Connect With Us

Es Nanas Rempah, Oleh-Oleh Baru Khas Kota Tangerang

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 30 September 2021 | 16:12

Feni Irawati, owner Es Nanas Rempah, Oleh-Oleh Baru Khas Kota Tangerang. (@TangerangNews / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Siapa sangka bahwa buah nanas dapat dinikmati dengan cara lain, selain dijadikan rujak atau jus. Bahkan buah ini jadi oleh-oleh khas Kota Tangerang.

Feni Irawati, warga Kota Tangerang, mengolah buah nanas menjadi es nampah atau nanas rempah yang ia jual di toko bernama Cemilan Greget.

Es nampah ini berisikan buah nanas yang sudah di-blender dengan air jahe, kayu manis, dan gula.

Nanas Rempah, Oleh-Oleh Baru Khas Kota Tangerang.

Usaha ini sudah dijalani Feni sejak tahun 2018. Awalnya, ia menjual dessert box, salad buah, dan berbagai macam cake. Tetapi, ketika pandemi COVID-19 datang, penjualannya ikut menurun. Akhirnya, ia memutar otak dan mencoba untuk berkreasi dengan buah nanas.

Dengan bermodal dana BPUM sebesar Rp2,4 juta dari pemerintah yang didapat pada awal pandemi tahun 2020, akhirnya ia berkreasi untuk membuat menu es nanas rempah.

Nanas Rempah, Oleh-Oleh Baru Khas Kota Tangerang.

"Sebenarnya, nanas rempah ini biasa saya buat untuk konsumsi pribadi, tapi akhirnya saya coba jual ke luar dan ternyata laku,” ungkap Feni.

Selain itu, Feni juga mengikuti pelatihan ketahanan pangan dan menjaga kualitas makanan yang dijual. Pelatihan didapatkan Feni dari pembinaan UMKM yang dilaksanakan oleh Kecamatan Pinang pada Februari 2020. 

“Dari pembinaan UMKM di Kecamatan Pinang ini saya banyak juga dapat ilmu baru tentang ketahanan pangan, menjaga kualitas produk, packaging, dan yang paling utama adalah legalitas usaha,” ujarnya.

Nanas Rempah, Oleh-Oleh Baru Khas Kota Tangerang.

Selain nanas rempah, ia juga memproduksi stick nanas. Bahan yang digunakan berasal dari nanas yang sama saat proses produksi nanas rempah. Sehingga, buah yang ia gunakan seluruhnya terpakai dan tidak ada yang terbuang.

“Jadi, saat produksi nanas rempah, ketika buah nanas sudah selesai di-blender, disaring ampasnya lalu dipisahkan. Ampas dari hasil blender buah nanas itu saya gunakan untuk membuat stick nanas. Bahannya sama dengan stick bawang hanya mengganti bawangnya dengan nanas tadi. Jadinya tidak ada sisa buah yang dibuang,” jelasnya.

Nanas Rempah, Oleh-Oleh Baru Khas Kota Tangerang.

Kini dalam sebulan, Feni bisa mendapatkan omzet sebesar Rp10 juta. Ia juga menerima reseller jika ada yang ingin bermitra untuk menjual kembali produknya. Baik dengan merk Cemilan Greget atau dengan merk baru pemitra. 

Feni menambahkan, dalam sehari ia bisa mengirimkan 20 bungkus stick nanas dan 10 botol nanas rempah. Selain itu, ia juga menerima pesanan dalam jumlah besar jika dibutuhkan. 

Es Nanas Rempah, Oleh-Oleh Baru Khas Kota Tangerang.

“Untuk nanas rempah kami baru bisa kirim dengan paket same day. Pesanan juga kami menerima dalam jumlah banyak sesuai request pelanggan. Dulu, kami pernah dapat pesanan juga dari Bapak Wali Kota Tangerang berupa stick nanas dan stick jagung untuk goodie bag Festival Cisadane,” tambahnya.

Untuk mencicipi nanas rempah, stick nanas dan menu lain yang dimiliki oleh Cemilan Greget, harus mengikuti sistem Pre-Order dengan waktu pemesanan minimal H-1.

Harga dimulai dari Rp8.000 hingga Rp25.000.  Bila tertarik memesan, dapat mengunjungi laman instagram di @cemilangreget atau melalui WhatsApp 0813-1014-7944.

KOTA TANGERANG
Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:01

Mayat berjenis kelamin Laki-laki tanpa identitas ditemukan di Sungai Cisadane, Kelurahan babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Kamis 28 Maret 2024, pagi.

NASIONAL
Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:26

Kementerian Badan Usaha Milik Negeri (BUMN) kembali membuka Rekrutmen Bersama BUMN 2024.

TEKNO
Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Kamis, 28 Maret 2024 | 01:09

Telkomsel memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 15,22% dibandingkan hari biasa selama momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024.

TANGSEL
Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:36

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Banten 2026 mendatang akan diselenggarakan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill