangerang Ingin Tiru Pemprov Jakarta

Achmad Irfan Fauzi | Jumat, 3 Januari 2020 | 21:36

| Dibaca : 437

Suasana rapat paripurna tentang pembahasan raperda di Gedung DPRD Kota Tangerang, Jumat (3/1/2020). (TangerangNews/2019 / Achmad Irfan Fauzi)

 

TANGERANGNEWS.com-Pengelolaan keuangan daerah Kota Tangerang akan terbuka seperti yang telah diterapkan Pemprov DKI Jakarta. Hal ini rencananya diatur dalam rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang pengelolaan keuangan.

Ketua DPRD Kota Tangerang Gatot Wibowo mengatakan, pengelolaan keuangan daerah Kota Tangerang dalam Raperda tersebut akan dapat diakses publik secara digital.

“Iya, lebih terbuka. Kalau dari awal apa yang disampaikan bisa (diakses publik),” ujarnya selepas rapat paripurna di Gedung DPRD Kota Tangerang, Jumat (3/1/2020).

Menurut dia, regulasi ini untuk mematangkan perencanaan keuangan daerah di Kota Tangerang. Hal ini, kata dia, juga dapat menghindari sisa lebih pembiayaan anggaran ( Silpa) dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Jadi, bukan hanya perencanaan tapi ada aktualisasinya. Kita menghindari adanya Silpa juga dengan perencanaan yang lebih matang,” ucapnya.

Sebagai informasi, Pemerintah Kota Tangerang diketahui memiliki Silpa pada tahun anggaran 2018 sebesar Rp560 miliar dengan serapan anggaran hanya mencapai 88 persen.

Sedangkan pada 2019, masih ada waktu satu bulan berjalan untuk APBD 2019, Silpa yang diketahui berjumlah lebih dari Rp581 miliar dan lebih tinggi dari tahun 2018.

Raperda inisiatif tentang pengelolaan keuangan daerah ini merupakan usulan Pemerintah Kota Tangerang. Raperda tersebut pembahasannya masih tahap pandangan umum.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah berharap jika Raperda tersebut disahkan pengelolaan keuangan tak hanya memberikan output dan outcome tetapi juga deliver.

“Artinya benar-benar memberikan manfaat. Meningkatkan perekonomian, kesejahteraan. Jadi enggak cuma asal kegiatan saja, tapi benar-benar bisa melakukan pencegahan dan meningkatkan segala potensi,” pungkasnya.(RMI/HRU)

WISATA
Pemkot Tangsel Sulap Bantaran Kali Mati di Jombang Jadi Destinasi Wisata

Pemkot Tangsel Sulap Bantaran Kali Mati di Jombang Jadi Destinasi Wisata

Sabtu, 25 Januari 2020 | 15:50

TANGERANGNEWS.com-Penataan kota terus dilakukan Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel). Sebuah bantaran kali mati di wilayah

MANCANEGARA
Tenaga Medis dari Seantero Tiongkok Dikerahkan untuk Melawan Virus Corona

Tenaga Medis dari Seantero Tiongkok Dikerahkan untuk Melawan Virus Corona

Selasa, 28 Januari 2020 | 18:05

TANGERANGNEWS.com-Tiongkok mengerahkan staf medis dari seluruh negeri untuk membantu Provinsi Hubei mengendalikan wabah virus corona yang membuat Negeri Tirai Bambu itu kewalahan

NASIONAL
Kantor Staf Presiden Angkat 13 Penasihat Senior, Salah Satunya Alumni Universitas Telkom

Kantor Staf Presiden Angkat 13 Penasihat Senior, Salah Satunya Alumni Universitas Telkom

Sabtu, 8 Februari 2020 | 23:17

TANGERANGNEWS.com-13 sosok dari berbagai latar belakang diangkat menjadi Dewan Penasihat Kantor Staf Presiden (KSP). Nama-nama tersebut

OPINI
Merawat Integritas

Merawat Integritas

Minggu, 19 Januari 2020 | 12:59

Komisi Pemilihan Umum (KPU) adalah salah satu Lembaga negara yang menyelenggarakan pemilihan umum di Indonesia. KPU bersifat nasional, mandiri

"Percayalah Anda Bisa, Saat Ini Anda Telah Setengah Jalan Mencapainya"

Theodore Roosevelt