Connect With Us

DPAD Kota Tangerang Gencar Monitoring & Evaluasi Kearsipan OPD

Advertorial | Minggu, 21 November 2021 | 14:55

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang gencar melakukan monitoring dan evaluasi kearsipan pada lini Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kota Tangerang. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang gencar melakukan monitoring dan evaluasi kearsipan pada lini Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sebagai salah satu ujung tombak tercapainya tertib arsip di Kota Tangerang.

Kepala DPAD Kota Tangerang Meita Bachaerani menuturkan, monitoring dan evaluasi kearsipan sudah dilakukan beberapa minggu lalu hingga akhir tahun. Guna meningkatkan kesadaran pencipta arsip dan pengguna arsip bagi pengelolaan arsip secara baik.

"Peningkatan kesadaran mengenai arsip ini menjadi sangat penting karena arsip merupakan sumber informasi dan juga pertanggungjawaban terutama di bidang pemerintah. Oleh karena itu pengelolaan arsip yang baik dan sesuai dengan kaidah perundang-undangan yang berlaku sangat penting," ungkap Meita, Minggu 21 November 2021.

Dalam monitoring ini, DPAD mengecek langsung sejauh mana pelaksanaan pengelolaan arsip OPD, terutama arsip dinamis dan apa saja yang menjadi kekurangannya serta sisi mana yang perlu ditingkatkan.

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang gencar melakukan monitoring dan evaluasi kearsipan pada lini Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kota Tangerang.

"Sejauh mana OPD tersebut patuh pada peraturan kearsipan, pemenuhan sumber daya kearsipan dan pemenuhan sarana dan prasarana kearsipan juga bagaimana penganggaran untuk kearsipan. Hal itulah yang kita monitoring dan evaluasi," katanya.

DPAD juga terus menguatkan pentingnya kearsipan sebagai bentuk pertanggungjawaban. Terutama penyelamatan arsip-arsip Negara dan arsip-arsip yang bersifat sejarah.

"Melalui arsip yang terkelola juga dapat menjadi dasar bagi pengambilan kebijakan ataupun sebagai bahan informasi yang akurat dan bahan sejarah yang otentik. Jadi, ini sangat penting bagi OPD Pemkot Tangerang," tegas Meita.(ADV)

BANTEN
Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Jumat, 19 April 2024 | 01:17

Sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis digital yang terdepan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan solusi konektivitas jaringan dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur laut pelabuhan Merak - Bakauheni.

NASIONAL
Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Kamis, 18 April 2024 | 12:51

PT Kereta Api Indonesia (Persero), atau KAI, tengah membuka rekrutmen terbaru untuk tahun 2024 dengan menawarkan lowongan kerja bagi lulusan S1 dari berbagai jurusan.

TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

KAB. TANGERANG
Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Jumat, 19 April 2024 | 16:30

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akhirnya membongkar ratusan lapak pedagang di Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, setelah sempat dihadang, Jumat 19 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill