Connect With Us

Pemuda Dilibatkan Atasi Potensi Bencana Alam di Kota Tangerang

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 11 November 2020 | 16:13

Kegiatan pembentukan pemuda di Saung Banksasuci Jalan Taman Cisadane Gang Muara Buntu, Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas (TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

 

TANGERANGNEWS.com–Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) melibatkan pemuda dalam mengatasi potensi bencana alam di Kota Tangerang dengan membentuk Gugus Tugas Pemuda. 

 

Pembentukan Gugus Tugas Pemuda tersebut berlangsung di Saung Banksasuci Jalan Taman Cisadane Gang Muara Buntu, Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang, Rabu (11/11/2020). 

 

Kepala Dispora Kota Tangerang, Engkos Zarkasy mengatakan, dengan pembentukan gugus tugas ini pemuda diharapkan tidak hanya menjadi objek, tetapi subjek dalam membantu pemerintah menangani situasi kebencanaan. 

 

"Pemuda memiliki peran penting sebagai generasi penerus bangsa yang harus mampu menjadi penerus masa depan yang berdaya saing dan mampu bekerja sama membangun Kota Tangerang," ujar Engkos. 

 

 

Gugus tugas ini juga sebagai upaya Dispora Kota Tangerang untuk mempersiapkan pemuda yang nantinya mempunyai kemampuan tanggap bencana. 

 

"Untuk tim pelatih, kita bekerja sama dengan petugas Pangkalan TNI Angkatan Laut (AL) Banten, Basarnas, KNPI dan Pramuka," tuturnya. 

Sehingga nanti, lanjut Engkos, masing-masing pemuda yang tergabung dalam Gugus Tugas Pemuda memiliki kekuatan yang sama saat menghadapi bencana.

 

"Nanti teman-teman ini dibekali bagaimana mereka punya cara pertama tanggap bencana untuk menyelamatkan diri sendiri dulu. Lalu menolong orang lain," katanya.

 

Ketika pemuda sudah memiliki kemampuan tanggap bencana, mereka akan membangun posko. 

 

Engkos menambahkan Kota Tangerang menjadi salah satu wilayah yang memiliki potensi bencana, salah satunya banjir. 

 

"COVID-19 masih berada di sekitar kita, apalagi saat ini sudah memasuki musim penghujan. Untuk itu, kita sama-sama saling peduli dan mengingatkan agar tetap menjaga lingkungan dan kesehatan," pungkasnya.

TEKNO
Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Kamis, 28 Maret 2024 | 01:09

Telkomsel memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 15,22% dibandingkan hari biasa selama momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024.

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

SPORT
Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Selasa, 26 Maret 2024 | 14:31

Pekan ke-30 BRI Liga 1 musim 2023/2024 akan menyajikan pertandingan antara dua tim yang sama-sama bermarkas di Tangerang, yakni Persita melawan Dewa United.

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill