Connect With Us

Lebih Efektif, Vaksinasi Door To Door di Kota Tangerang Digencarkan

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 29 September 2021 | 16:51

| Dibaca : 136

Kegiatan vaksinasi guna mencegah penyebaran Covid-19 secara door to door. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mulai blusukan untuk menggencarkan vaksinasi door to door, untuk meningkatkan capaian yang lebih tepat sasaran.

Kepala Dinkes Kota Tangerang dr Dini Anggraeni mengungkapkan, vaksinasi door to door sudah digelar sekitar dua pekan lalu.

Cara ini dinilai cukup efektif, pasalnya petugas menyisir secara lebih tepat sasaran. Terlebih, cara ini juga dapat menjangkau mereka yang kesulitan datang langsung ke gerai vaksinasi.

“Vaksinasi door to door juga ditujukan untuk menjangkau mereka yang tinggal di pemukiman padat penduduk, dan jauh dari informasi," kata dr Dini, Rabu 29 September 2021.

Pastinya, melalui sistem door to door ini, Pemkot Tangerang ingin memberikan hak warga negara atau hak masyarakat untuk mendapat vaksin secara mudah dan cepat.

Menurut dr Dini, jenis vaksin yang digunakan dalam sistem door to door adalah sinovac. Walau vaksinasi door to door sudah dimulai, gerai vaksinasi ditingkat RW hingga saat ini masih terus belangsung.

"Per kemarin, capaian vaksinasi sudah 1.200.576 jiwa atau 81,2 persen pada dosis satu dan 679.205 jiwa atau 45,9 persen pada dosis dua,” paparnya.

Sementara itu, salah satu wilayah yang menggelar vaksinasi door to door ialah Keluarahan Karang Anyar, Kecamatan Neglasari bersama jajaran Puskesmas Neglasari.

Andia Suherlandia, Lurah Karang Anyar menuturkan ini menjadi hari ketiga ia menggelar vaksinasi door to door. Menyisir rumah ke rumah, warga mana yang belum mengikuti vaksinasi.

“Luar biasa, memang cara ini lebih melelahkan tapi secara capaian cukup efektif. Mereka yang terkena hoaks dengan cara ini bisa kita lakukan pendekatan dan penjelasan," kata Andia.

Tiga hari menggelar vaksinasi door to door Kelurahan Karang Anyar bersama Puskesmas Neglasari sudah bisa menjaring 400 warga untuk mengikuti vaksinasi.

Ia memastikan, cara ini akan terus ia gencarkan hingga target vaksinasi di wilayahnya tercapai hingga 100 persen.

“Kelurahan Karang Anyar targetnya 10.500 jiwa tervaksinasi, hingga saat ini sudah 8.200 sisanya sekitar 2 ribuan warga akan kita sisir terus dengan sistem door to door seperti ini. Semoga bisa segera terselesaikan, semua tervaksinasi dan semua sehat,” harapnya.

OPINI
Era Baru Demokrasi Electoral di Indonesia – Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 

Era Baru Demokrasi Electoral di Indonesia – Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:21

TANGERANGNEWS.com-Sebagaimana kita ketahui bersama, sejak tahun 2021 hiruk pikuk mengenai kapan berlangsungnya Pemilihan Umum 2024 begitu ramai diperbincangkan bahkan sampai pada obrolan di warung kopi

HIBURAN
Rayakan Imlek dengan Paket Dinner di JHL Solitaire Gading Serpong

Rayakan Imlek dengan Paket Dinner di JHL Solitaire Gading Serpong

Rabu, 26 Januari 2022 | 16:04

TANGERANGNEWS.com-JHL Solitaire dan Royal 8 Chinese Restaurant menyediakan Chinese New Year Dinner untuk merayakan Imlek di Tahun Macan Air ini bersama keluarga dan teman-teman, pada tanggal 31 Januari 2022

KOTA TANGERANG
KAMMI Tangerang Tuntut Pemerintah Berikan Vaksin Booster Halal

KAMMI Tangerang Tuntut Pemerintah Berikan Vaksin Booster Halal

Jumat, 28 Januari 2022 | 21:11

TANGERANGNEWS.com-Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Kota Tangerang menggelar demonstrasi menuntut pemerintah menyediakan vaksin booster halal di Kawasan Pendidikan, Cikokol, Kota Tangerang, Jumat 28 Januari 2022

"Ambil Lompatan Keyakinan dan Mulailah Tahun Baru yang menakjubkan ini dengan rasa percaya"

Sarah Brightman