Connect With Us

Fakultas Hukum UMT Tingkatkan Kemampuan Mahasiswa Melalui Praktikum

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 25 Agustus 2021 | 16:34

Pembukaan praktikum Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Tangerang. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Kampus Merdeka Indonesia Jaya Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) melakukan kegiatan kuliah praktikum untuk tahun 2021.

Kuliah praktikum itu bertajuk "Dengan Kegiatan Praktikum Kita Tingkatkan Kemampuan Mahasiswa Fakultas Hukum Dalam Mengikuti Mata  Kuliah Yang Di Praktikum".

Dekan Fakultas Hukum UMT, Dwi Nur Fauziah Ahmad mengatakan, praktikum merupakan keahlian secara praktek yang akan di dapatkan oleh mahasiswa berkaitan dengan hukum acara dalam dunia peradilan.

"Sesuai dengan standar Kerangka Kurikulum Nasional Indonesia (KKNI) yang mulai diterapkan di FH UMT sejak tahun 2017, maka ada kewajiban bagi mahasiswa untuk mengikuti kegiatan praktikum selain materi perkuliahan di kelas," ujarnya Rabu, 25 Agustus 2021.

Menurutnya, terdapat empat mata kuliah yang ditetapkan sebagai mata kuliah praktikum di tahun 2021 ini, yakni hukum acara pidana dan hukum acara perdata untuk mahasiswa yang sudah menyelesaikan semester empat, serta hukum acara Mahkamah Konstitusi dan Legal Drafting untuk mahasiswa yang sudah menyelesaikan semester enam.

Pembukaan praktikum Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Tangerang secara daring.

"Praktikum ini memang keahlian dasar yang harus dimiliki mahasiswa fakultas hukum, karena kegiatan ini kalau kita lihat basisnya sangat ilmiah dan juga obyektif," ungkapnya. 

Dekan pun berharap agar mahasiswa setelah praktikum sudah bisa buat surat kuasa, surat gugatan, Perdata, Gugatan Pengujian UU terhadap UUD dan PHPU di MK dan keahlian basic hukum acara lainnya.

"Saya berharap mahasiswa juga harus senantiasa serius dalam mengikuti praktikum ini," pungkas Dekan. 

Pembukaan kegiatan praktikum itu juga dihadiri oleh Dekan FH UMT, Dwi Nur Fauziah Ahmad, Wakil Dekan I Auliya Khasanofa, Wakil Dekan II Abdul Kadir, dan Kepala Laboratorium FH UMT Dadang Gandhi.

Untuk diketahui, jumlah peserta semester enam ada 130 mahasiswa dan mahasiswa semester ada 300 lebih mahasiswa.

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

WISATA
 Hotel Sahid Serpong Angkat Kuliner Khas Kampung Cilenggang Tangsel Sebagai Menu Bukber

Hotel Sahid Serpong Angkat Kuliner Khas Kampung Cilenggang Tangsel Sebagai Menu Bukber

Sabtu, 16 Maret 2024 | 12:33

Ada yang unik pada menu buka puasa bersama (bukber) Ramadan, di Hotel Sahid Serpong. Sekitar 40 varian makanan bertema "Kampung Cilenggang" tersedia di sini.

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill