Connect With Us

Eks Koordinator ICW Banten Beberkan Motif Orang Korupsi

Achmad Irfan Fauzi | Minggu, 20 Juni 2021 | 20:48

Diskusi bertema “Menelisik Korupsi Hingga ke Akar: Hubungan Kekuasaan dan Korupsi di Dalam Lembaga Demokarsi, Minggu 20 Juni 2021. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Eks Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Banten Ade Irawan membeberkan motif seseorang melakukan korupsi. Hal ini disampaikan dalam diskusi publik bersama sejumlah organisasi aktivis di Kota Tangerang, Minggu 20 Juni 2021.

Dalam Diskusi bertema “Menelisik Korupsi Hingga ke Akar: Hubungan Kekuasaan dan Korupsi di Dalam Lembaga Demokarsi” ini, Ade Irawan menyebut, korupsi terjadi karena dua faktor.

Pertama adalah individu yang memiliki dorongan untuk melakukan korupsi karena kebutuhan, gaya hidup dan adanya kesempatan. 

“Kedua adalah faktor struktural, yang memaksa seseorang melakukan korupsi karena tekanan dari atasan atau pimpinan serta dorongan-dorongan internal institusi,” jelasnya.

Menurutnya, solusi terbaik untuk melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi adalah dengan melakukannya pencegahan dan penindakan.

Ketua Umum Forum Himpunan Mahasiswa Tangerang (Himata) Rifki Firmansyah menyatakan sikap terkait kasus korupsi di Indonesia. Pihaknya mendesak lembaga pemberantasan anti korupsi untuk melakukan penguatan di daerah.

“Agar pejabat yang ada di daerah tidak memiliki celah untuk melakukan korupsi. Khususnya di daerah Tangerang Raya,” tegasnya.

Lalu, pihaknya juga mendukung Kejaksaan Negeri di Tangerang Raya serta Kejaksaan Tinggi Banten untuk mengusut tuntas kasus korupsi yang ada pada saat ini tanpa pandang bulu. 

"Forum Himata mengultimatum kepada pejabat di Indonesia khususnya Tangerang Raya dan juga Banten untuk menghindari korupsi dan mengutuk keras kepada oknum-oknum pejabat yang melakukan korupsi," jelasnya. (RAZ/RAC)

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

KOTA TANGERANG
Bakal Kembali Difungsikan, Drainase Irigasi Sipon Cipondoh Tangerang Dinormalisasi 

Bakal Kembali Difungsikan, Drainase Irigasi Sipon Cipondoh Tangerang Dinormalisasi 

Jumat, 26 April 2024 | 10:20

Drainase di sekitar kawasan Jalan Irigasi Sipon, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, dinormalisasi.

KAB. TANGERANG
PLN Banten Jaga Keandalan Listrik Selama Raker Kernas 2024 di ICE BSD Tangerang

PLN Banten Jaga Keandalan Listrik Selama Raker Kernas 2024 di ICE BSD Tangerang

Kamis, 25 April 2024 | 09:19

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten memastikan keandalan listrik selama pembukaan Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Raker Kesnas) di Indonesia Convention and Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD),

SPORT
Cetak Sejarah, Indonesia Berpeluang Masuk Olimpiade Paris 2024

Cetak Sejarah, Indonesia Berpeluang Masuk Olimpiade Paris 2024

Jumat, 26 April 2024 | 09:21

Tim Nasional (Timnas) Indonesia sukses mencetak sejarah lolos ke semifinal Piala Asia U-23 usai menumbangkan Korea Selatan, yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat, 26 April 2024, dini hari.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill