Connect With Us

Deteksi Cluster Baru COVID-19, Ini Cara Dinkes Kota Tangerang

Achmad Irfan Fauzi | Kamis, 9 Juli 2020 | 17:32

| Dibaca : 11333

Camat Tangerang Zuldin sedang mengikuti swab test di kantor Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang. (TangerangNews.com / Achmad Irfan Fauzi)



TANGERANGNEWS.com–Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang terjun ke kecamatan-kecamatan untuk melakukan swab test bagi pegawai, Kamis (9/7/2020).

Hari ini, para petugas medis menyambangi kantor Kecamatan Tangerang, Batuceper, dan Benda. Mereka ingin mengecek kondisi kesehatan pegawai dijajaran Pemkot Tangerang, juga mencari cluster penularan baru COVID-19.

Kepala Dinkes Kota Tangerang Liza Puspadewi mengatakan pelonggaran PSBB saat ini memungkinkan terjadinya peningkatan kasus COVID-19.

Sehingga, kata dia, Dinkes pun melakukan tracing secara masif di lingkungan masyarakat maupun pegawai pemerintah.

"Target kita 13 Kecamatan dengan total 1.200 swab test. Di tiga Kecamatan ini ada sekitar 240 yang di-swab test," jelasnya.

Hasil swab test, kata Liza akan diketahui sepekan ke depan. "Kita cek di Litbangkes karena banyak, tapi untuk hasilnya kita usahakan kurang dari satu minggu," imbunya.

Sejauh ini Dinkes juga tengah gencar dalam menekan angka penularan COVID-19. Salah satunya yakni dengan gencar melakukan rapid tes di lokasi rawan penularan, seperti pasar.

"Dilakukan tracing sebanyak-banyaknya, salah satunya untuk mencari sumber (cluster) penularan yang baru," ungkapnya.

Pengadaan swab test bagi masyarakat kata Liza juga dilakukan Dinkes. Namun, swab tes hanya diperuntukan bagi masyarakat yang rentan tertular COVID-19, seperti ibu hamil dan masyarakat yang memiliki penyakit bawaan.

"Puskesmas yang menjaring, misalnya lansia, penderita penyakit tidak menular, TBC, orang yang beresiko tinggi, seperti ibu hamil," pungkasnya.(RMI/HRU)

TOKOH
Harsono Berpulang, PWI Tangerang Banten Berduka

Harsono Berpulang, PWI Tangerang Banten Berduka

Senin, 30 November 2020 | 08:39

TANGERANGNEWS.com-Haji Harsono Rahardjo telah berpulang menghadap

SPORT
Soma Atmaja Jadi Ketua Pengcab Taekwondo Kabupaten Tangerang

Soma Atmaja Jadi Ketua Pengcab Taekwondo Kabupaten Tangerang

Senin, 26 Oktober 2020 | 09:47

TANGERANGNEWS.com-Soma Atmaja terpilih sebagai Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) Taekwondo Indonesia (TI) Kabupaten Tangerang periode 2020-2024. Dia menggantikan Achmad Taufik yang telah habis masa jabatannya

BISNIS
8 Tips Beli Mobil Bekas Saat COVID-19 Agar Keuangan Tidak Terganggu

8 Tips Beli Mobil Bekas Saat COVID-19 Agar Keuangan Tidak Terganggu

Minggu, 15 November 2020 | 20:09

TANGERANGNEWS.com-Beberapa orang mungkin berpikir, bahwa membeli mobil bekas untuk mobilitas sehari-hari tentu lebih untung karena menjadi solusi memiliki mobil dengan dana terbatas

"Putuskan Hubungan pada orang palsu untuk alasan yang benar. Bukan memutuskan orang benar dengan alasan Palsu."

Rather Aadil