Connect With Us

KLB Corona, PMI Kota Tangerang: Donor Darah Tetap Aman

Achmad Irfan Fauzi | Minggu, 22 Maret 2020 | 14:49

| Dibaca : 829

Ketua PMI Kota Tangerang Kuswarsa mendonorkan darahnya di tengah pandemi Covid-19 Kota Tangerang, Minggu (22/3/2020). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Di tengah pandemi virus corona (Covid-19) yang penyebarannya semakin masif, PMI Kota Tangerang tetap memberikan pelayanan donor darah. Sebab, aktivitas donor darah diklaim aman karena penularan Covid-19 tidak melalui darah.

“PMI tetap melayani donor darah, karena kebutuhan darah tentu tidak bisa ditunda. Pasien di rumah sakit yang membutuhkan transfusi tentu harus juga mendapatkan perhatian,” ujar Kuswarsa, Ketua PMI Kota Tangerang, Minggu (22/3/2020).

Kuswarsa mengungkapkan pandemi Covid-19 mempengaruhi pasokan darah karena sejumlah kegiatan donor darah yang melibatkan orang banyak harus dibatalkan. Namun, kondisi itu tak membuat PMI diam demi memastikan ketersediaan stok.

“Kami menjamin mendonorkan darah tetap aman dilakukan, tapi masyarakat diharap tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” katanya.

“Masyarakat silahkan mendonor ke kantor pelayanan PMI karena masih banyak pasien yang membutuhkan darah,” imbuhnya.

Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Tangerang David H Sidabutar menambahkan, kegiatan donor darah di markas maupun di luar PMI dengan mobil unit tetap dilakukan, meski masyarakat dibatasi untuk berpergian ke tempat-tempat keramaian.

“Kami berusaha untuk menambah stok darah dengan berbagai cara, diantaranya broadcast message ke pendonor darah yang sudah rutin, membuat grup-grup media sosial pendonor darah, mengingatkan untuk donor darah kembali,” ungkap David.

Edukasi juga dilakukan kepada pendonor dan masyarakat bahwa donor darah aman. Pasalnya Covid-19 tidak ditularkan lewat darah donor.

“Sudah ada imbauan dari Bapak Jusuf Kalla, Ketua Umum PMI bahwa donor darah aman dari Covid-19. Selain itu, PMI Kota Tangerang, melakukan jemput bola ke 10-20 pendonor dengan meminta dukungan komunitas-komunitas dan masyarakat untuk didatangi ke rumah-rumah atau kantor-kantor yang ada di Kota Tangerang,” pungkasnya. (RAZ/RAC)

NASIONAL
Berita Terpopuler: Gadis Diperkosa Paman, Mahasiswa Dijemur, Dukungan Zaki Pilgub DKI, hingga Makam Mewah

Berita Terpopuler: Gadis Diperkosa Paman, Mahasiswa Dijemur, Dukungan Zaki Pilgub DKI, hingga Makam Mewah

Selasa, 16 Agustus 2022 | 13:00

TANGERANGNEWS.com-Insiden gadis diperkosa pamannya menjadi berita terpopuler di TangerangNews. Pada Selasa, 16 Agustus 2022 siang, berita yang terjadi di Kabupaten Tangerang ini dibaca 370 ribu pembaca lebih.

HIBURAN
Sule dan Nathalie Holscher Resmi Bercerai

Sule dan Nathalie Holscher Resmi Bercerai

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:39

TANGERANGNEWS.com-Komedian Sule resmi bercerai dengan Nathalie Holscher berdasarkan putusan Pengadilan Agama (PA) Cikarang, Bekasi, Jawa Barat pada Rabu, 10 Agustus 2022.

SPORT
Eksklusif: Perjalanan Ridho Al Ikhsan Pemain Timnas Asal Tangerang Bawa Indonesia Juara Piala AFF U-16

Eksklusif: Perjalanan Ridho Al Ikhsan Pemain Timnas Asal Tangerang Bawa Indonesia Juara Piala AFF U-16

Selasa, 16 Agustus 2022 | 14:27

TANGERANGNEWS.com-Muhammad Ridho Al-ikhsan yang masuk dalam skuad Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 ternyata merupakan warga asal Tangerang.

PROPERTI
Tawarkan Program Kemerdekaan, 3 Perumahan Murah di Tangerang Bisa Jadi Pilihan

Tawarkan Program Kemerdekaan, 3 Perumahan Murah di Tangerang Bisa Jadi Pilihan

Selasa, 16 Agustus 2022 | 10:19

TANGERANGNEWS.com-Tiga perumahan di Kabupaten Tangerang bisa menjadi pilihan bagi Anda yang mencari hunian dengan harga relatif murah. Pasalnya, ketiga pengembang ini menawarkan program kemerdekaan

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill