Connect With Us

BOR Turun, Pasien Isoman di Kota Tangerang Diimbau Manfaatkan Fasilitas Isolasi Terpusat

Achmad Irfan Fauzi | Jumat, 30 Juli 2021 | 14:00

| Dibaca : 469

Pasien isolasi mandiri (Isoman) di Kota Tangerang saat berada di Rumah Sakit (RS. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Pasien isolasi mandiri (Isoman) di Kota Tangerang diimbau untuk memanfaatkan fasilitas isolasi terpusat, seperti Rumah Isolasi Terkonsentrasi (RIT) atau Rumah Sakit (RS) sebagai fasilitas kesehatan (faskes) Pemerintah, untuk pemulihan dari COVID-19.

Pasalnya, keterisian tempat tidur pasien COVID-19 atau Bed Occupancy Rate (BOR) di RS Kota Tangerang turun jadi 65,74 persen dan RIT di 40,00 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Liza Puspadewi menganggap keterisian tempat tidur COVID-19 tersebut kian stabil, jadi pasien isoman bisa memanfaatkan fasilitas isolasi terpusat agar terpantau dengan baik dan benar.

“Terlebih mereka yang berusia di atas 55 tahun, punya komorbit dan kondisi rumah tak memungkinkan menjadi ruang isolasi," ungkapnya, Jumat 30 Juli 2021.

Meski isoman di rumah, masyarakat tetap dapat kiriman obat dari Puskesmas dan permakanan dari Satgas COVID-19 setempat, tetap saja pilihan isoman di rumah adalah alternatif terakhir, di saat faskes penuh dan tak terbendung.

"Dengan isolasi di faskes terpusat, kita dapat pantau jika terjadi perburukan gejala. Serta dengan  terjaganya dokter dan perawat selama 24 jam, pemulihan pasien juga akan semakin cepat. Selain itu juga, melindungi orang-orang terdekat khususnya keluarga. Meski angka kesembuhan isoman saat ini mencapai 98 persen," kata dr Liza. 

Sementara itu, dr Liza menjelaskan hingga saat ini pemantauan pasien isoman dilakukan melalui aplikasi Sirona dan website https://covid19.tangerangkota.go.id/pendataan_isman/daftar yang dikeluarkan Diskominfo.

"Terkait suplai obat-obatan, mereka yang lapor dan memeriksakan kondisinya di Puskesmas, secara otomatis petugas akan memberikan paket obat-obatan. Serta, memberikan nomor dokter Puskesmas yang bisa dihubungi untuk konsultasi kondisi hariannya secara lebih lanjut," paparnya. 

Dengan itu, ia meminta masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas isolasi terpusat untuk proses penyembuhan, atau melaporkan kondisi isoman di rumah ke Puskesmas setempat atau melalui https://covid19.tangerangkota.go.id/pendataan_isman/daftar.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pemkab Tangerang Selenggarakan Pusat Pembelajaran Kaum Perempuan

Pemkab Tangerang Selenggarakan Pusat Pembelajaran Kaum Perempuan

Rabu, 27 Oktober 2021 | 09:41

TANGERANGNEWS.com - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Tangerang menyelenggarakan Pusat Pembelajaran Perempuan Cerdas, Apresiatif, Negosiatif

WISATA
Keren, Cikolelet Serang Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik se-Indonesia

Keren, Cikolelet Serang Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik se-Indonesia

Sabtu, 2 Oktober 2021 | 16:59

TANGERANGNEWS.com-Desa Cikolelet Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang Banten, terpilih menjadi salah satu dari 50 desa wisata terbaik se-Indonesia dalam Lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI)

BISNIS
Ada Pameran Produk Lokal Nusantara di Creartive Culture Home Summarecon Mall Serpong

Ada Pameran Produk Lokal Nusantara di Creartive Culture Home Summarecon Mall Serpong

Jumat, 22 Oktober 2021 | 13:21

TANGERANGNEWS.com-Summarecon Mall Serpong (SMS) didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali menghadirkan Creartive Culture Home (C2H)

"Membuat Janji dan Menepatinya adalah cara terbaik membangun merek"

Seth Godin