Connect With Us

Kritis Darah, PMI Gelar Donor Darah Dapat TV

| Senin, 23 Agustus 2010 | 17:48

PMI (tangerangnews / dira)


TANGERANGNEWS- Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Tangerang akan menggelar donor darah massal di beberapa wilayah pada Sabtu, 4 September 2010, untuk mengantisipasi kurangnya stok darah yang biasa terjadi pada bulan puasa.

Menurut Humas UDD PMI Kota Tangerang Hasbullah, pada saat memasuki minggu ke-4 bulan Ramadhan, stok darah di UDD PMI Kota Tangerang diperkirakan menurun hingga 90 persen. Kondisi ini, kata dia, dikarenakan sebagian besar pendonor tetap maupun calon donor insidental enggan menyumbangkan darahnya saat berpuasa.

"Penurunan  diprediksi terjadi pada puasa minggu ketiga dan keempat, sehingga kita mengambil langkah dengan menggencarkan aksi donor darah massal,” terangnya.

Hasbullah menambahkan, upaya lain untuk memenuhi kebutuhan pasokan darah adalah memprioritaskan penyediaan darah dari keluaga pasien yang bersangkutan. Hingga kini, kata dia, penyediaan darah di UDD PMI Kota Tangerang setiap harinya dibutuhkan sedikitnya 100 sampai dengan 200 kantong darah. Dengan rata-rata kebutuhan perbulan mencapai 2.500 hingga 3.000 kantong darah.

Habibullah menghimbau agar masyarakat jangan takut untuk mendonor saat berpuasa karena tidak akan ada kontra indikasi pada tubuh. “Saya rasa ini hanya paradigma negatif masyarakat yang terbentuk tentang menyumbangkan darah saat berpuasa. Sebenarnya mendonorkan darah saat puasa tidak berpengaruh pada kondisi tubuh. Namun saya sarankan waktu pengambilan doroh disesuaikan yakni pada saat usai berbuka puasa atau Shalat Tarawih,” ungkapnya.

Lebih jauh Hasbullah, menjelaskan, rencana donor darah tersebut akan dimulai pada pukul 10.00 - 22.00 WIB di Markas UDD PMI Kota Tangerang di Jalan Mayjen Sutoyo No. 15 Sukarasa, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang.

Bagi masyarakat yang mendonorkan darahnya pada tanggal tersebut akan mendapat satu kupon undian untuk mendapatkan hadiah berupa 1 unit TV Merk SHARF atau 1 unit lemari es (kulkas) Merk SHARF. “Acara ini dibuka untuk umum. Diharapkan sekali agar pada tanggal tersebut masyarakat dapat dengan rela beramai-ramai mendonorkan darahnya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah demi kelangsungan hidupnya,” papar Hasbullah.(rangga)
MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

TANGSEL
300 Anak Kurang Mampu di Tangsel Dapat Bantuan Alat Sekolah

300 Anak Kurang Mampu di Tangsel Dapat Bantuan Alat Sekolah

Kamis, 25 April 2024 | 21:01

Sebanyak 300 anak kurang mampu di Kota Tangerang Selatan dapatkan bantuan alat tulis dan perlengkapan sekolah.

BANTEN
PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

Selasa, 23 April 2024 | 11:21

Sebanyak 1.200 transaksi terjadi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) selama masa mudik Lebaran 2024, terhitung mulai 3 hingga 19 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill