Connect With Us

Biaya Perpisahan Kepsek SDN Jurumudi Baru Tangerang Dibatalkan

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 25 Oktober 2021 | 12:32

Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kota Tangerang Helmiati. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Dinas Pendidikan Kota Tangerang mengklarifikasi ramainya pungutan untuk biaya perpisahan kepala SDN Jurumudi Baru, Kecamatan Benda.

"Yang disampaikan orang tua sudah diklarifikasi komite bahwa benar ada pengumpulan dana untuk kepsek yang pensiun," ujar Helmiati, Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kota Tangerang saat ditemui di kawasan Karang Tengah, Kota Tangerang, Senin 25 Oktober 2021.

Helmiati mengatakan, pungutan Rp20 ribu dari orang tua atau wali murid yang mampu dan bersedia untuk biaya kenang-kenangan kepala SDN Jurumudi Baru berinisial NH tersebut murni inisiasi dan kesepakatan orang tua atau wali murid.

	Surat Pernyataan Komite dan Koordinasi Kelas.

"Pengumpulan biaya itu atas inisiasi orang tua melalui musyawarah orang tua tanpa dihadiri kepsek maupun guru. Jadi, perlu digaris bawahi itu pengumpulannya bagi yang mampu dan bersedia untuk diberikan sebagai kenang-kenangan sebagai kepsek," katanya.

Pihak Dinas Pendidikan Kota Tangerang pun mengintruksikan untuk membatalkan pengumpulan dana bagi kepsek yang sudah lama mengabdi dan akan pensiun pada 1 November 2021 tersebut.

Helmiati menyebut, pihak komite dan koordinasi kelas SDN Jurumudi Baru pun telah membuat surat pernyataan terkait pembatalan pengumpulan dana tersebut.

"Menanggapi hal itu, kami sudah mengintruksikan untuk membatalkan pengumpulan dana itu karena sekarang masa pandemi meskipun bahwa Rp20 ribu itu berharga. Surat pernyataan tanda tangan di atas materai juga sudah ada," jelasnya.

Surat Pernyataan Komite dan Koordinasi Kelas.

Sedangkan terkait pembayaran lembar kerja siswa (LKS) yang juga disebut harus bayar, kata Helmiati, tidak benar dan fitnah karena LKS diberikan secara gratis.

"Terkait buku LKS, kami menyampaikan tidak ada bayar LKS. LKS itu gratis. Sekarang kalau bisa buktiin kalau LKS itu bayar kita kasuskan," tuturnya.

Sebelumnya, media sosial diramaikan terkait permintaan seseorang yang bernama Ne** dari SDN Jurumudi Baru, Kecamatan Benda, Kota Tangerang yang menyampaikan pungutan untuk biaya perpisahan kepala sekolah. 

Hal itu disampaikan akun @iya_latip kepada Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah yang disertai dengan bukti screen shoot berupa chat pribadi Whatsapp. 

"Di SDN Jurumudi Baru Kecamatan Benda Kota Tangerang banyak pungli, Wali murid wajib bayar utk perpisahan kepsek Rp20 rb," tulis @iya_latip yang mention @tangerangnews sekaligus juga Menteri @nadiemmakarim,  Minggu 24 Oktober 2021. 

Akun itu juga menyebut, agar Wali Kota Tangerang memeriksa SDN tersebut karena tidak hanya tentang pungutan liar perpisahan kepala sekolah. Tetapi juga masih banyak lagi. "LKS bayar. Padahal gratis. Selalu ada celah utk minta duit," tulisnya yang juga memention @ombudsmanPh.

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

BANDARA
Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:54

TANGERANGNEWS.com-Pihak Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menyebut kecelakaan yang kerap terjadi di Jalur Perimeter disebabkan karena human error atau kelalaian pengendara.

KOTA TANGERANG
THR Tak Kunjung Cair, Lapor ke Posko Ini di Kota Tangerang

THR Tak Kunjung Cair, Lapor ke Posko Ini di Kota Tangerang

Jumat, 29 Maret 2024 | 13:52

Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang membuka posko pengaduan terkait pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR)

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill