Connect With Us

Ancaman Cuaca Ekstrem di Tangerang, Waspadai Hujan Lebat dan Petir

Tim TangerangNews.com | Senin, 1 November 2021 | 15:58

Ilustrasi hujan disertai petir. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan potensi cuaca ekstrem di wilayah Tangerang berupa potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan, untuk November ini cuaca ekstrem selain bisa berpotensi terjadi di Tangerang Selatan dan Kota Tangerang, juga terjadi di wilayah Jakarta, Kota Depok, Kota Bekasi, dan sebagian besar di Bogor. 

“Perlu diwaspadai adanya hujan lebat dengan intensitas lebih besar dari 50 mm per hari. Antisipasi potensi angin kencang dengan kecepatan lebih dari 45 km per jam. Juga ada potensi hujan lebat disertai kilat dan petir,” kata Guswanto dalam keterangannya, Senin 1 November 2021.

Selain itu, Guswanto juga mengingatkan agar diantisipasi potensi hujan es apabila inti kondensasi yang terbentuk di udara masih siap jatuh berupa butiran dan tidak sampai ke Bumi.

Lebih lanjut dia menjelaskan curah hujan tersebut juga bisa mengarah ke sangat ekstrem dengan intensitas 100 sampai 150 mm. “Kita mengkategorikan curah hujan yang jatuh itu ke dalam hujan ringan, hujan sedang, hujan lebat, hujan sangat lebat, dan ekstrem. Untuk 50 mm lebih besar per hari ini kategori hujan lebat. Ini adalah artinya hujan lebat bisa 100, 150 mm, juga bisa sangat ekstrem,”terang Guswanto.

Ia kembali mengingatkan bahwa dengan curah hujan lebih dari 50 mm itu dapat  menyebabkan potensi bencana hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang, dan tanah longsor.

“Perlu diwaspadai. Kenapa? Dengan hujan lebat seperti ini biasanya dapat diikuti oleh bencana hidrometeorologi apabila kondisi lingkungan itu tidak bagus dan daya dukung, daya tampung, misalkan sungai ataupun drainase perkotaan tersumbat, itu bisa mengakibatkan bencana seperti banjir dan tanah longsor,” jelas Guswanto.

Sehari sebelumnya, Guswanto memperingatkan enam provinsi masuk kategori siaga potensi banjir dan banjir bandang dalam tiga hari ke depan. BMKG meminta sejumlah pengelola daerah agar mengantisipasi potensi cuara ekstrem itu dengan maksimal.

“Enam provinsi yang masuk kategori siaga potensi banjir dan banjir bandang adalah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan,” ungkap Guswanto, Minggu 31 Oktober 2021.

TEKNO
Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Kamis, 28 Maret 2024 | 01:09

Telkomsel memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 15,22% dibandingkan hari biasa selama momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024.

BANDARA
Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:54

TANGERANGNEWS.com-Pihak Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menyebut kecelakaan yang kerap terjadi di Jalur Perimeter disebabkan karena human error atau kelalaian pengendara.

KOTA TANGERANG
THR Tak Kunjung Cair, Lapor ke Posko Ini di Kota Tangerang

THR Tak Kunjung Cair, Lapor ke Posko Ini di Kota Tangerang

Jumat, 29 Maret 2024 | 13:52

Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang membuka posko pengaduan terkait pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR)

BANTEN
PLN Nyalakan Listrik Serentak 224 Masjid dan Musala di Banten

PLN Nyalakan Listrik Serentak 224 Masjid dan Musala di Banten

Jumat, 29 Maret 2024 | 09:38

Sebanyak 224 masjid dan musala di Provinsi Banten dinyalakan listrik serentak oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten, Kamis, 28 Maret 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill