Connect With Us

11 RW di Kota Tangerang Raih Penghargaan Kampung Iklim Tingkat Nasional, Ini Daftarnya

Tim TangerangNews.com | Rabu, 20 Oktober 2021 | 21:04

| Dibaca : 2234

Sebanyak 11 RW di Kota Tangerang meraih penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Nasional 2021 dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (@TangerangNews / Humas Pemkot Tangerang)

TANGERANGNEWS.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Kota Tangerang mengungkapkan, sebanyak 11 RW di Kota Tangerang telah meraih penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Nasional 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Menurut Kepala DLH Kota Tangerang Tihar Sopian, prestasi tersebut sebagai bukti nyata bahwa Kota Tangerang khususnya para warganya terus bergerak mengembangkan serta beradaptasi dan mitigasi dampak perubahan iklim walau di tengah pandemi Covid-19 yang berkepanjangan.

“Ini juga menjadi kontribusi nyata Kota Tangetang dalam upaya pengendalian perubahan iklim,” kata Tihar dikutip dari laman resmi Pemkot Tangerang, Rabu 20 Oktober 2021. 

Pihak DLH Kota Tangerang pun mengapresiasi keterlibatan seluruh masyarakat, perangkat kewilayahan, dan satuan pelaksana lingkungan hidup  yang telah melakukan pembinaan sehingga berdiri banyak Kampung Iklim di RW-RW di Kota Tangerang.

"Kami ucapkan selamat dan terima kasih kepada masyarakat yang telah membangun Kampung Iklim di RW-nya masing-masing. Semoga melalui lingkungan akan semakin banyak RW di Kota Tangerang yang berprestasi di kancah nasional," harap Tihar.

Selanjutnya Tihar menyebutkan, hingga saat ini telah terbangun sebanyak 125 RW Kampung Iklim di Kota Tangerang. Di antaranya, 50 RW pada 2019, 75 RW pada 2020, dan 115 RW sedang dilakukan pembinaan di 2021.

"Tentu ini membutuhkan kerja sama semua pihak. Mulai dari pembinaan konservasi air, pengelolaan sampah, penghijauan dan ketahanan pangan, pemberian sapras penunjang hingga pembinaan dan dukungan yang berkelanjutan," jelas Tihar.

Diketahui, per 2021 Kota Tangerang telah memiliki tiga RW Kampung Iklim tingkat Nasional kategori Utama + trophy, 21 RW Kampung Iklim tingkat Nasional kategori Utama, dan satu RW Kampung Iklim tingkat Nasional kategori Madya.

"Ayo wujudkan kampung-kampung di Kota Tangerang yang mampu secara mandiri berupaya adaptasi dan mitigasi agar selalu siap mengendalikan perubahan iklim secara berkesinambungan," tutur Tihar yang mengajak peran serta aktif seluruh masyarakat Kota Tangerang.

Berikut sederet RW Kampung Iklim di Kota Tangerang penerima penghargaan tingkat nasional 2021:

Kategori Kampung Iklim Utama + Trophy

1. RW 09, Kel Cibodasari, Kec Cibodas

2. RW 05, Kel Kreo, Kec Larangan

Kategori Kampung Iklim Utama

1. RW 02, Kel Batuceper, Kec Batuceper

2. RW 08, Kel Cibodasari, Kec Cibodas

3. RW 04, Kel Nusajaya, Kec Karawaci

4. RW 07, Kel Pabuaran, Kec Karawaci

5. RW 03, Kel Pabuaran Tumpeng, Kec Karawaci

6. RW 05, Kel Larangan Utara, Kec Larangan

7. RW 03, Kel Mekarsari, Kec Neglasari

8. RW 02, Kel Neglasari, Kec Neglasari

9. RW 01, Kel Periuk, Kec Periuk

KAB. TANGERANG
Personel Gabungan Polri dan TNI Pastikan Keamanan PLTU 3 Lontar Kemiri Tangerang 

Personel Gabungan Polri dan TNI Pastikan Keamanan PLTU 3 Lontar Kemiri Tangerang 

Senin, 6 Desember 2021 | 11:01

TANGERANGNEWS.com - Personel gabungan dari Polri dan TNI menggelar patroli di seluruh kawasan PLTU 3 Lontar Extension di Kecamatan Kemiri, Kabupaten Tangerang untuk memastikan keamanan objek vital pada Minggu 5 Desember 2021

PROPERTI
Grand Almas Residence, Rumah Mewah Rp300 Jutaan di Tigaraksa

Grand Almas Residence, Rumah Mewah Rp300 Jutaan di Tigaraksa

Minggu, 5 Desember 2021 | 09:22

TANGERANGNEWS.com-Dwijaya Karya Group melalui PT Karya Cipta Papan meresmikan unit rumah contoh untuk proyek terbarunya di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang

TOKOH
Banting Mahasiswa di Tangerang, IPW: Brigadir NF Langgar Protap

Banting Mahasiswa di Tangerang, IPW: Brigadir NF Langgar Protap

Kamis, 14 Oktober 2021 | 08:23

TANGERANGNEWS.com–Indonesia Police Watch (IPW) menilai tindakan oknum polisi Brigadir NP yang membanting mahasiswa saat pengamanan unjuk rasa rasa di depan Kantor Bupati Tangerang, Banten

AYO! TANGERANG CERDAS
Pemkab Tangerang Selenggarakan Pusat Pembelajaran Kaum Perempuan

Pemkab Tangerang Selenggarakan Pusat Pembelajaran Kaum Perempuan

Rabu, 27 Oktober 2021 | 09:41

TANGERANGNEWS.com - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Tangerang menyelenggarakan Pusat Pembelajaran Perempuan Cerdas, Apresiatif, Negosiatif

"Membuat Janji dan Menepatinya adalah cara terbaik membangun merek"

Seth Godin