Connect With Us

SMPN 25 Tangerang Panen Hortikultura di Tengah Pandemi COVID-19 

Achmad Irfan Fauzi | Kamis, 15 Oktober 2020 | 12:05

| Dibaca : 16381

Kepala SMPN 25 Tangerang Bustami memperlihatkan jagung saat panen hortikultura di sekolahnya di Kecamatan Larangan, Kota Tangerang, Kamis (15/10/2020). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com–SMPN 25 Tangerang di Kecamatan Larangan, Kota Tangerang berhasil memanenkan budidaya tanaman kebun atau hortikultura di tengah pandemi COVID-19, Kamis (15/10/2020). 

"Kita bersama guru-guru berhasil panen hasil tanaman. Ada terong, kangkung, jagung, cabai, dan kacang tanah yang dipanen hari ini," ujar Bustami, Kepala SMPN 25 Tangerang.

Bustami mengatakan pihaknya memanfaatkan area sekolah seluas 1,4 hektare dari 2,1 hektare, sebagai budidaya tanaman kebun untuk membantu ketahanan pangan di tengah pandemi COVID-19. 

Menurutnya, beragam jenis tanaman yang dipanenkan hari ini akan dibagikan kepada para guru SMPN 25 Tangerang serta masyarakat sekitar sekolah. 

"Kalau ada lebihnya, hasil panen ini kami jual untuk kembali dibelikan bibit tanaman dan peremajaan tanaman," kata Bustami. 

Tak hanya sekolah, pihaknya juga memberikan tugas kepada para siswanya untuk melakukan kegiatan budidaya tanaman atau berkebun dengan memanfaatkan lahan rumahnya di tengah pandemi COVID-19.

Kepala SMPN 25 Tangerang Bustami memperlihatkan jagung saat panen hortikultura di sekolahnya di Kecamatan Larangan, Kota Tangerang, Kamis (15/10/2020).

"Ya memang ada tugas-tugas yang diberikan bapak dan ibu guru yang mengajar mata pelajarannya, ada tugas membuat cangkokan, kemudian menanam ketahanan pangan yang lain misalnya kangkung atau kecambah atau lainnya," tuturnya.

Koordinator Forum Kota Tangerang Sehat (FKTS) Kelurahan Gaga, Kecamatan Larangan, Mujiyah mengapresiasi panennya tanaman holtikultura di SMPN 25 Tangerang tersebut. 

"Saya ucapkan terima kasih kepada kepala sekolah yang telah merangkul masyarakat ini untuk mengatasi ketahanan pangan menghadapi COVID-19," ujarnya.

Kebetulan kepala sekolah sangat respon kepada lingkungan terdekat untuk mengolah atau menggarap tanah yang kosong supaya produktif untuk digarap masyarakat yang berminat.

Panennya tanaman holtikultura ini juga dapat membantu mengatasi ketahanan pangan masyarakat sekitar SMPN 25 Tangerang di tengah pandemi COVID-19. 

"Warga sekitar sangat merasa terbantu dengan panen ini, apalagi sekarang sedang kondisi pandemi. Kegiatan ini juga sejalan dengan pesan Wali Kota Tangerang yang meminta FKTS melihat memberdayakan lahan kosong untuk masyarakat," pungkasnya. (RAZ/RAC)

PROPERTI
Alma@Montana Village Hunian Modern di Gading Serpong

[email protected] Village Hunian Modern di Gading Serpong

Rabu, 21 Oktober 2020 | 11:14

TANGERANGNEWS.com-Paramount Land kembali menawarkan hunian

SPORT
7 Bulan Terhenti, Persita Harap Kepastian Kelanjutan Liga 1 2020

7 Bulan Terhenti, Persita Harap Kepastian Kelanjutan Liga 1 2020

Jumat, 16 Oktober 2020 | 17:57

TANGERANGNEWS.com–Persita Tangerang menyayangkan belum pastinya kelanjutan

TANGSEL
Wanita Cantik yang Tewas di Ciputat Telah Sampai di Rumah Duka

Wanita Cantik yang Tewas di Ciputat Telah Sampai di Rumah Duka

Sabtu, 24 Oktober 2020 | 16:25

TANGERANGNEWS.com-Amanda Dian Vianti Sholehah Warga Jalan WR Supratman

AYO! TANGERANG CERDAS
Pelajari Ilmu Jurnalistik hingga Kewirausahaan, 15 Peserta Rampungkan The Journalist Fellowship Program 

Pelajari Ilmu Jurnalistik hingga Kewirausahaan, 15 Peserta Rampungkan The Journalist Fellowship Program 

Sabtu, 24 Oktober 2020 | 12:20

The Journalist Fellowship Program tahap pertama (Batch I) yang merupakan kolaborasi dari konsultan komunikasi Maverick Indonesia dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, rampung kemarin.

"Putuskan Hubungan pada orang palsu untuk alasan yang benar. Bukan memutuskan orang benar dengan alasan Palsu."

Rather Aadil