Connect With Us

Jatuh Bangun Konveksi di Tangerang Hingga Sukses Produksi Brand Luar Negeri

Redaksi | Jumat, 26 Maret 2021 | 11:19

Pakaian hasil karya konveksi Fitri Apriliani di Jalan Flamboyan, Blok D1004 No L9, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang. (TangerangNews / Lestiara Septi)

 

TANGERANGNEWS.com-Production Plus merupakan konveksi yang sukses memproduksi brand pakaian lokal mau pun luar negeri.

 

Berlokasi di Jalan Flamboyan, Blok D1004 No L9, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, awalnya, konveksi ini hanya membuat cover binder dan tas laptop dari bahan bulu-bulu yang diberi tempelan gambar dari kain flanel supaya lebih menarik.

Pada saat itu, sang pemilik konveksi, Fitri Apriliani belum memiliki tukang jahit sendiri. Sehingga, dia harus mencari tukang jahit yang bisa dan mau membuat tas dan cover binder.

 

Berhubung konveksi yang membuat tas dan cover binder sulit dicari, dia memutuskan untuk membuat konveksi sendiri dan fokus ke dunia fashion karna dinilai lebih menguntungkan.

Perjalanan dalam membangun bisnis ini tidaklah berjalan lancar. Fitri pernah menjadi korban penipuan oleh tukang jahit.

"Saat itu aku baru tiga minggu buka konveksi dan nyewa ruko. Tukang jahit itu tiba-tiba ilang dan pas aku dateng ke ruko, ternyata mesin jahit ilang satu sama uang kurang lebih Rp10 juta,” ujarnya.

 

Meskipun pernah mengalami hal sulit, konveksi ini bangkit kembali. Setelah kejadian itu, makin banyak permintaan terkait pembuatan baju ini.

Bahkan dia pernah menghandle project dengan beberapa brand ternama seperti Sorabel, Cotton Ink, dan beberapa brand Ramayana.

 

Konveksi ini terletak di dua tempat, yakni di Sukabumi dan Tangerang. Konveksi di Tangerang fokus untuk membuat sampel baju. Sedangkan yang di Sukabumi fokus ke produksinya. 

Produk yang dibuat oleh konveksi ini ada dua jenis, yakni produk mereka sendiri dan juga produk untuk brand-brand luar.

 

Nama brand internal mereka yakni Prodo dan Para. Brand Prodo sudah lebih dulu diperkenalkan. Sedangkan untuk brand Para, masih dalam proses pembuatan.

 

Konveksi ini juga menerima pesanan pembuatan baju, baik untuk brand luar atau untuk keperluan lain.

 

“Kami menerima pesanan apabila ada orang yang ingin membuat baju dan kami menyediakan dua pilihan untuk penggunaan bahan, yakni bisa bahan yang dibawa sendiri atau bahan yang dari kita. Mereka tinggal bilang saja ingin bahan seperti apa. Selanjutnya nanti akan kami carikan bahan itu," ujarnya.

 

Konveksi ini sudah meraup keuntungan yang besar. Mereka bisa membuat 3000 pcs baju dalam satu minggu dengan invoice kurang lebih Rp30 jt. Namun, adanya pandemi ini membuat produksi baju menurun menjadi 1000 pcs dalam seminggu.

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

KAB. TANGERANG
Usai Libur Lebaran 2024, Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Capai 500 Per Hari

Usai Libur Lebaran 2024, Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Capai 500 Per Hari

Kamis, 18 April 2024 | 18:12

Pasca libur lebaran 2024, pemohon kartu kuning atau kartu pencari kerja di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang meningkat hingga 500 orang per hari.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill