Connect With Us

Ini 2 Inovasi Urus Tilang di Kejari Tangerang untuk Hindari Calo

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 20 Januari 2021 | 18:06

Kepala Kejari Kota Tangerang I Dewa Gede Wirajana didampingi Kasie Pidana Umum Dapot Dariarma. (TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com—Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Tangerang membuat dua inovasi baru dalam memberikan program pelayanan tilang. Dua inovasi ini diantaranya pelayanan mengurus penilangan semenit dan layanan antar tilang. 

 

"Kedua inovasi yang kami luncurkan pada awal tahun 2021 ini efektif dalam memberikan pelayanan di tengah pandemi COVID-19, sekaligus untuk menghindari percaloan," ujar Kepala Kejari Kota Tangerang I Dewa Gede Wirajana saat ditemui di kantor Kejari Kota Tangerang, Jalan TMP Taruna, Kota Tangerang, Rabu (20/1/2021). 

 

Dewa mengatakan, urus tilang hanya semenit ini bisa dilakukan masyarakat di loket penilangan kantor Kejari Kota Tangerang. Sedangkan layanan antar tilang bisa dilakukan secara online atau daring. 

 

"Jadi, ini memang sangat memudahkan masyarakat," ujarnya 

 

Kepala Seksi Pidana Umum Kejari Kota Tangerang, Dapot Dariarma menjelaskan urus tilang semenit ini dibuka selama Senin sampai Jumat. Adapun khusus Jumat, masyarakat bisa mengambil surat kendaraannya di Mal Balekota. 

"Alurnya, pelanggar datang untuk mendaftar. Lalu, serahkan surat tilang dan mendapat nomor antrean. Lalu, sampai proses selesai itu waktunya hanya semenit. Jadi, terhitung cepatnya di sini," jelasnya. 

 

Sedangkan dalam program layanan antar tilang, bisa dimanfaatkan bagi warga yang tidak ingin ribet ambil tilang dengan menghubungi WA Kejari Kota Tangerang ke nomor 08196090991. 

 

"Untuk yang layanan antar tilang, kami bekerja sama dengan jasa ekspedisi dalam hal ini JNT. Jadi, nanti kurir ekspedisi mengambil surat tilang biru ke rumah, dan mengantarkan surat SIM atau STNK-nya ke rumah. Biaya antar hanya Rp2,500 per Km," pungkasnya. 

 

Dapot menambahkan, jumlah tilang cukup berkurang. Sebelum pandemi COVID-19,  rata-rata per bulan Kejari Kota Tangerang melayani 4.000 berkas tilang. Sedangkan di masa pandemi COVID-19, rata-rata perbulan hanya 500 berkas penilangan.

TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill