Connect With Us

KLB Corona, PMI Kota Tangerang: Donor Darah Tetap Aman

Achmad Irfan Fauzi | Minggu, 22 Maret 2020 | 14:49

| Dibaca : 775

Ketua PMI Kota Tangerang Kuswarsa mendonorkan darahnya di tengah pandemi Covid-19 Kota Tangerang, Minggu (22/3/2020). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Di tengah pandemi virus corona (Covid-19) yang penyebarannya semakin masif, PMI Kota Tangerang tetap memberikan pelayanan donor darah. Sebab, aktivitas donor darah diklaim aman karena penularan Covid-19 tidak melalui darah.

“PMI tetap melayani donor darah, karena kebutuhan darah tentu tidak bisa ditunda. Pasien di rumah sakit yang membutuhkan transfusi tentu harus juga mendapatkan perhatian,” ujar Kuswarsa, Ketua PMI Kota Tangerang, Minggu (22/3/2020).

Kuswarsa mengungkapkan pandemi Covid-19 mempengaruhi pasokan darah karena sejumlah kegiatan donor darah yang melibatkan orang banyak harus dibatalkan. Namun, kondisi itu tak membuat PMI diam demi memastikan ketersediaan stok.

“Kami menjamin mendonorkan darah tetap aman dilakukan, tapi masyarakat diharap tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” katanya.

“Masyarakat silahkan mendonor ke kantor pelayanan PMI karena masih banyak pasien yang membutuhkan darah,” imbuhnya.

Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Tangerang David H Sidabutar menambahkan, kegiatan donor darah di markas maupun di luar PMI dengan mobil unit tetap dilakukan, meski masyarakat dibatasi untuk berpergian ke tempat-tempat keramaian.

“Kami berusaha untuk menambah stok darah dengan berbagai cara, diantaranya broadcast message ke pendonor darah yang sudah rutin, membuat grup-grup media sosial pendonor darah, mengingatkan untuk donor darah kembali,” ungkap David.

Edukasi juga dilakukan kepada pendonor dan masyarakat bahwa donor darah aman. Pasalnya Covid-19 tidak ditularkan lewat darah donor.

“Sudah ada imbauan dari Bapak Jusuf Kalla, Ketua Umum PMI bahwa donor darah aman dari Covid-19. Selain itu, PMI Kota Tangerang, melakukan jemput bola ke 10-20 pendonor dengan meminta dukungan komunitas-komunitas dan masyarakat untuk didatangi ke rumah-rumah atau kantor-kantor yang ada di Kota Tangerang,” pungkasnya. (RAZ/RAC)

BISNIS
8 Tips Beli Mobil Bekas Saat COVID-19 Agar Keuangan Tidak Terganggu

8 Tips Beli Mobil Bekas Saat COVID-19 Agar Keuangan Tidak Terganggu

Minggu, 15 November 2020 | 20:09

TANGERANGNEWS.com-Beberapa orang mungkin berpikir, bahwa membeli mobil bekas untuk mobilitas sehari-hari tentu lebih untung karena menjadi solusi memiliki mobil dengan dana terbatas

MANCANEGARA
Maradona Meninggal, Ini Kronologinya

Maradona Meninggal, Ini Kronologinya

Kamis, 26 November 2020 | 11:38

TANGERANGNEWS.com-Pemain sepakbola legenda asal Argentina Diego Maradona meninggal dunia di usia ke 60 tahun

WISATA
Menikmati Suasana Asri di Situ Lengkong Tangsel

Menikmati Suasana Asri di Situ Lengkong Tangsel

Sabtu, 13 Juni 2020 | 13:00

TANGERANGNEWS.com-Di tengah hiruk pikuk Kota Tangerang Selatan (Tangsel), ternyata terdapat ruang terbuka hijau yang menjadi tempat favorit

NASIONAL
Sinar Mas Kerja sama dengan Jepang, Garap Infrastruktur di Indonesia

Sinar Mas Kerja sama dengan Jepang, Garap Infrastruktur di Indonesia

Jumat, 13 November 2020 | 10:25

TANGERANGNEWS.com-Sinarmas Land Ltd, induk perusahaan PT Bumi Serpong Damai Tbk membentuk perusahaan patungan dengan Japan Overseas Infrastructure Investment Corporation for Transport & Urban Development (JOIN)

"Putuskan Hubungan pada orang palsu untuk alasan yang benar. Bukan memutuskan orang benar dengan alasan Palsu."

Rather Aadil