Connect With Us

Situasi Masjid Raya Al-Azhom Tangerang di tengah pandemi

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 25 Januari 2021 | 13:44

| Dibaca : 1681

Masjid Raya Al-Azhom Tangerang. (Istimewa / Saeful Nuriman)

 

Oleh: Saeful Nuriman

 

Siapa yang tak kenal dengan Masjid Raya Al-Azhom, icon besar Kota Tangerang yang sangat fenomenal dan penuh sejarah. Masjid yang dibangun pada tahun 1997 itu, peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Djakaria Machmud, Wali kota Madya Tangerang pada saat itu.

 

Kini masjid Al-Azhom menjadi salah satu tempat wisata religi yang wajib dikunjungi bagi siapa saja yang mampir ke kota bermoto Akhlakul Karimah ini.

Pengunjung Masjid Raya Al-Azhom Tangerang saat dicek Kesehatannya.

Namun situasi pandemi yang tak kunjung berhenti membuat beberapa sektor dituntut menyesuakan dengan protokol kesehatan. Termasuk sektor tempat beribadah, seperti Masjid Raya Al-Azhom. Masjid ini mulai menerapkan sistem baru di tengah pandemi ini.

Seperti wajib mematuhi protokol kesehatan (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak). Bahkan bagi siapa saja yang hendak memasuki Masjid Raya Al-Azhom  wajib melalui pengetesan suhu tubuh terlebih dahulu.

 

“Semua orang yang hendak menjalankan salat di masjid ini wajib mematuhi protokol kesehatan. Semua pintu kami tutup, kecuali pintu utama yang ada di depan, jadi semuanya yang hendak masuk dan salat akan kita test suhu mereka di pintu utama ini,” ujar Kohar, petugas keamanan Masjid Al-Azhom, Minggu (24/01/2021).

 

Masjid yang diresmikan tahun 2003 ini. kini menerpakan jam buka tutup lebih cepat. Masjid mulai dibuka sekitar pukul 04.00 WIB sebelum Adzan Subuh dan ditutup setelah pelaksanaan Salat Isya, penerapan jam yang lebih cepat ini merupakan upaya mencegah kerumunan di malam hari.

Sementara seluruh kegiatan yang ada di Masjid Raya Al-Azhom  kini tiadakan, seperti Festival Al-Azhom, Tangerang bersholawat, pengajian rutin dan lain-lain. Kecuali kegiatan peribadahan  (salat lima waktu, salat Jum’at dan salat hari raya).

 

“Acara besar terakhir di Masjid Raya Al-Azhom yaitu waktu ada acara Tangerang Bersholawat bersama Habib Syekh, setelah itu sudah tidak ada lagi,” jelas Wahri, petugas keamanan lainnya.

BANTEN
Mengerikan Tangerang Dikepung Banjir, Karang Tengah-Kutabumi-Jatake-Pasar Kemis-Gading Serpong 

Mengerikan Tangerang Dikepung Banjir, Karang Tengah-Kutabumi-Jatake-Pasar Kemis-Gading Serpong 

Sabtu, 20 Februari 2021 | 06:07

Sejumlah wilayah di Kota Tangerang, mulai dari Karang Mulya, Karang Tengah, Ciledug Indah, Kutabumi, Periuk, Jatake hingga ke wilayah Kabupaten Tangerang Gading Serpong, Pasar Kemis, Cikupa bahkan sampai ke Tangsel tepatnya di Jalan Raya Serpong

OPINI
E-learning Memberikan Dampak Positif?

E-learning Memberikan Dampak Positif?

Kamis, 25 Februari 2021 | 12:44

E-Learning merupakan pembelajaran yang disusun dengan tujuan

KAB. TANGERANG
Cagar Budaya Makam Ki Mawuk Tangerang Kondisinya Memprihatinkan

Cagar Budaya Makam Ki Mawuk Tangerang Kondisinya Memprihatinkan

Selasa, 2 Maret 2021 | 14:08

TANGERANGNEWS.com-Anggota DPRD Kabupaten Tangerang dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Syahril bersama Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Banten Abdi Sumaithi melakukan ziarah ke makam Ki Mawuk

PROPERTI
Sinar Mas Land Luncurkan Rumah dengan Kolam Renang Seharga Rp1,3 Miliar di BSD City

Sinar Mas Land Luncurkan Rumah dengan Kolam Renang Seharga Rp1,3 Miliar di BSD City

Minggu, 28 Februari 2021 | 19:02

TANGERANGNEWS.com– Pandemi Covid-19 mendorong masyarakat, khususnya keluarga, untuk lebih banyak beraktivitas di rumah. Karenanya, muncul kebutuhan hunian dan lingkungan yang mampu menghilangkan kejenuhan

"Cara terbaik untuk memprediksi masa depan Anda adalah dengan menciptakannya."

Abraham Lincoln