Connect With Us

Kota Tangerang Siap Gunakan KTP Elektonik

| Kamis, 18 November 2010 | 16:56

Wali Kota Tangerang Wahidin Halim dan Wakil Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah. (tangerangnews / Foto : dens)



TANGERANGNEWS
-Penduduk Kota Tangerang akan menggunakan KTP Elektronik (e-KTP) pada tahun 2012 nanti yang merupakan program Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil, sesuai UU no 23/2006 dan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 471.13/2715/sj, tertanggal 5 Juli 2010 tentang 3 Program Strategis Nasional Bidang Administrasi Kependudukan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Undang Maksudi mengatakan, Kota Tangerang merupakan salah satu dari 329 Kota dan Kabupaten di Indonesia yang dipersiapkan pemerintah pusat untuk penerapan e-KTP. Untuk di wilayah Provinsi Banten, selain Kota Tangerang ada 3 daerah yang akan menerapkan e-KTP, yakni Kota Cilegon, Kabupaten Lebak dan Kabupaten Serang.

“Kota dan Kabupaten tersebut yang dianggap telah mampu oleh pemerintah pusat dalam mengelola dokumen kependudukan sehingga dinilai siap untuk penggunaan e-KTP, ” paparnya.

Undang menjelaskan, penggunaan e-KTP ini jauh lebih canggih dibanding KTP biasa yang digunakan saat ini. Bentuknya seperti kartu ATM. Dalam e-KTP, selain data identitas juga memuat sidik jari dan biografi riwayat hidup si pemilik. Data itu disimpan di dalam chip e- KTP. “Dengan pembuatan e-KTP ini dapat memudahkan kegiatan yang berkaitan dengan identitas seseorang karena dapat diakses secara online, salah satunya dalam kegiatan pemilihan umum. Bisa digunakan di mana saja, tidak perlu proses yang berkepanjangan, " katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Disdukcapil Mulyanto mengatakan, guna menyongsong penggunaan e-KTP tersebut,  Pemkot Tangerang tengah melakukan pemutakhiran data atau validasi penduduk di masing-masing wilayah Kota Tangerang

Agar mendapatkan data yang seakurat mungkin saat dilaksanakannya validasi, imbuhnya, database kependudukan masing-masing kecamatan diprint dan dijatah 5 persen blanko kosong untuk mengakomodir penduduk yang belum terdata atau yang ingin masuk database sebagai penduduk.

“Hal ini kami terapkan asalkan syarat- syarat kependudukannya terpenuhi seperti memiliki surat keterangan pindah dari daerah asal dan KTP,” terang Mulyanto.

Mulyanto menambahkan, selain telah memiliki database, Pemkot juga telah mempersiapkan perangkat pendukung lainnya yang akan mempermudah program e-KTP ini, seperti sistem data secara online atau SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan) dan pembuatan KTP dengan komputerisasi.(advetorial)

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

AYO! TANGERANG CERDAS
Universitas Atma Jaya BSD Serpong Ditetapkan Jadi Pusat Keunggulan Pendidikan

Universitas Atma Jaya BSD Serpong Ditetapkan Jadi Pusat Keunggulan Pendidikan

Kamis, 25 April 2024 | 07:43

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya kampus BSD Serpong ditetapkan jadi pusat keunggulan pendidikan atau Education Excellence.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill