Connect With Us

Kota Tangerang Kalah dengan Lebak Soal Fasilitas Perpustakaan

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 29 Januari 2020 | 15:39

| Dibaca : 422

Tampak siswa sedang membaca buku di mobil perpustakaan milik Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang dalam pagelaran Festival Cisadane 2019. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com–Upaya Kota Tangerang memberdayakan dan mengembangkan sumber daya manusia melalui pendidikan ternyata masih belum maksimal. Pasalnya pembangunan fasilitas perpustakaan daerahnya masih dikesampingkan. 

Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangerang Endang Purwaningsih mengatakan, dalam peringkat perpustakaan, Kota Tangerang saat ini menduduki peringkat kelima dari delapan kota/kabupaten se-Provinsi Banten. Maka, tak heran bila literasi masyarakat rendah.

"Ya, kita kelima dalam peringkat perpustakaan se-Banten. Artinya, kita kalah dengan Kabupaten Lebak," ujarnya kepada TangerangNews, Rabu (29/1/2020).

Ia mengatakan, minimnya ketersediaan fasilitas seperti gedung, sarana dan prasarana perpustakaan membuat Kota Tangerang berada di tingkat rendah.

Saat ini, Kota Tangerang baru memiliki 4 perpustakaan mini, 4 mobil perpustakaan keliling, 13 perpustakaan kecamatan, 65 perpustakaan masyarakat, dan 1 pengembangan kampung baca.

Namun, menurut Endang, bila merujuk peraturan Kepala Perpustakaan No 9/2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan, fasilitas perpustakaan daerah Kota Tangerang saat ini belum memenuhi standar.

Sebab dalam peraturan itu disebutkan bahwa perpustakaan daerah harus memiliki luas bangunan gedung perpustakaan paling sedikit 3.000 m2 serta memenuhi standar konstruksi dan berbagai fasilitas penunjang lainnya. 

“Fasilitas kami masih kurang. Tapi tetap terus kita dorong dengan program Tangerang Corner dan Kampung Baca,” kata Endang.

Sementara itu, Kepala SMAN 10 Tangerang Ninin Nirawaty mengaku,  para siswanya merasa kesulitan ketika hendak mencari referensi-referensi buku bacaan terutama non mata pelajaran di Kota Tangerang.

“Assessment tes anak sekolah butuh referensi yang banyak sehingga diharapkan perpustakaan di Kota Tangerang bisa memberikan referensi,” jelasnya.

Menurut dia, ketersediaan fasilitas perpustakaan di Kota Tangerang sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat.

“Kalau ada fasilitas perpustakaan, kan, tentunya siswa kami tak perlu mencari bahan bacaan ke mal. Daripada ke mal, ya mending ke perpus daerah,” pungkasnya. (RAZ/RAC)

AYO! TANGERANG CERDAS
Karya Wisata, Siswa SDN Parapat 3 Kunjungi Perpusda Kota Tangerang

Karya Wisata, Siswa SDN Parapat 3 Kunjungi Perpusda Kota Tangerang

Kamis, 27 Februari 2020 | 16:13

TANGERANGNEWS.com-Banyak cara sekolah menggelar karya wisata dengan murah namun tetap berkesan bagi siswanya, salah satunya mengunjungi perpustakaan daerah. Hal itu yang dilakukan SDN Parapat 3 yang berlokasi di Jalan Parapat Raya, Perumnas 2

BANTEN
Uji Kompetensi Program Multimedia, SMK MIFA Tunjung Teja Libatkan PWI Banten

Uji Kompetensi Program Multimedia, SMK MIFA Tunjung Teja Libatkan PWI Banten

Kamis, 27 Februari 2020 | 20:40

TANGERANGNEWS.com-Dalam upaya menjamin mutu pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Yayasan Miftahul Falah Al-Rosyidiyah atau biasa disebut SMK MIFA di Kecamatan Tunjung Teja, Kabupaten Serang, mengadakan uji kompetensi keahlian (Ukom)

BISNIS
Zaki Dampingi Menperin Lepas Ekspor Pipa Fiberglass Terbesar Ke Amerika

Zaki Dampingi Menperin Lepas Ekspor Pipa Fiberglass Terbesar Ke Amerika

Rabu, 26 Februari 2020 | 18:55

TANGERANGNEWS.com-Bupati Tangerang mendampingi Menteri perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita melepas ekspor pipa komposisi serat kaca (fiberglass) berdiameter 3,4 meter dengan panjang total 5,3 kilometer ke Silicon Valley, Amerika Serikat

BANDARA
Polisi Sebut Lucinta Luna Positif Konsumsi Amfetamin

Polisi Sebut Lucinta Luna Positif Konsumsi Amfetamin

Senin, 17 Februari 2020 | 20:19

TANGERANGNEWS.com–Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan artis Lucinta Luna positif mengonsumsi Amfetamin yang

"Percayalah Anda Bisa, Saat Ini Anda Telah Setengah Jalan Mencapainya"

Theodore Roosevelt