Connect With Us

Cegah Covid-19, Rupbasan Pangkalpinang Disemprot Disinfektan

Achmad Irfan Fauzi | Minggu, 22 Maret 2020 | 15:38

| Dibaca : 499

Petugas PMI melakukan penyemprotan disinfektan di Rupbasan Pangkalpinang. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-PMI menyambangi Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas II Pangkalpinang, Bangka Belitung untuk menyemprotkan desinfektan di ruang pelayanan dan ruang pegawai pada Sabtu (21/3/2020).

Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan Kemenkumham Wilayah Bangka Belitung.

Kegiatan yang dipantau langsung Ketua PMI Bangka Belitung Abdul Fatah dan Kepala Rupbasan Andri Ferly ini, dilakukan diseluruh ruangan kantor kecuali gudang penyimpanan barang sitaan. Pasalnya, gudang tersebut telah dilindungi oleh ada zat kimia lain dan dikhawatirkan menimbulkan reaksi kimia yang tidak diinginkan.

“Hanya ruang perkantoran yang disemprot. Tapi selain itu kami sudah menghimbau pemakaian masker dan budaya mencuci tangan di tempat yang disediakan sebelum masuk ruangan. Berlaku juga untuk para stakeholder yang berkunjung ke Rupbasan dalam rangka kedinasan," ucap Karupbasan Andri Ferly.

Petugas PMI melakukan penyemprotan disinfektan di Rupbasan Pangkalpinang.

Penyemprotan disinfektan ini diketahui merupakan langkah preventif Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang berkoordinasi dengan sejumlah stakeholder.

Selain penyemprotan disinfektan, Rupbasan Pangkalpinang akan memberlakukan sistem kerja work from home (WFH) atau bekerja dari rumah untuk sebagian pegawainya. Hal ini, kata Andri Ferly, akan dimulai pada Senin (23/3/2020).

"Sistem WFH akan dioptimalkan para Senin besok sampai waktu yang belum ditentukan. Sehingga yang berjaga dalam pelaksanaan tugas harian di Rupbasan adalah Kepala Rupbasan, Kasubsie Minla (Administrasi & Pengelolaan), para petugas keamanan serta staf yang mendapat jadwal piket saja," ujar mantan pejabat Lapas Kota Tangerang tersebut.

Petugas PMI melakukan foto bersama dengan Kepala Rupbasan Andri Ferly.

Sementara Ketua PMI Bangka Belitung Abdul Fatah memaparkan masyarakat dapat melakukan langkah pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri tidak, sehingga harus bergantung kepada pemerintah atau Gugus Tugas Penanganan Covid-19 yang telah terbentuk.

“Caranya, dengan menggunakan cairan pemutih (bleaching), pembersih lantai ataupun karbol yang dicampurkan dengan air dengan komposisi yang ideal,” ujarnya.

Komposisi ideal diuraikannya, yakni 1 liter cairan pembersih dicampurkan dengan 10 liter air. Atau 1 tutup botol cairan pembersih untuk 5 liter air. Sementara karbol memiliki perbandingan 2 sendok makan per 1 liter air.

"Lakukan penyemprotan disinfektan di sekitar rumah dan lingkungan kerja, sebagai langkah untuk pencegahan penyebaran Covid-19 secara mandiri, sehingga tempat kita kerja dan tempat berkumpul aman serta terhindar dari bahaya penyebaran Covid-19," pria yang juga menjabat Wakil Gubernur Bangka Belitung ini. (RAZ/RAC)

BANTEN
Soal RKUD Bank Banten, Fraksi PDIP Usulkan Hak Interpelasi

Soal RKUD Bank Banten, Fraksi PDIP Usulkan Hak Interpelasi

Selasa, 19 Mei 2020 | 19:00

TANGERANGNEWS.com-Keputusan Gubenur Banten memindahkan Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) dari Bank Banten ke Bank Jabar Banten (BJB) berlanjut ke babak baru. Fraksi PDIP DPRD Provinsi Banten secara resmi mengajukan hak interpelasi

TANGSEL
Longsor Sampah Cipeucang, Fraksi Gerindra-PAN Tangsel Bereaksi Keras

Longsor Sampah Cipeucang, Fraksi Gerindra-PAN Tangsel Bereaksi Keras

Rabu, 27 Mei 2020 | 21:19

TANGERANGEWS.com-Insiden longsornya sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang disorot Fraksi Gerindra-PAN Dewan Perwakilan Rakyat

MANCANEGARA
Malas Merawat, Ibu di China Dikubur Hidup-hidup Anaknya

Malas Merawat, Ibu di China Dikubur Hidup-hidup Anaknya

Minggu, 10 Mei 2020 | 10:24

TANGERANGNEWS.com-Nasib malang dialami seorang ibu di China. Dia dikubur hidup-hidup oleh sang anak lantaran enggan merawatnya. Beruntung dia berhasil selamat

PROPERTI
Milenial jangan Piknik saat Pandemik, Lebih Baik Invest Properti yang Turun Harga

Milenial jangan Piknik saat Pandemik, Lebih Baik Invest Properti yang Turun Harga

Kamis, 14 Mei 2020 | 22:03

TANGERANGNEWS.com- Properti masih menjadi sektor yang akan tumbuh di masa pandemi saat ini.

"Belajar dari hari kemarin, hiduplah untuk hari ini, berharaplah untuk hari esok "

Albert Einstein