Connect With Us

Ketahanan Pangan, Kota Tangerang akan Uji Coba Pertanian Permakultur

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 22 Juli 2020 | 19:02

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah didampingi sejumlah Kepala OPD Pemkot Tangerang meninjau kantor UPT Produksi Benih Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan di RT.005/04, Kelurahan Kedaung Wetan, Neglasari. (TangerangNews.com / Achmad Irfan Fauzi)

 

TANGERANGNEWS.com–Pemerintah Kota Tangerang berupaya meningkatkan produktivitas masyarakat dalam upaya pemenuhan kebutuhan pangan sehari-hari dengan menerapkan konsep Permakultur di area sekitar tempat tinggal.

Permakultur adalah sebuah konsep pertanian terpadu dan pertanian organik. Istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh Bill Mollison dan David Holmgren pada tahun 1978.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah didampingi sejumlah Kepala OPD Pemkot Tangerang meninjau kantor UPT Produksi Benih Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan yang berada di bawah koordinasi Dinas Ketahanan Pangan.

Dalam tinjauannya, Arief meminta agar area yang berlokasi di RT 05/04, Kelurahan Kedaung Wetan, Neglasari tersebut dapat menjadi area percontohan dalam penerapan metode Permakultur.

"Area pembibitannya sudah cukup luas dan harus bisa dimanfaatkan dengan maksimal," ungkap Arief kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan Abduh Surahman saat meninjau UPT Pertanian Terpadu, Kelurahan Kedaung Wetan, Neglasari, Rabu (22/7/2020).

"Pembibitan berbagai jenis ikan konsumsi maupun tanaman holtikultura bisa dilakukan di sini. Pupuknya bisa pakai hasil produksi dari TPA Rawa Kucing," sambungnya.

Dengan memaksimalkan potensi ini, lanjut Arief, diharapkan dapat membantu masyarakat yang akan memulai kegiatan pemanfaatan lahan tidur di sekitar tempat tinggal menjadi area pertanian dan perkebunan terpadu.

"Hasilnya bisa dimanfaatkan sendiri atau dipasarkan oleh masyarakat, terlebih di kondisi pandemi sekarang ini," jelasnya.

Selain itu, Arief juga meninjau Kelompok Wanita Tani (KWT) Korpri yang berada di Komplek Perumahan Korpri RT 06/04, Neglasari yang melakukan budidaya berbagai tanaman holtikultura dan toga.

"Dirawat ya ibu-ibu tanamannya, lumayan Bu, hasilnya bisa dikonsumsi dan lebih hemat belanja," pungkasnya.(RMI/HRU)

TANGSEL
Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:36

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Banten 2026 mendatang akan diselenggarakan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

SPORT
Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Selasa, 26 Maret 2024 | 14:31

Pekan ke-30 BRI Liga 1 musim 2023/2024 akan menyajikan pertandingan antara dua tim yang sama-sama bermarkas di Tangerang, yakni Persita melawan Dewa United.

BANDARA
Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:54

TANGERANGNEWS.com-Pihak Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menyebut kecelakaan yang kerap terjadi di Jalur Perimeter disebabkan karena human error atau kelalaian pengendara.

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill