Connect With Us

Evolusi Keuangan Digital Jadi Solusi Bertransaksi saat Pandemi COVID-19

Achmad Irfan Fauzi | Jumat, 5 Maret 2021 | 14:26

Sejumlah mahasiwa Prodi Ilmu Komunikasi UNIS Tangerang saat mengikuti webinar evolusi keuangan digital di kelasnya, Kampus UNIS Tangerang, Jumat (5/3/2021). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Pandemi COVID-19 di Indonesia memaksa segala aktivitas dilakukan dengan jarak jauh sehingga mempercepat penerapan layanan digital. Seperti halnya bertransaksi.

Kini, evolusi keuangan digital disebut menjadi solusi dalam melakukan aktivitas transaksi di tengah pandemi COVID-19.

Hal itu diungkapkan Anggota DPR RI Marinus Gea dalam webinar bertema 'Evolusi Keuangan Digital di Masa Pandemi COVID-19 Dalam Membangun Kemandirian Ekonomi' yang diselenggarakan Bank Indonesia dan Fakultas Ilmu Komunikasi UNIS Tangerang, Jumat (5/3/2021). 

"Jadi, kemunculan-kemunculan digital money di tengah pandemi ini sebagai salah satu solusi mengatasi persoalan-persoalan kebutuhan terhadap produksi masyarakat yang membatasi mereka berproduksi secara fisik," ujar Marinus.

Sejumlah mahasiwa Prodi Ilmu Komunikasi UNIS Tangerang saat mengikuti webinar evolusi keuangan digital di kelasnya, Kampus UNIS Tangerang.

Menurutnya, evolusi keuangan digital yang memudahkan masyarakat dalam melakukan berbagai transaksi keuangan kini menjadi budaya baru.

Dia menyebut hanya dengan telepon seluler, masyarakat bisa berbelanja dan melakukan pembayaran dari rumah tanpa berinteraksi fisik secara langsung.

"Kita harus terus mendorong agar ini menjadi bagian dari masyarakat dan bisa meningkatkan produktivitas masyarakat, bahkan lebih meningkatkan dibanding dengan interaksi fisik yang sudah terjadi," kata politisi PDI Perjuangan ini. 

Penyelenggaraan digitalisasi keuangan saat ini, sudah berjalan dengan baik terutama pada sisi keamanan keuangannya karena sudah dilengkapi dengan perangkat yang mendukung. 

Marinus menyebut, DPR juga tengah menggarap regulasi untuk lebih menjamin keamanan pengguna dalam bertransaksi secara digital lantaran regulasi yang ada saat ini masih dianggap lemah. 

Sejumlah mahasiwa Prodi Ilmu Komunikasi UNIS Tangerang saat mengikuti webinar evolusi keuangan digital di kelasnya, Kampus UNIS Tangerang.

"Sehingga jaminan kegiatan digitalisasi di Indonesia dan jaminan hukum yang melakukan kegiatan itu dapat lebih baik," jelasnya. 

Marinus berpesan kepada para mahasiswa untuk turut melakukan edukasi kepada masyakat secara luas terkait evolusi keuangan digital ini.

"Termasuk juga untuk guru harus bisa memberikan edukasi kepada masyarakat di lingkungannya," ucapnya.

Adapun dalam kegiatan webinar evolusi keuangan ini diikuti sekitar 500 peserta yang didominasi kalangan mahasiswa. 

Kaprodi Ilmu Komunikasi UNIS Tangerang Lina Wati menambahkan, secara akademis berkembangnya teknologi hingga adanya evolusi keuangan digital menjadi kekuatan terbesar memacu perekonomian di tengah pandemi COVID-19. 

"Masyarakat harus segera menyadari bahwa keadaan menuntut kita seperti ini," ungkap ketua pelaksana kegiatan webinar ini. 

Menurutnya, masyarakat terutama di daerah-daerah juga saat ini perlu memanfaatkan evolusi keuangan digital ini dalam menjalankan aktivitasnya. 

"Jadi, Bank Indonesia juga segera menyosialisasikannya hingga ke lapisan masyarakat terutama di daerah-daerah, tapi pelaksanaannya tetap ditunjang dengan internet yang memadai," pungkasnya. (RAZ/RAC)

HIBURAN
Ovarium Kiri Kiky Saputri Diangkat Gegara Kista, Dokter Boyke Sebut Masih Berpeluang Hamil 

Ovarium Kiri Kiky Saputri Diangkat Gegara Kista, Dokter Boyke Sebut Masih Berpeluang Hamil 

Selasa, 19 Maret 2024 | 12:16

Duka tengah dialami Komika Kiky Saputri lantaran baru saja keguguran serta ovarium kirinya harus diangkat akibat kista.

OPINI
Tarif Tol Naik Buah Kebijakan Kapitalistik

Tarif Tol Naik Buah Kebijakan Kapitalistik

Minggu, 17 Maret 2024 | 16:24

Ya, tarif tol mengalami kenaikan tajam di bulan Ramadan tahun 2024 ini. Kenaikan ini mengacu pada Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 250/KPTS/M/2024 tanggal 2 Februari 2024.

KOTA TANGERANG
Jadwal Imsakiah 8 Ramadan 1445 H/ Selasa 19 Maret 2024 di Tangerang

Jadwal Imsakiah 8 Ramadan 1445 H/ Selasa 19 Maret 2024 di Tangerang

Selasa, 19 Maret 2024 | 00:04

Kementerian Agama (Kemenag) telah merilis jadwal imsakiyah Ramadan 1445 Hijriah untuk wilayah Tangerang.

BISNIS
5 Alasan Mengapa Bitcoin Banyak Digunakan Sebagai Metode Transaksi

5 Alasan Mengapa Bitcoin Banyak Digunakan Sebagai Metode Transaksi

Senin, 18 Maret 2024 | 09:19

Di Indonesia, harga Bitcoin hari ini sering kali menjadi sorotan utama, mengungguli berita tentang peran Bitcoin dalam transaksi sehari-hari. Hal ini bisa dimengerti mengingat Bitcoin belum diakui sebagai alat pembayaran resmi di negeri ini.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill