Connect With Us

Perlengkapan BPBD Kota Tangerang Memprihatinkan

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 20 Oktober 2021 | 10:33

Anggota DPRD Kota Tangerang Andri S Permana saat melihat perlengkapan alat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Sejumlah perlengkapan penunjang Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang kondisinya memprihatinkan. Padahal kini sudah memasuki musim penghujan.

"Seperti kita ketahui, curah hujan mulai tinggi di Kota Tangerang. Untuk itu saya berinisiatif ke BPBD mengecek kesiapan kawan-kawan mengantisipasi potensi banjir menjadi bencana di Kota Tangerang," ujar Anggota DPRD Kota Tangerang Andri S Permana, Rabu 20 Oktober 2021.

Pada Selasa 19 Oktober 2021 kemarin, Andri telah mengecek perlengkapan kerja di markas BPBD Kota Tangerang. 

Ada beberapa hal yang menjadi catatan. Pertama secara sumber daya manusia (SDM) atau personel dari BPBD tersebut sudah sangat siap mengahadapi apapun bencana. karena sering latihan rutin.

"Namun ada catatan negatif, yakni sarana prasarana perlengkapan penunjang BPBD dalam melakukan operasi kemanusiaan baik evakuasi korban maupun upaya penanganan bencana lainnya," ucapnya.

Andri menemukan beberapa perlengkapan yang kondisinya mengkhawatirkan. Sebab, di kota seribu industri dan sejuta jasa dengan potensi bencana tahunan, masih ada perlengkapan yang keropos.

"Tadi kita temukan ada beberapa mobil yang keropos, termasuk mobil untuk evakuasi korban banjir saya cek itu sudah keropos. Itu sangat membahayakan, tidak hanya untuk warga tapi untuk kawan-kawa BPBD," ujarnya.

Anggota DPRD Kota Tangerang Andri S Permana saat melihat perlengkapan alat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang.

Dia berarap hal ini segera bisa di tanggulangi. Jangan sampai operasi kemanusiaan yang menyelamatkan manusia akan membahayakan personel BPBD.

"Yang pasti satu hal, saat ini berbicara kemanusiaan nilai urgensi ada di sana. Keselamatan manusia adalah hukum tertinggi jadi mengimplementasikan itu akan menjadi urusan prioritas," jelasnya.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Tangerang Deni Koswara mengaku sudah mempersiapkan secara fisik dari personel. Pelatihan dengan relawan, sudah diaktifkan kembali relawan di wilayah kemudian juga pihaknya sudah mencoba mengecek peralatan masih layak atau tidak.

"Ternyata ada beberapa yang perlu di perbaiki, sekarang ini diperbaiki. Mudah-mudahan pada saatnya bisa mengcover segala kebutuhan mengenai kebencanaan," katanya.

Menurutnya, mencegah bencana bukan hanya tugas BPBD saja, tapi seluruh masyarakat. Karena itu diharapkan masyarakat jangan membuang sampah sembarang, dan hal-hal lainnya agar tidak terjadi bencana yang lebih parah lagi.

Deni menyebutkan, dari segi perlengkapan BPBD Kota Tangerang secara umum sudah siap 80 persen. Sementara untuk yang 20 persen tersebut masih dalam perbaikan, seperti ada yang ditambal dan lainnya.

"Kita sih sekarang masih butuh mobil yah, kemarin kita gagal lelang. Mudah-mudahan di tahun 2022 bisa dianggarkan lagi untuk mobil. Mobil pemadam kita butuh tiga karena sifatnya peremajaan," katanya.

Pihaknya juga dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang akan mengecek pompa-pompa untuk memastikan berfungsi dengan baik. Kemudian juga akan menggelar apel siaga bencana dengan beberapa instansi terkait.

"Itu untuk mengecek kelengkapan yang lainnya. Misalnya Dinkes, Dinsos, relawan, Polres, dan Kodim akan kita satukan. Sementara ini untuk titik banjir masih ada di wilayah Periuk, Karang Tengah, Ciledug, dan Karawaci," pungkasnya.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

SPORT
Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Jumat, 19 April 2024 | 12:41

Pekan ke-32 BRI Liga 1 musim 2023/2024 mempertemukan antara Persik Kediri melawan Persita Tangerang di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur, pada Sabtu, 20 April 2024, sekira pukul 15.00 WIB.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill